Sponsors Link

2 Manfaat Mengeluarkan Lidah bagi Anjing

Jika sobat semua adalah penggemar atau memiliki hewan peliharaan seperti anjing yang terdapat berbagai macam jenis jenis anjing tentunya sobat semua mengetahui apa saja kebiasaan dari hewan peliharaan tersebut. Memiliki hewan peliharaan seperti anjing memang cenderung membuat kita senang karena anjing biasanya memiliki tingkah lucu dan menggemaskan apalagi pada saat anjing tersebut masih berusai kecil dan mudah.

Selain itu sobat,  fungsi ekor bagi hewan yang juga ada pada anjing yang tidak kalah penting bisa menjaga dan mengawasi rumah kita terutama pada saat kita tinggal bepergian.  Namun satu hal yang pastinya sobat semua ketahui dari kebiasaan anjing adalah menjulurkan atau mengeluarkan  lidahnya. Nah sobat lantas mengapa dana pa manfaat mengeluarkan lidah bagi anjing tersebut?

Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot. Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas sobat, salah satu kebiasaan anjing yang sering kita lihat adalah menjulurkan atau mengeluarkan  lidahnya. Pada umumnya perilaku seperti ini dilakuan pada saat suhu udara sangat panas atau saat anjing tersebut merasa kelelahan akibat berlarian. Manusia dan hewan mamali memiliki suhu badan yang konstan atau tetap.

Misalnya pada saat cuaca panas, maupun cuaca dingin, suhu badan yang normal akan selalu berada di sekitar 46.5 derajat celcius yang memiliki respon berbeda pada hewan berdarah dingin dan panas. Hewan mamalia seperti anjing ini juga memiliki suhu badan yang tetap, dimana suhu badan normal sekor anjing adalah sekitar 38 hingga 39 derajat celcius. Berikut ini adalah fakta seputar anjing tersebut.

  • Anjing Berkeringat Lewat Telapak Kaki

Sobat semua penggemar dan yang memelihara anjing tentunya sudah tau ya sobat bahwasanya anjing ini adalah salah satu hewan yang memiliki darah yang panas. Mereka bisa menjaga suhu tubuhnya agar tetap konstan meskipun suhu lingkungan tempat ia berada berubah-ubah.  Berbeda dengan manusia yang bisa berkeringat untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Namun berbeda dengan anjing yang tubuhnya tertutup bulu sehingga tidak memiliki kelenjar keringat.  Oleh karena itulah anjing hanya memiliki kelenjar keringat pada telapak kakinya, sehingga bisa disimpulkan anjing tersebut hanya bisa berkeringat dari telapak kakinya. Hal ini tentu sering kita lihat ya sobat, dimana kita sering melihat jejak kaki anjing yang basah, hal ini tentunya karena keringat dari anjing tersebut.

  • Anjing Sering Mengeluarkan atau Menjulukan Lidahnya

Ketika suhu lingkungan tempat anjing tersebut tinggi, atau tubuh anjing kepanasan oleh karena habis berlarian sehingga menyebabkan anjing tersebut kelelahan, maka anjing tersebut harus menurunkan suhu tubuhnya sesegera mungkin. Memang mereka mengeluarkan keringat dari telapak kakinya, namun tentu saja hal tersebut tidak cukup untuk menurunkan suhu tubuh anjing tersebut.


Maka sobat, cara lain yanga anjing tersebut lakukan untuk menurunkan suhu  tubuh mereka adalah dengan menjulurkan atau mengeluarkan lidahnya, sehingga cairan dalam lidah mereka akan menguap dengan sendirinya. Dengan cara tersebutlah maka anjing tersebut akan menjaga suhu tubuh mereka agar tetap stabil.

Namun meski demikian sobat, pada saat udara sangat panas sekali atau panasnya terlalu berlebihan, meski anjing tersebut sudah berkeringat dari telapak kakinya dan juga sudah menjulrukan lidahnya, namun sering kali hal ini tidak cukup bagianya sehingga sering kali anjing tersebut terliaht seperti lemah tak berdaya.

Jadi itulah Manfaat Mengeluarkan Lidah bagi Anjing yang harus anda pahami sobat agar anda lebih mengerti akan kebutuhan anjing anda. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya.Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!