Sponsors Link

Dampak Biologis Olahraga Terhadap Kinerja Otak

Tidak sudah ditanyakan lagi, bahwasanya olahraga merupakan salah satu aktivitas yang  sangat bermanfaat untuk kesehtan kita secara keseluruhan dan mencegah dampak pemanasan global pada manusia secara biologi.  Hal ini sudah sejak lama diketahui bahwasanya olahraga tersebut memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita.

Berbagai penelitian juga sudah membuktikan hal tersebut dengan memberikan bukti pendukung untuk memperkuat peneliatan tersebut. Padahal kita sering kali melalaikan kewajiabn olahraga tersebut karena alasan yang begitu sibuk, malas atau hal yang lainnya sehingga menimbulkan pengaruh metabolisme tubuh pada berat badan. Padahal seyogianya olahraga ini adalah saalh satu hal untuk menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Namun meski demikian, dalam dekade tarakhir ini, minat masnyarakat untuk menjalankan olahraga tersebut semakin meningkat yang termasuk di dalamnya adalah menjaga pola hidup yang sehat dan menjauhi macam hormon pemicu stres pada manusia.  Selain memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan,

olahraga ini ternyata juga memberikan banyak manfaat terhadap perkembanagn otak dan fungsi kognitifnya. Selain itu, penelitian penelitian terbaru membuktikan bahwa latihan atau olahraga tersebut dapat meningkatkan memori seseorang

atau dengan kata lain secara biologis maka olahraga ini memberikan kontribusi dalam kinerja otak tersebut. Berikut ini adalah beberapa Dampak Biologis Olahraga Terhadap Kinerja Otak tersebut. Yuk sobat, langsung saja kat simak ulasan berikut ini.

  • Meningkatkan Memori

Dampak yang pertama adalah meningkatkan memori. Adapun bagian otak yang bernama hippocampus akan merespn sangat kuat terhadap kegiatan latihan  yang bersifat aerobic. Hippocampus ini juga merupakan inti dari pembelajaran dan memori dalam sistem otak.

Olahraga ini akan menstimulasi ploriferasi pupulasi progenitor saraf, untuk meningkatkan jumlah neurin yang baru yang tentunya bisa merangsang pertumbuhan sel neuoron yang baru. Hal inilah yang berperan untuk meningkatkan memori seseorang tersebut.

  • Membantu Berkonsentrasi

Dampak yang kedua adalah olahraga bisa membantu anda berkonsentrasi. Pada saat anda bisa berkonsentrasi, maka tentunya hal ini akan membuat anda mampu mengejakan sesuatu dengan fokus. Selain itu, pada saat seseorang melakukan olahraga sebelum berativitas maka

ia akan mampu mengerjakan sesuatu dengan hasil yang lebih maksimal dan lebih singkat dari pada tidak melakukan aktivitas olahraga tersebut sama sekali. Hal ini merupakan salah satu dampak biologis yang sangat berpengaruh penting bagi seseorang.

  • Memperlambat Penurunan Kognitif

Dampak yang ketiag adalah olahraga bisa memperlambat penurunan kognitif anda.  Pada saat usia anda sudah lanjut, namun secara fisik anda tetap terliaht sehat dan masih mampu mengerjakan pekerjaan pekerjaan sebagaimana mestinya, maka ini adalah salah satu peranan dari olahraga tersebut, yakni untuk memperlambat penurunan kognitif anda. 

Karena pada saat olahraga, maka seseorang akan melakukan latihan keseimbangan tubuh, kelincahan dalam memberi koordinasi yang postif pada semua anggota tubuh anda tentunya merupakan salah satu hal yang sangat penting dari olahraga tersebut secara biologis.


  • Membantu Mengendalikan Emosi

Dampak yang keempat adalah olahraga bisa membantu mengendalikan emosi. Jika sobat semua adalah salah satu pribadi yang sering mengalami emosi yang  tidak terkendalikan, maka baiknya anda harus rutin melakukan olahraga tersebut sobat. Latihan fisik secara teratur ternyata mampu untuk mengendalikan emosi anda. Baik itu emosi peranaan marah, sedih atau bahagia, maka akan terkontrol dengan rajin berolahraga.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagia anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa diulasan selanjutnya yang lebih menarik. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia