Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Tumbuhan Yang Hidup Di Dataran Tinggi dan Rendah

Sponsors Link

Tumbuhan yang hidup di dataran tinggi rata-rata meliputi tumbuhan yang berbuah dan juga sayur-sayuran. Dataran tinggi memang sangat cocok digunakan untuk membudidayakan tumbuhan-tumbuhan tersebut. Selain itu tumbuhan yang hidup di dataran tinggi cenderung tidak bisa hidup dengan baik di area dataran rendah.

ads

Baca juga :

Tumbuhan Yang Hidup Di Dataran Tinggi

tumbuhan-yang-hidup-di-dataran-tinggiBagi anda yang sangat suka dan hobi bercocok tanam, apalagi anda seorang pemula yang baru tinggal di dataran tinggi, maka anda perlu mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu tumbuhan apa saja yang bias tumbuh dengan baik di dataran tinggi agar nantinya anda tidak sia-sia.

Tumbuhan yang tumbuh di dataran tinggi pasti mempunyai karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di dataran rendah. Banyak jenis tumbuhan yang hidup di dataran tinggi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tumbuhan yang hidup di dataran tinggi. Yuk kita simak bersama-sama!

Baca juga :

Berikut beberapa tumbuhan yang hidup dan banyak ditemukan di daerah dataran tinggi :

1. Strawberry

Strawberry banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi dan bisa tumbuh dengan baik. Suhu normal yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan strawberry adalah berkisar pada suhu 20 derajat celcius. Selain itu juga sangat membutuhkan cahaya matahari sepanjang hari sampai kurang lebih jangka waktu 10 jam.

Strawberry juga bisa ditanam di daerah dataran rendah dengan catatan harus dirawat dengan baik. Strawberry tidak membutuhkan banyak air, jumlah air yang dibutuhkan dari curah hujan sekitar 600 sampai 800 mm/tahun. Jika terlalu banyak air yang didapatkan oleh strawberry, maka tumbuhan tersebut akan mudah membusuk.

2. Kopi

Kopi banyak ditemukan di dataran tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Kopi merupakan komoditi ekspor yang sangat menjanjikan. Banyak negara luar yang mengimpor kopi produksi dari Indonesia, karena di Indonesia sendiri keberadaan kopi memang sangat melimpah dengan di dukung kondisi alam yang sangat luas tentunya.

3. Wortel

Wortel salah satu jenis sayuran yang sangat baik ditanam di area dataran tinggi. Biasanya proses pertumbuhan dari wortel dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti misalnya curah hujan, cahaya matahari, jenis tanah, suhu dan juga kelembaban.

Jenis tanah yang sangat cocok untuk ditanami wortel meliputi latosol, regosol, aluvial, andosol yang semua jenis tersebut memang bisa kita temukan di daerah dataran tinggi. Suhu yang cocok untuk tumbuhan ini agar memperoleh hasil yang maksimal berkisar antara suhu 16 sampai 21 derajat celcius. Jika suhu yang ada terlalu tinggi akan menghasilkan umbi yang kurang baik, sedangkan jika suhu terlalu tinggi maka akan diperoleh umbi yang kecil dan juga pendek.


4. Teh

Teh sama halnya dengan kopi, menjadi primadona komoditi ekspor khususnya ke negara yang bersuhu dingin. Teh banyak ditemukan diberbagai dataran tinggi di Indonesia. Teh sangat banyak peminatnya sehingga keberadaannya pun sangatlah dibutuhkan oleh semua orang. Teh bisa hidup di daerah tropis dan juga daerah sub tropis. Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa tumbuhan teh yang dibiarkan saja tanpa dirawat akan tumbuh tinggi seperti halnya pohon, namun untuk tumbuhan teh yang dipetik kebanyakan akan dipangkas agar memudahkan proses pemetikannya.

Suhu yang dibutuhkan berkisar antara 14 sampai 25 derajat celcius. Jenis teh yang ada di Indonesia mampu tumbuh sampai ketinggian 9 meter. Jenis teh di seluruh dunia mencapai 1500 jenis. Untuk memperoleh teh yang mempunyai kualitas tinggi, kebanyakan ditanam di daerah ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut, namun kekurangannya adalah proses pertumbuhannya menjadi sangat lambat karena dipengaruhi oleh suhu.

5. Apel

Tumbuhan yang hidup di dataran tinggi kali ini sangat populer di kalangan masyarakat. Buah apel memang sangat diminati oleh masyarakat pada umumnya. Rasanya ada yang manis dan juga asam manis. Di Indonesia sendiri apel yang terkenal dihasilkan dari daerah Malang, Jawa Timur.

Oleh sebab itu dinamailah apel malang. Apel hanya bisa dibudidayakan di daerah yang dingin seperti halnya di dataran tinggi. Apel juga dipercaya dan terbukti ampuh untuk mencegah kanker karena kandungan zat yang ada pada kulitnya yang bernama senyawa triterpenoid. Selain itu juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Warna kulitnya pun bervariasi dari mulai warna hijau sampai warna merah.

6. Pinus

Tinggi pinus bisa mencapai ketinggian 45 meter dengan bentuk batang silindris dan juga lurus. Bisa digunakan untuk menyelamatkan lahan yang kritis dan bisa tumbuh di lahan yang kurang subur. Selain itu seringkali dimanfaatkan bagian batangnya untuk pembuatan furniture ataupun disadap getahnya.

7. Kubis

Kubis merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan masakan dan termasuk salah satu jenis sayuran yang paling digemari. Kubis hanya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi karena sangat membutuhkan kondisi kelembaban yang baik.

8. Kentang

Komponen penting yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan sayur sop salah satunya adalah kentang. Kentang hanya bisa hidup dengan baik di dataran tinggi. Suhu yang kurang dingin akan membuat kentang menjadi tumbuh kurang baik sehingga hasilnya pun kecil-kecil.

Baca juga :

Berikut beberapa tumbuhan yang hidup dan dapat ditemukan di dataran rendah, penjelasannya sebagai berikut :

9. Padi 

Padi merupakan jenis tumbuhan yang hanya bisa hidup di daerah dataran rendah saja. Padi bisa hidup hingga suhu mencapai 36 derajat celcius. Namun sangat baik jika hidup di suhu berkisar 30 an derajat celcius dengan curah hujan yang sedang.

10. Kelapa

Kelapa banyak ditemukan di dataran rendah khususnya di daerah pesisir pantai. Tumbuhan ini memang sangat cocok di tanam di pesisir pantai karena bisa dimanfaatkan untuk menghalau angin yang menuju ke arah daratan. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Kelapa sangat tahan pada suhu yang ekstrim sekalipun.

11. Pisang

Pisang merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh sangat baik di dataran rendah. Tumbuhan ini berbuah sepanjang tahun sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Pisang juga tumbuh dan berkembangbiak dengan sangat cepat. Selain itu tidak diperlukan perawatan khusus alias cara perawatannya sangat mudah.

12. Jagung

Jagung hanya bisa hidup dengan baik di dataran rendah. Jagung merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang paling banyak ditanam karena buahnya bisa dimanfaatkan untuk sumber pangan. Jagung bisa bertahan pada suhu yang tinggi dan ekstrim sekalipun.

Perbedaan tumbuhan yang hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah, penjelasan sebagai berikut :

  • Tumbuhan yang berada di dataran tinggi memerlukan suhu yang dingin. Sedangkan tumbuhan yang berada di dataran rendah memerlukan suhu yang panas.

  • Tumbuhan yang hidup di dataran tinggi mempunyai ukuran batang yang lebih kecil dibandingkan tumbuhan yang hidup di dataran rendah.
  • Tumbuhan yang hidup di dataran tinggi membutuhkan kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan tumbuhan yang hidup di dataran rendah

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan mengenai tumbuhan yang hidup di dataran tinggi yang sudah diulas secara rinci dengan harapan bisa memudahkan anda dalam mempelajari dan memahami lebih dalam lagi sehingga bisa dijadikan sebagai referensi. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tumbuhan yang hidup di dataran tinggi. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 16:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan