Sponsors Link

Alat Pernapasan Ubur Ubur Paling Lengkap

Jika kita berbicara mengenai alat pernapasan ubur –  ubur atau bagian tubuh ubur – ubur, apa yang ada dan terlintas dalam benak anda sobat?  Tentunya yang terlintas dalam benak anda adalah sejenis binatang laut atau pun biota laut yang merupakan salah satu contoh hewan invertebrata (tak bertulang belakang) namun sangat ditakuti ya sobat. Hewan ubur –  ubur ini dianggap menakutkan karena hewan laut yang satu ini dikenal memiliki sengatan yang jahat. Namun disamping itu sobat, sesungguhnya banyak fakta lain yang tersimpan hewan yang satu ini. Fakta yang dimaksud adalah beberapa fakta unik dalam sejarah kehidupan mereka.

Apakah sobat semua sebelumnya pernah melihat ubur –  ubur?  Jika belum pernah ada baiknya anda sesekali ke pantai untuk melihat secara langsung betapa uniknya hewan laut ciptaan Tuhan yang satu ini ya sobat. Adapun ubur –  ubur ini tubuhnya hampir 95 % terbuat dari air. Daur hidup ubur – ubur tentu saja sangat berbeda dengan daur hidup bintang laut, dilihat dari segi fisiknya saja sudah berbeda ya sobat.

Oleh karena itu tubuh ubur –  ubur ini sangatlah halus dan lembut. Karena memang terbentuk 95 % dari air, maka ubur –  ubur ini membutuhkan sejumlah air untuk kelangsungan kehidupan mereka, apabila mereka tidak mendapatkan air atau dikeluarkan dari air maka mereka akan kekeringan dan mati.

Bagian – Bagian Tubuh Ubur = Ubur

Bagian – bagian tubuh dari ubur – ubur sendiri sangat sederhana sobat sesuai dengan fisik yang mungkin pernah anda lihat. Berikut ini penjelasannya :

  • Bentuk Tubuh dan Saluran Pencernaannya

Untuk klasifikasi ubur ubur sendiri mereka memiliki tubuh simetris radial, dari atas tubuh bell mereka hingga ke ujung tentakel. Mereka memiliki sisi tubuh bagian atas dan bawah, tetapi tidak memiliki sisi kiri maupun sisi kanan.  Sedangkan untuk sistem pencernaannya sendiri, ubur –  ubur ini tergolong hewan yang memiliki sistem pencernaan yang sangat sederhana yaitu hanya memiliki satu lubang, yaitu sistem memasukkan makanan dan mengeluarkannya itu berada dalam satu lubang.

  • Tidak Terdapat Sistem Peredaran Darah dan Syaraf

Nah yang tidak kalah menarik nih sobat, hewan ubur –  ubur ini tidak memiliki otak, darah, dan sistem syaraf, sehingga bisa dibilang hewan yang satu ini memiliki indera yang sangat primitif. Namun hal yang menariknya mereka memiliki bintik mata yang dapat merasakan cahaya gelap dan lubang chemonsensory yang berfungsi untuk membantu mereka untuk mengidentifikasi mangsa.

Yang tidak kalah menarik dan tidak kalah penting nih sobat yang harus anda ketahui adalah pada sistem pernafasan ubur –  ubur. Sebelumnya sobat semua sudah ada yang tau belum nih ya, sistem pernapasan pada ubur –  ubur itu seperti apa. Jika belum ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini ya.


Sistem Pernapasan Ubur – Ubur

Adapun ubur –  ubur sendiri tidak memiliki sistem pernapasan, hal ini dikarenakan oleh ubur –  ubur itu sendiri memiliki kulit yang sangat tipis dan cenderung mengandung air sebanyak 95 %, sehingga mereka tidak perlu repot –  repot mencari udara karena tubuh mereka telah berisi oksigen –  oksigen melalui difusi pada bagian payung tubuh mereka yang berbentuk seperti agar –  agar atau sering disebut dengan selaput jeli. Nah sobat semua itulah penjelasan singkat mengenai sistem pernapasan pada hewan ubur –  ubur ya sobat.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai sistem pernapasan ubur –  ubur ya. Sampai ketemu dan salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors