Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Ciri Ciri Bunga Rafflesia Arnoldi

Sponsors Link

Bunga padma raksasa (bahasa latin: raflesia arnoldi) merupakan salah satu jenis  pengelompokan tumbuhan parasit obligat yang keberadaannya sudah sangat terkenal di dunia karena memiliki ukuran bunga yang sangat besar bahkan merupakan bungan dengan ukuran terbesar di dunia saat ini. Bunga padma raksasa atau padma raksasa juga kerap kali disebut dengan nama bunga bangkai karena memunculkan aroma bau yang tidak enak sangat menyengat seperti aroma bangkai.

ads

Sejarah Penemuan Bunga Rafflesia

rafflesia arnoldiSejarah penemuan bunga raflessia arnoldi berhubungan dengan zaman penjajahan belanda di Indonesia pada tahun 1818. Seorang belanda yang bernama Dr Joseph Arnold sedang mengikuti sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Rafless di hutan tropis di daerah Bengkulu di pulau sumatera. Letak persisnya adalah di dekat sungai mana, lubuk tapi kabupaten Bengkulu. Di tempat itulah pertama kali bunga bangkai ditemukan oleh karena itu Bengkulu sampai saat ini dinamakan sebagai the lands of raflessia arnoldi. Karena yang menemukan adalah Dr Joseph Arnold dan Thomas Stamford Rafless sehingga dinamakan sebagai bunga Raflessia Arnoldi.

Bunga rafflesia arnoldi akhirnya menjadi salah satu tumbuhan endemic yang hanya ditemukan di daerah Bengkulu dan daerah sumatera sekitarnya. Tumbuhan ini tidak dapat dikembangbiakkan melainkan tumbuh secara liar di alam bebas. Saat ini taman nasional kerinci seblat merupakan balai konservasi bagi tumbuhan rafflesia arnoldi. Namun tidak jarang juga bunga nyentrik satu ini juga bisa tumbuh di tempat lain seperti di pulau jawa namun tumbuhnya pun karena tidak sengaja ditemukan oleh masyarakat bukan karena penanaman yang dilakukan secara sengaja. Saat ini karena merupakan tumbuhan endemic dan tidak bisa dibudidayakan, bunga rafflesia arnoldi sudah mendapatkan status terancam punah. Status yang disematkan ini juga dikarenakan oleh penggundulan hutan yang dilakukan oleh manusia padahal hutan ini merupakan habitat asli tumbuhan bunga raflessia arnoldi.

Karakteristik bunga rafflesia arnoldi

Bunga raflessia arnoldi termasuk dalam kerjaan sejenis dengan tumbuhan kingdom plantae, divisi mognoliophyta, kelas magnoliopsida, ordo raflesiaes, family raflesiaceae, genus rafflesia dan spesies R. arnoldi. Bunga raflessia arnoldi merupakan tumbuhan liana yang tidak memiliki daun telinga sehingga dirinya tidak mampu melakukan proses fotosintesis. Oleh karena itu warna bunga rafflesia arnoldi tidak hijau.

Sponsors Link

Berikut adalah ciri ciri bunga rafflesia :

  1. Bunga rafflesia arnoldi merupakan salah satu tumbuhan parasit yang tidak berakar, tidak berdaun dan tidak berbatang. Jadi, hanya ada bunganya saja dengan ukuran yang jumbo dari dalam tanah.
  2. Ukuran bunga ini jika sedang mekar bisa berdiameter hingga 1 meter dengan beratnya bisa mencapai 11 kg.
  3. Bunga rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan yang merambat sehingga memiliki inang, dan tumbuhan inang ini akan diserap kandungan organic dan anorganicnya sebagai sumber makanana atau bisa dikatakan bahwa bunga ini adalah parasit.
  4. Bunga ini bisa dikatakan sebagai tumbuhan hanya dibuktikan dengan satu jaringan yang merambat pada inangnya saja oleh karena itu sangat susah untuk dikembang biakkan secara sengaja oleh manusia karena tumbuhan ini memiliki cara perkembangbiakan tumbuhan tersendiri.
  5. Jumlah kelopak bunga rafflesia arnoldi berjumlah lima kelopak yang mengelilingi sebuah lubang seperti mulut gentong.
  6. Di dalam mulut gentong tersebut terdapat alat kelamin bunga bisa putik ataupun benang sari tergantung dari jenis kelaminnya apakah betina atau jantan. (baca : fungsi benang sari pada tumbuhan)
  7. Proses penyerbukan bunga ini dilakukan oleh hewan lalat karena lalat suka dengan bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga rafflesia.
    Sponsors Link

  8. Usia bunga rafflesia arnoldi sangat singkat hanya 5 hingga 7 hari saja dan setelah itu bunga akan layu dan mati. Sedangkan tidak tahu apakah bunga tersebut sudah melakukan penyerbukan atau belum.
  9. Proses pembuahan yang terjadi pada saat masa hidup bunga rafflesia arnoldi sangatlah kecil prosentasenya karena di dalam satu bunga sangat jarang yang memiliki dua jenis kelamin sekaligus. Sedangkan yang menolong untuk melakukan pembuahan, hewan lalat juga tidak pasti apakah datang ke dalam bunga atau tidak.
  10. Sampai saat ini belum ada orang yang berhasil mengembangbiakkan bunga rafflesia arnoldi secara sengaja, proses hidup bunga ini sangat tergantung dari keberadaan pohon inangnya (biasanya adalah akar dari pohon yang cukup besar). Oleh karena itu jika pohon di hutan tidak ada maka keberadaan bunga ini pun dipastikan tidak akan ditemukan.
  11. Masa pertumbuhan bunga bangkai atau rafflesia arnoldi sangatlah lama hingga mencapai 6 bulan lamanya.

Bunga rafflesia arnoldi merupakan salah satu jenis bunga langka dan memiliki bagian bagian bunga yang unik yang dilindungi keberadaannya oleh karena itu jika anda menemukan bunga ini sebaiknya menjaganya dengan cermat pada masa hidupnya yang singkat (hanya sampai 7 hari saja). bunga ini menjadi salah satu ikon untuk Indonesia terutama di daerah Bengkulu dan pulau sumatera. Jika ingin melihat bunga bangkai dengan mudah maka jangan rusak habitatnya ya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, December 2015 / 07:59 Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors