Sponsors Link

6 Fungsi Benang Sari pada Tumbuhan

Mungkin masih ada beberapa dari masyarakat kita mengenai bagian dari tumbuhan yaitu yang biasa disebut dengan benang sari. Tumbuhan memiliki beberapa organ yaitu akar, batang, daun, dan bagian bagian bunga. Tahukah anda bahwa bunga adalah organ penting bagi suatu tumbuhan. Karena pada organ bunga berada bagian-bagian penghasil serbuk sari dan bakal biji. Nah, pada organ bunga inilah terdapat benang sari.

Dalam proses penyerbukan benang sari, Tumbuhan juga memiliki beberapa bantuan hormon untuk mempercepat proses pertumbuhan seperti :

Benang sari biasanya memiliki jumlah yang sama dengan jumlah kelopak bunga tersebut. Biasanya benang sari terdiri dari tangkai panjang nan ramping dengan kepala sari di ujungnya. Sebuah cairan yang bernama cairan nektar sangat sering ditemukan pada dasar benang sari dan itulah makanan yang paling disukai oleh serangga dan burung penyerbuk.

Bagian-bagian pada benang sari

  • Tangkai sari (filamentum). Bagian yang berbentuk benang dan memiliki penopang melintang. Pada kebanyakan benang sari umumnya filum berbentuk bulat.
  • Penghubung ruang sari. Bagian lanjutan dari tangkai sari, sehingga berguna untuk menjadi penghubung untuk kedua bagian kepala sari.
  • Kepala sari (anthera). Bagian ini berada pada ujung tangkai sari. Dalam kepala sari juga terdapat dua ruang sari, dimana dalam setiap ruang sari terdapat lagi dua ruangan kecil. Nah, dalam ruang sari inilah tersimpan serbuk sari yang berguna untuk proses penyerbukan. Bentuk dari kepala sari ini bermacam-macam ada bentuk bulat, bulat telur, jorong

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi benang sari :

  1. Benang sari menghasilkan serbuk sari dalam suatu struktur berbentuk kantung terminal yang biasa disebut anter.
  2. Cairan nektar sering ditemukan pada dasar benang sari dan hal tersebut yang menjadi makanan serangga dan burung penyerbuk.
  3. Membantu tanaman dalam menggerakkan air dan nutrisi menuju arter serta juga dapat membantu menyebarkan serbuk sari.
  4. Sebagai alat perkembang biakan jantan. Dalam antera pada benang sari terdapat beberapa jenis sel yang berdiferensiasi dan menjadi serbuk sari, sementara yang lainnya berkonstribusi dalam proses pematangan. Serbuk sari mengandung gamet jantan atau sel kelamin tanaman. Serbuk sari mengandung sel kelamin jantan tumbuhan yang terdiri dari gametofit jantan dewasa dengan lapisan pelindung. (baca : fungsi dinding sel pada tumbuhan)
  5. Mendukung posisi yang paling cocok untuk melakukan transfer serbuk sari secara langsung.
  6. Proses penyerbukan terjadi saat serbuk sari jantan diambil dari antera ke bagian betina bunga tujuan, yang biasa disebut dengan stigma. Stigma ini sering menempel untuk menahan serbuk sari dan merupakan salah satu dari tiga komponen pembentuk organ reproduksi betina pada tanamana berbunga. Dua hal lainnya yaitu karpal dan ovarium.

Selanjutnya ialah berapa jumlah benang sari yang sebenarnya pada setangkai bunga? Jumlah benang sari ini dapat dibedakan dalam 3 golongan, antara lain :

  • Benang sari banyak. Jika terdapat lebih dari 20 benang sari pada 1 tangkai bunga. Misalnya pada tumbuhan jambu biji.
  • Benang sari 2x lipat dari jumlah daun tajuknya. Benang sari tersusun dalam 2 lingkaran, lingkaran dalam dan lingkaran luar.
  • Benang sari sama banyak atau kurang dari daun tajuknya. Dalam hal ini juga dibedakan menjadi dua kemungkinan yaitu Episepal ( berseling dengan daun-daun tajuk) dan Epipetal (berhadapan dengan daun kelopak).

Karakteristik Benang sari

Benang sari yang menghasilkan benang sari pada sebuah tanaman akan dapat mencapai putik bunga lainnya. Beberapa bunga sering dihinggapi oleh serangga. Nah, serangga mengunjungi bunga untuk menghisap nektar, oleh karena itu serbuk sari secara otomatis menempel pada kaki serangga tersebut dan terbawa olehnya pada bunga lain hingga mengenai atau menempel pada putik. Selain melalui serangga, proses penyerbukan bunga bisa terjadi karena adanya angin yang membawa serbuk sari pada bunga lain.

Benang sari merupakan alat reproduksi jantan pada tumbuhan. Pada ujung benang sari kita akan menemukan terdapatnya suatu bagian yang berfungsi untuk menghasilkan serbuk. Serbuk yang dihasilkan oleh benang sari inilah yang bernama serbuk sari dan memiliki fungsi penting pada tumbuhan. Prosesnya ialah saat serbuk sari terbentuk dan jatuh di kepala putik, serbuk sari tersebut akan mengeluarkan sperma.

Ternyata benang sari juga dapat dibedakan berdasarkan panjang atau pendeknya dalam satu tangkai bunga.

  • Benang sari panjang dua – ika dalam satu bunga terdapat 4 benang sari dan antara 4 tersebut ada pula 2 benang sari panjang dan 2 yang pendek.
  • Benang sari panjang empat – Jika dalam satu tangkai bunga terdapat 6 benang sari, 4 diantaranya adalah benang sari panjang dan 2 merupakan benang sari pendek. Contoh tumbuhannya yaitu lobak.

Berdasarkan berkas pelektan, ternyata benang sari juga dapat dibedakan antara lain:


  • Benang sari berberkas satu atau bertungkal satu. Hal ini terjadi apabila semua tangkai sari pada satu bunga menempel menjadi satu. Misalnya pada bunga kembang sepatu.
  • Benang sari bertungkal dua. Terjadi apabila benang sari terbagi menjadi dua kelompok dengan tangkai yang menempel pada tiap-tiap kelompok.
  • Benang sari bertungkal banyak. Apabila dalam satu bunga memiliki banyak benang sari, sehingga tersusun menjadi dalam tiap kelompok.

Bagian-bagian bunga sempurna

  1. Tangkai bunga – Bagian dari bunga yang berada paling bawah, yang memiliki kegunaan untuk menyangga bunga tersebut.
  2. Daun kelopak – Bunga dilindungi oleh bangunan yang mirip seperti daun pada saat bunga dalam masa kuncup. Bangunan pelindung itulah yang disebut dengan daun kelopak. Kelopak ini berada di bawah mahkota pada saat bunga mulai bermekaran.
  3. Bagian ini memiliki warna yang bervariasi, fungsi utama dari mahkota ini ialah untuk menanrik peratian serangga sehingga dapat membantu proses penyerbukan.
  4. Benang sari – Alat kelamin jantan yang akan menghasilkan serbuk sari.
  5. Merupakan alat kelamin betina – tempatnya ada ditengah-tengah bunga. Putik uga terdiri dari beberapa bagian yaitu bakal buah, tangkai putik, dan kepala putik.

, ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!