Sponsors Link

Proses Terbentuknya Bunga Sepatu Paling Lengkap

Sobat semua tentunya sering nelihat salah satu jenis bunga yang ada disekitar anda, yakni bunga kembang sepatu. Bunga kembang sepatu ini merupakan salah satu bunga yang tergolong bunga yang sudah ada sejak zaman dahulu namun hingga kini masih di budidayakan.

Selain untuk menambah keindahan pekarangan rumah kita, bunga kembang sepatu ini juga sering digunakan sebagai pelengkap atau bahan pembuatan bahan kecantikan. Untuk itulah bunga yang satu ini tergolong bunga yang sangat diperhatikan keberadaanya. 

Untuk mengenal lebih dekat bunga kembang sepatu tersebut dan proses terbentuknya morfologi bunga sepatu tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Cekidot.

Apa Itu Bunga Sepatu ?

Adapun bunga kembang sepatu tersebut merupakan bunga yang memiliki morfologi sebagai tanaman perdu tegak. Bagian batang berkayu memiliki tekstur yang keras, sedangkan daun berbentuk bulat telur serta bunga yang berbentuk seperti terompet.

Dikenal sebagai bunga kembang sepatu, namun untuk beberpa daerah  bunga kembang sepatu ini sering juga disebut dengan bunga rebong atau bunga kembang wera. Tidak hanya morfologinya saja yang perlu kita ketahui, namun fungsi atau manfaat bunga yang satu ini juga patut untuk kita ketahui lebih lanjut. 

Adapun beberapa jenis manfaat dari bunga kembang sepatu ini yang bisa kita manfaatkan adalah seperti mengobati demam, batuk, kencing nanah, dan juga sariwan sangat ampuh dengan menggunakan bunga kembang sepatu ini. Hal ini dikarenakan dari segi media, bunga kembang sepatu ini dikenal memiliki segudang manfaat.

Jadi tidak salah jika bunga yang satu ini tanam disekitar pekarangan rumah, karena selain keindahan dari bunga tersebut, seperti yang sudah penulis utarakan diatas, bunga kembang sepatu ini memiliki segudang manfaat terutama dalam hal kesehatan tubuh kita.

Bagaimana Cara Atau Proses Terbentuknya Bunga Sepatu Tersebut ?

Berikut ini adalah cara atau proses terbentuknya bunga sepatu tersebut.

Selama perkembangan bunga kembang sepatu, maka perubahan bentuk bunganya sendirilah yang perlu diperhatikan. Tahapan pembentukan bakal biji  dari bunga kembang sepatu tersebut terjadi setelah adanya penyerbukan yang dimulai dengan rontoknya kelopak bunga yang ada satukan serbuk sari dari bunga lain ke bunga kemabng sepatu inangnya atau asalnya.

Setelah itu, bagian bunga dasarnya akan berkembang membentuk bakal biji hingga berbentuk dan berubah warna menjadi warna cokelat kering. Pada saat hal tersebut sudah terjadi, maka  biji bunga tersebut sudah bisa anda keluarkan dan anda tanam secara generative.  Ini merupakan salah satu proses pembentukan atau penyerbukan bunga kembang sepatu yang bisa anda coba dan praktekkan sendiri dirumah anda. proses penyerbukan bunga anggrek juga bisa anda pelajari sebagai informasi tambahan.

Bagaimana Ciri Bunga Kembang Sepatu Yang Siap Diserbukkan ?

Adapun ciri bunga kebang sepatu yang siap untuk diserbukkan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bunga sudah mengembang sempurna dan warna bunganya utuh ( warna merah atau putih sempurna, dan ada juga yang berwarna kuning dan orange ).
  • Terdapat serbuk sari dan benang sari dala bunga kembang sepatu tersebut, karena ini adalah bagian utama untuk melakukan penyerbukan
  • Kondisi bunganya masih segar

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya dan bisa menjadi refresni. Salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makhluk Hidup
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!