Sponsors Link

Jenis Hewan yang Memiliki Sidik Jari Seperti Manusia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tentunya sidik jari manusia sering digunakan untuk keperluan identifikasi walaupun memiliki kelainan jari misalnya sindaktil, karena memiliki ciri khas yang tidak ada kembarannya atau yang tidak ada samaannya karena termasuk identifikasi personal yang tidak dimiliki

oleh orang lain atau saudara yang lainnya bahkan saudara kembar sekalipun  tidak akan memiliki sidik jari yang sama misalnya pada penderita polidaktil, oleh karena itulah sidik jari ini digunakna sebagai identifikasi yang pada saat dibutuhkannya data atau bukti pada beberapa persoalan yang berhubungan dengan identifikasi data.

Dengan demikian kita bisa simpulkan, sidik jari merupakan bagian dari identitas seseorang yang hanya dimiliki olehnya sendiri dan tidak akan pernah sama dengan  orang lain. Berbicara mengenai sidik jari tersebut sobat, timbul pertanyaan? Apakah hanya manusia saja yang memiliki sidik jari?

Atau apakah hewan memiliki sidik jari juga? sebagaimana kelainan brakidaktili yang bisa juga terdapat pada jenis hewan hewan tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini. Cekidot.

Apakah Hewan Memiliki Sidik Jari ?

Menurut penemuan yang ada, ternyata ada beberapa jenis hewan yang memiliki sidik jari. Penemuan ini berhasil diungkap oleh  para ilmuan yang juga merupakan ahli anatomi. Namun meski memiliki sidikjari bukan berarti fungsi dari sidik jari tersebut difungsikan sebagai

identitas mereka karena mereka tentunya tidak pernah membuat SIM, KTP atau keperluan identitas yang lainnya layaknya seperti mansuia. Namun fungsi sidik jari tersebtu kerap digunakan oleh para imuan untuk membedakan species mereka satu dengan yabg lainnya, sehingga lebih mudah untuk di identifikasi.

Lantas Hewan Apa Saja Yang Memiliki Sidik jari ?

Pada umumnya, hewan yang memiliki sidik jari adalah jenis hewan yang hidupnya di hutan atau di pepohonan. Adapun jenis binatang yang memiliki sidik jari tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Koala

Hewan yang pertama adalah si cantik Koala. Keberadaan sidik jari Koala ini ditemukan pada tahun 1996 oleh tim ahli anatomy dari University of Adelaide, Australia. Penemuan itulah yang kemudian ditindak lanjuti dengan penelitian sebelumnya tentang sidik jari pada hewan yang lannya. Menurut ilmuan tersebut sidik jari Koala ini dapat membantu menjelaskan tujuan fitur unik dari Koala

tersebut, seperti cara mereka menggenggam batang kayu atau pohon, maka akan terlihat dari bekas sidik jari Koala tersebut.  Oleh karenanya sidik jari tersebut dapat dijelaskan sebagai adaptasi biomekanik untuk menggenggam yang pada akhirnya akan berpengaruh pada mekanik hasil kulit Koala tersebut.

2. Panda

Hewan yang kedua adalah Panda. Hewan yang kerap sekali dibuat menjadi bonek ini juga ternyata memiliki sidik jari. Hewan yang makanan pokoknya adalah bambu muda ini juga tidak jauh berbeda dari Koala yang memiliki sidik jari. Ukuran serta bentuk dari sidik jari


itu sendiri tentunya berbeda dengan Koala meskipun dari segi tubuhnya mereka tergolong ada kemiripan. Sidik jari Panda ini juga bisa digunakan sebagai identifikasi cara mereka hidup, cara memanjat dan juga untuk menetukan species mereka sehingga bisa mengenal sesamanya dengan lebih mudah.

3. Kuskus

Hewan yang ketiga adalah Kuskus. Hewan yang tergolong jenis tupa-tupain ini juga memiliki sidik jari. Namun meksi demikain sidik jarinya tidak sejelas Panda atau Koala.

Itulah sobat jenis hewan yang memiliki sidik jari seperti manusia. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jump diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan