Sponsors Link

Proses Penyerbukan Bunga Anggrek Beserta Penjelasannya Terlengkap

Dari semua tumbuhan berbunga, bunga anggrek selalu menjadi bunga istimewa yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Keindahan dari corak dan warna dari mahkota bunganya selalu memikat mata para pecinta bunga di tanah air. Sampai sampai beberapa metode penanaman dan perawatan bunga anggrek bagi setiap pemiliknya berbeda beda.

Metode penanaman dan perawatan bunga anggrek memang penting, tetapi ada satu hal yang tidak boleh anda lupakan yaitu proses penyerbukan. Dikenal dengan bungannya tentunya anda perlu mengetahui bagaimana proses penyerbukan bunga anggrek bisa terjadi. Proses penyerbukan bunga anggrek bisa dikatakan perlu memerlukan waktu khusus sampai sampai tumbuhnya bakal bunga anggrek pun lama. Faktanya demikian membuat anda yang baru mengenal tanaman ini perlu tips dan triks jitu untuk mendapatkan bunga anggrek cepat berbunga. Berikut ini cara proses penyerbukan bunga anggrek supaya menjadi struktur anatomi bunga yang indah.

Cara Penyerbukan Bunga Anggrek Sendiri

Diawal sudah kami jelaskan kalau bunga anggrek merupakan jenis bunga yang proses pembungaannya perlu melakukan perlakuan khusus karena pengaruh dari morfologi bunga anggrek itu sendiri. Berikut ini step by step yang bisa anda ikuti supaya bunga anggrek anda mengalami pembungaan yang cepat.

  1. Siapkan 1 bunga anggrek yang ingin dilakukan penyerbukan sendiri
  2. Lalu ambil serbuk sari bunga anggrek menggunakan tusuk gigi atau kayu kecil
  3. Kemudian masukkan ke bagian stigma bunga anggrek tersebut. Letak stigma sebagai tempat fertilisasi berada paling dalam. Hal ini ditambah dengan keberadaan putik sebagai sel betina yang berada di bagian bawah stigma. Supaya serbuk sari bisa menempel pada stigma anda perlu melakukan perlakuan khusus ini.

Cara Penyerbukan Bunga Anggrek Tetangga

Penyerbukan bunga anggrek bisa terjadi dengan bunga anggrek dalam satu tangkai yang sama. Jenis anggrek ini seringkali bunga anggrek yang berada dalam satu jenis tanaman yang sama. Upaya penyerbukan bunga anggrek dengan cara ini biasanya digunakan pada jenis bunga anggrek yang berusia tua dan muda supaya bunga anggrek muda cepat mekar. Ini dia cara penyerbukan bunga anggrek tetangga yang bisa anda lakukan sendiri. Baca : cara penyerbukan bunga melati

  1. Pilih 2 bunga anggrek pada jenis bunga anggrek yang sama dan warna yang sama
  2. Ambil serbuk sari menggunakan tusuk gigi dengan cara mencongkel bagian organ kelamin jantan yang tertutup oleh labelum
  3. Selanjutnya bersihkan organ jantan pada bunga anggrek kedua
  4. Lalu simpan serbuk sari bunga anggrek pertama ke stigma bunga anggrek kedua

Cara Penyerbukan Bunga Anggrek Silang

Cara penyerbukan bunga anggrek silang paling banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki tanaman anggrek. Biasanya teknik penyerbukan ini untuk menghasilkan warna dan bentuk mahkota bunga anggrek yang berbeda. Oleh karena itu bunga anggrek hasil penyerbukann keduanya akan menghasilkan anakan bunga anggrek yang lebih unik dan berbeda lagi. Berikut ini proses penyerbukan bunga anggrek silang yang bisa anda lakukan. Baca : cara penyerbukan bunga asoka 


  1. Siapkan bunga anggrek yang akan dilakukan penyerbukan
  2. Lalu ambil serbuk sari dengan menggunakan tusuk gigi. Caranya dengan mengkorek bagian dalam organ kelamin jantan.
  3. Masukkan serbuk sari pada putik yang berbentuk sepertu tabung pada bunga yang sama
  4. Kemudian bunga anggrek layu dan muncul bakal buah

Perlu anda pahami bersama, dari ketiga tersebut kurang lebih tidak mudah dalam melakukan penyerbukan bunga anggrek. Faktor paling mendukung adalah bagian bagian bunganya baik organ seksual yang letaknya sangat sulit dilakukan penyerbukan. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang proses penyerbukan bunga anggrek mulai dari penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga dan penyerbukan silang.

Perlu anda ketahui bahwa ketiga penyerbukan yang kami sampaikan sebelumnya akan berhasil apabila dilakukan oleh bantuan manusia. Jika ketiga penyerbukan ini dilakukan oleh angin dan hewan akan membutuhkan waktu yang lama. Akhir kata penulis sampaikan semoga anda sekalian senantiasa dapat menemukan cara penyerbukan bunga anggrek dengan teknik lainnya. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan