Sponsors Link

Bagian bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang tidak mengalami aktifitas bergerak seperti manusia dan hewan, tetapi tumbuhan bisa mengalami proses perkembangbiakan menurut caranya sendiri. Bagian bagian yang ada pada tumbuhan selalu berbeda satu dengan jenis lainnya, ini dipengaruhi oleh faktor iklim dan geografis sebuah wilayah. Wilayah yang banyak mempunyai sinar matahari akan berbeda dengan tumbuhan yang hidup pada wilayah bercuaca sejuk atau dibawah 20 derajat celsius. Proses Fotosintesis membuat setiap warna daun dan kondisi batang akan menjadi sangat berbeda pada setiap negara.

Tumbuhan yang hidup pada cuaca yang panas, kering dan minim akan adanya air akan bertahan ditempat yang sejuk hanya saja tidak tersiram air setiap hari seperti kaktus, sedangkan tumbuhan yang biasa tumbuh pada tempat yang sejuk akan kesulitan beradaptasi dengan wilayah yang panas, kering dan tidak ada air. Tumbuhan yang bertahan hidup pada kondisi keras seperti wilayah yang panas dan kering memilki sel dan struktur ketahanan tubuh yang dua kali lebih kuat daripada tumbuhan yang biasa hidup pada wilayah sejuk yang banyak memiliki air tanah.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian tumbuhan :

1. Akar – Tumbuhan memiliki jenis jenis akar yang berbeda beda tetapi memiliki fungsi yang sama.

Golongan akar

  • Akar tunggang adalah akar yang  berbentuk  panjang, menjulur seperti tali dan setiap lembarannya menyerupai urat urat yang ada pada tubuh manusia, maka dari itu akar tunggang disebut akar yang bijinya berkeping dua.
  • Akar serabut adalah akar yang berbentuk menyerupai kulit kelapa tua bagian dalam dan bermotif tidak rapih atau tumpang tindih yang tidak beraturan, maka dari itu Akar serabut disebut akar yang bijinya berkeping satu,

Karakteristik pada akar

  • Akar penghisap adalah akar yang senantiasa menghisap atau mencuri sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya,  contohnya tanaman gulma atau benalu yang sering menempel pada batang pohon besar.
  • Akar banir adalah akar yang terdapat pada semua tumbuhan yaang hidup pada iklim tropis dan sedikit pada sub-tropis
  • Akar gantung adalah akar yang tumbuh dan menyembul keluar diatas tanah contohnya pada pohon beringin tua
  • Akar napas adalah akar yang tumbuh dan menyembul keluar diatas permukaan air contohnya pada pohon bakau

Fungsi akar

  1. Untuk proses penyerapan air yang mengandung garam mineral agar bisa mengatasi dehidrasi pada tumbuhan secara keseluruhan.
  2. Untuk proses penguatan dan penyatuan akar terhadap tanah
  3. Dapat menjadi wadah reproduksi secara vegetatif
  4. agar batang mampu tegak kokoh berdiri secara permanen
  5. Untuk menyimpan oksigen,  makanan cadangan berupa garam mineral dan nutrisi lainnya hasil  proses penggemburan tanah oleh cacing.
  6. Melindungi tubuh tumbuhan dari serangan angin, hujan atau serangga perusak agar batang tidak mudah tumbang.

2. Batang – Ada tumbuhan tertentu yang tidak memiliki batang seperti cocor bebek  atau lidah buaya. Tumbuhan yang memiliki batang disebut tumbuhan sempurna,  karena jika ada batang berarti memilki ranting, daun, bunga serta bisa menghasilkan buah.

Fungsi batang

  1. Sebagai pondasi kuat berdiri tubuh tumbuhan dengan kokoh
  2. Sebagi penyalur dan pembawa oksigen, air, garam mineral dan nutrisi lainnya keseluruh jaringan tubuh tumbuhan.
  3. Sebagai media paling ideal untuk tumbuhnya daun
  4. Sebagai pelindung buah daan bunga dari serangan hewan perusak

 Karakteristik pada batang

  • Batang basah yaitu batang yang cenderung tidak keras dan kaku karena memiliki banyak air didalamnya, misalnya kangkung , pohon pisang.
  • Batang rerumputan yaitu memiliki cirikhas seperti rumput alang alang yang panjang daan beruas ruas hingga ada yang memiliki bulu bulu halus untuk sebagian orang bisa terkena alergi gatal, misalnya pohon jagung, padi atau rumput alang alang.
  • Batang berkayu yaitu tumbuhan yang memilki struktur batang yang kua, besar dan tinggi, biasanya ada pada pohon yang berusia lebih dari 50 tahun , misalnya pohon jati

3. Daun – Daun memiliki dua  golongan yang fungsinya saling berhubungan .

  • Daun tunggal (Folium Simplex) adalah tumbuhan yang mempunyai hanya satu daun pada setiap tangkainya misalnya Daun  mahkota dewa
  • Daun majemuk (Folium Compositum) adalah tumbuhan yang bertangkai banyak dan satu tangkainya mempunyai lebih dari satu daun misalnya Daun salam

Bagian pada daun majemuk

  • Menjari (palmatus)
  • Menyirip(pinnatus)
  • Majemuk ganda atau campuran (Digtato pinnatu)
  • Membentuk lurus seperti kayu dan  rapih sejajar (Rectinervis)
  • Berbentuk seperti jari kaki(pedatus)

Fungsi daun

  1. Sebagai media fotosintesis terhadap sinar matahari untuk pembentukan  zat hijau daun
  2. Sebagai media untuk menyerap oksigen dan mengeluarkan zat racun karbon dioksida pada malam hari

4. Bunga – Bunga adalah bagian yang paling menarik pada tumbuhan. Pada bagian bagian bunga dengan kecantikan pesona warnanya bunga mampu menarik perhatian serangga untuk proses penyerbukan agar bunga bisa berubah menjadi buah.

Bagian bagian pada bunga 

  • Kelopak bunga
  • Tangkai bunga sebagai pondasi dan penopang berdirinya bunga
  • Mahkota bunga untuk menarik perhatian seraangga untuk proses penyerbukan
  • Benang sari adalah reproduksi pada bunga yang berkelamin jantan (baca : fungsi benang sari pada tumbuhan)
  • Putik bunga adalah reproduksi pada bunga yang berkelamin betina

5. Buah – Buah adalah hasil terakhir dari keberhasilan proses penyerbukan yang dilakukan serangga bunga. Buah akan menghasilkan citarasa yang manis atau lebih nikmat dari biasaanya jika selama proses tumbuh kembangnya tumbuhan berjalan dengan baik dan tidak diserang berbagai macam serangga. Secara umum buah adaa dua bagian yaitu buah yang memiliki daging tetapi tidak berbiji contohnya kiwi dan buah yang berdaging tapi berbiji yang banyak ragamnya seperti jeruk mangga dan lain lain..

Macam macam Tumbuhan dengan Keunikannya

 Tumbuhan memang banyak manfaat bagi kehidupan manusia, ada yang digunakan sebagai peneduh, ada juga yang batangnya digunakan untuk perkakas rumah tangga seperti meja dan kursi. Tetapi ada beberapa tumbuhan yang berbahaya karena memiliki racun pada setiap bagian bagiannya yang memiliki berbagai macam keunikan.

Berikut adalah penjelasan mengenai macam-macam tumbuhan dan pengelompokan tumbuhan dengan keunikannya :

  • Lidah buaya – Tanaman yang berguna bagi kesuburan rambut ini mempunyai daging yang kenyal dan tapi memiliki getah berlendir. berbentuk pajang dan bergerigi disetiap sisinya mirip dengan lidah seekor buaya.
  • Cocor bebek – Tanaman yang berguna untuk meredakan panas dalam dan demam pada anaka anak ini hampir sama dengan lidah buaya tetapi  cocor bebek mempunyai bunga yang indah pada ujungnya dan mempunyai bentuk tubuh yang sedikit melebar.
  • Eceng gondok – Tanaman yang mempunyai bau tak sedap ini sangat diminati serangga lalat. tangkainya membentuk gelembung seperti bola yang bisa untuk menyuplai oksigen sebanyak banyaknya dan berakar serabut tak beraturan hingga mampu membuatnya terapung di permukaan air. Eceng gondok dapat dibuat sebagai industri kreatif yang dapat dibuat menjadi tembikar yang indah.
  • Bunga raflesia – Tanaman bunga yang mekar setiap seratus tahun sekali ini berbau sangat menusuk bagaikan bangkai hewan, Tetapi keindahannya menyita perhatian dunia. Ciri ciri bunga rafflesia adalah bunganya lebar dan berwarna indah cukup membuat berbagai serangga suka mendekatinya.
  • Bunga teratai – Bunga yang indah yang sering menjadi hiasan disebuah taman kolam ikan ini daunnya menyentuh air tetapi tidak tenggelam, daunnya  lebar sehingga selalu mendapat kemudahan ketika mengalami peoses fotosintesa, karena manfaat sinar matahari akan banyak diterima oleh permukaan daun hingga jaringan terdalam. Akarnya memudahkan teratai kokoh terapung walaupun setelah diangkat dari permukaan air lalu diletakkan dengan sedikit dilempar.
  • Pohon kaktus – Pohon yang unik ini tidak butuh untuk disiram tiap hari karena memiliki batang yang mampu menyimpan cadangan air selama berbulan bulan. Tempat idealnya adalah ditempat yang kering dan panas. Kaktus memiliki akar yang istimewa, dapat menjangkau air dari jarak yang jauh ketika turun hujan karena akarnya sangat panjang dan mempunyai rongga untuk menyerap cepat air serta garam mineral yang ada dalam tanah.

Memanfaatkan bagian tubuh tumbuhan untuk memperbanyak tunas atau tanaman baru adalah jalan terbaik dari pada harus menanam bibit kembali dari awal.

Cara mempercepat proses pertumbuhan

Ada beberapa cara aman dan praktis dalam memperbanyak tumbuhan dengan menggunakan batang atau daun seperti :

  • Cara Mencangkok cara untuk memperbanyak tanaman baru dengan jalan menguliti bagian batang hingga kadar kambiumnya bersih lalu bungkus dan menunggu hingga akar barunya muncul sebelum dipindahkan ketempat pot untuk penanaman awal. misalnya tanaman jeruk
  • Cara stek cara untuk memperbanyak dan menaikan kualitas tanaman menggunakan gabungan batang akar dan seonggok tanah sebagai tempat tumbuhnya akar baru.
  • Cara menyambung (Enten) Memperbanyak dan mempercepat mendapatkan tunas keturunan  dari induknya secara buatan atau sintesis dengan cara menyambung  dan menyatukan Ruas batang atas dan bawah dengan jenis tanaman yang sama(sejenis)
  • Cara okulasi  cara memperbanyak tumbuhan baru dengan cara menempelkan tunas satu kebatang tumbuhan jenis lain tetapi masih satu komunitas.

Contoh tumbuhan beracun

  • Tumbuhan Acconitum menyebabkan mati rasa
  • Atropa belladona menyebabkan penglihatan kabur
  • Conium menyebabkan kelumpuhan otot
  • Nerium oleander menyebabkan diare parah dan kejang kejang
  • Digitalis menyebabkan sakit kepala luar biasa sampai membuat penderitanya berhalusinasi
  • Lily of the valley menyebabkan gangguan fungsi jantung dan sesak nafas
  • Opium menyebabkan paru paru dan jantung menjadi rusak
  • Brugmansia menyebabkan kehilangan akal sehat seperti sakit jiwa

 Penyebab tumbuhan berkualitas buruk

Serangan dari virus mosaik , yaitu virus yang biasa mengganggu dan merusak jaringan  hijau daun. Tumbuhan yang bagian daunnya sudah terinfeksi virus mosaik kemungkinan besar akan menghasilkan produksi buah menjadi jauh dari harapan atau gagal. (baca : fungsi daun pada tumbuhan)

Inilah nama virus tumbuhan yang menyerang bagian daun :

  • Virus mosaik sugarcane yang menyerang tanaman penghasil gula yaitu tanaman  tebu, Tanaman tebu akan terihat daunnya kering dan daging buahnya mengerut. Banyak baagian daunnya yaang berbah warna kuning pucat dan tidak segar.
  • Virus mosaik cucumber yang menyerang tanaman buah mentimun, Menyerang buahnya menjadi warna kekuningan dan banyak tonjolan kecil seperti jerawat dan keadaan daunnya kuning berkeriput, cita rasa dari mentimun jadi hambar.
  • Virus mosaik wheat yang menyerang tanaman gaandum yamg menyebabkan tumbuhan gandum kering
  • Virus mosaik Citrus vein phloem degeneration yang menyerang tanaman jeruk, tidak menghasilkan buah yang segar tetapi berwarna kuning, daunpun ikut mengerut dan menguncup.
  • Virus mosaik tobacco yang menyerang tanaman tembakau, daunnya berlubang dan muncul bercak bercak kuning yang melebar kemana mana hingga tak menyisakan bagian daun yang bagus.
  • Virus mosaik bean menyerang tanaman buncis yang menyebabkan buncis mengecil dengan banyak goresan hitam pada permukaan kubisnya
  • Virus mosaik tungro yang menyerang tanaman padi sehingga tanaman padi menjadi kering dan menghasilkan bulir padi kosong.

Faktor yang mempengaruhi kualitas buah menjadi tidak baik

  1. Ketika menerapkan cara bercocok tanam melakukan kekeliruan atau tidak sesuai prosedur
  2. Menggunakan insektisida secara berlebihan
  3. Adanya serangan serangga dan hama perusak
  4. Kondisi tanah yang mengandung kapur atau unsur logam
  5. Adanya cuaca yang tidak bersahabat seperti puting beliung, badai topan, hujan lebat yang lama berhenti, kemarau yang berkepanjangan

 Faktor yang penyebab tumbuhan mudah mati

  • karena faktor iklim
  • faktor manusia
  • penyerangkan dari eksternal misalnya dari virus atau hama

Dari ketiga faktor tersebut hanya faktor iklim yang kerab mendominasi dalam mempengaruhi produktifitas tumbuhan, Faktor iklim termasuk wilayah geografisnya dan temperatur suhu udara yang terbentuk.Faktor iklim  kemungkinan besar memicu datangnya berbagai macam keluhan tumbuhan seperti kondisi tanah yang kurang subur, suhu terlalu panas atau dingin, sering terjadi hujan atau kemarau yang berkepanjangan atau air tanah yang terkontiminasi dengan zat kapur atau logam dan sebagainya.

Bagian bagian tumbuhan tidak akan bisa berkembangbiak dengan baik  jika memiliki iklim wilayah yang tidak sesuai walaupun sudah mendapatkan fasilitas pupuk, air yang cukup, fotosintetis yang memadai dan perawatan yang lengkap. Bagian bagian tumbuhan akan merespon cepat berupa perubahan warna daun, pertumbuhan menjadi lambat hingga tidak menghasilkan apa-apa ketika faktor iklim tidak bisa beradaptasi dengan baik atau sebaliknya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!