Sponsors Link

Apa Saja yang Dibutuhkan Tanaman Hidroponik?

Setiap makhluk  hidup yang ada dimuka bumi ini tentunya membutuhkan berbagai nutrisi yang penting untuk mendukung pertumbuha dan perkembangnnya yang berhubungan dengan sebab jantung terkadang berdetak lebih cepat. Jika sobat semua pernah melihat tanaman yang tidak berkembang dengan baik padahal tanaman yang lainnya yang ada di sekitarnya justru sebaliknya subur dan rindang,

maka itu artinya tumbuhan atau tanaman tersebut mengalami kekurangan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya seperti pada manusia jika mengalami resiko kerja shift pada metabolisme tubuh.  Dan salah satu tanaman yang juga membutuhkan nutursi dalam proses tumbuh kembangnya

adalah seperti tanaman hidroponik yang bisa digunakan untuk macam unsur aktif biologis tanaman untuk kosmetik . Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar istilah tananman hidroponik tersebut, yuk sobat langsung  saja kita simak ulasan berikut ini. Cekdiot.

  • Apa Itu Tanaman Hidroponik ?

Tanaman hidroponik adalah tanaman yang dibudidayakan dengan menanam dan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman tersebut. Kebutuhan air pada tanaman hidroponik ini lebih sedikit dari pada

kebutuhan air pada tanaman dengan budidaya konvensional atau tanah.  Pada dasarnya, nutrisi yang dubutuhkan tanaman tersebut terbagi menjadi dua, yakni unsur hara mikro yang mana satu dengan yang lainnya saling membutuhkan untuk mendukung proses perkembangan dan pertumbuhannya.

  • Apa Saja Yang Dibutuhkan Tanaman Hidroponik Tersebut ?

Berikut ini adalah beberpa jenis yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik tersebut, antara lain :

  • Nitrogen ( N )

Yang pertama adalah nitrogen. Nitrogen ini termasuk kedalam unsur hara makro yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara yang berupa nitrogen ini sangat diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian bagian vegetative tanaman seperti daun, batang dan juga akar.

  • Fosfor (  P )

Yang kedua adalah fosfor.  Fosfor atau yang disebut juga sebagai poshpat ini merupakan nutrisi hidroponik yang diperlukan tanaman dalma jumlah yang sangat besar, termasuk ke dalam unsur hara makro.  Jumlah fosfor pada tanaman

ini lebih sedikit memang jika kita bandingkan dengan jumlah nitrogen dan juga kalium. Namun meski demikian, pada kenyataanya fosfor ini merupakan kunci keberlangsungan hidup dari tanaman itu sendiri.

  • Kalium ( K )

Yang ketiga adalah kalium. Selain nitrogen dan fosfor, maka ada pula kalium yang juga dibutuhkan oleh tanaman hidroponik tersebut. Unsur hara makri berupa kalium ini biasanya dibuatkan pupuk dengan menggabungkan kedua unsur penting yang lain

dengan tujuan mempercepat dan meningkatkan kualitas hasil tanaman hidroponik tersebut. Unsur kalium in merupakan suatu hal yang sangat menentukan dalam hasil tanaman anda secara keseluruhan.

  • Magnesium ( MG )

Yang keempat adalah magnesium. Unsur hara makro yang juga tidak kalah penting lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik anda.  Magnesium ini merupakan bagian penting yang dbutuhkan oleh tanaman dalam proses metabolisme fostat, pembentukan klorofil, respirasi tanaman, dan juga berbagai aktivitas enzim ynag lainnya.


  • Kalium ( CA )

Yang kelima adalah kalium. Kalium ini juga termasuk salah satu yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik anda yang tergabung dalam unsur hara makro bagi tanaman. Unsur kalsium ini pada umumnya tidak dianggap sebagai unsur pupuk, sehingga jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Sampai jumpa diulasan selanjutnya. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!