Sponsors Link

Fungsi Katup Jantung pada Manusia

Setiap manusia memiliki organ tubuh yang sangat penting ini yaitu jantung. Tahukah anda bahwa di dalam jantung juga terdapat anatomi  yang unik dengan berbagai bagian di dalamnya yang memiliki fungsi masing-masing. Jantung memang merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia karena berfungsi mengatur peredaran darah ke seluruh jaringan tubuh manusia . Jika organ jantung atau salah satu bagian yang ada di dalamnya mengalami gangguan maka tubuh bisa dipastikan juga bisa kolaps. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diabaikan, hal ini dikarenakan jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kematian. (baca : fungsi rangka manusia)

Salah satu bagian organ tubuh dari jantung yang kerap kali mengalami gangguan adalah bagian katup jantung? Lalu apakah katup jantung itu? Katup jantung merupakan bagian di dalam jantung yang terbagi menjadi dua bagian yaitu katup atrioventrikuler merupakan katup yang menghubungkan bagian atrium dengan bagian vertikel. Bagian lainnya adalah katup semilunar yaitu katup yang menghubungkan sirkulasi polmunal dan sirkulasi sistemik.

Bagian-bagian katup jantung manusia

1. Katup atrioventrikuler – Di dalam katup atrioventrikuler ini ternyata juga masih dibagi menjadi dua bagian yaitu katup tricuspid dan katup mitral. Fungsi katup tricuspid adalah menghubungkan bagian atrium kanan dan vertikel jantung bagian kanan. Sedangkan fungsi dari katup mitral ini adalah sebagai penghubung antara bagian atrium kiri dan vertikel jantung bagian kiri, bagian katup mitral juga kerap kali disebut sebagai katup bicuspid. Fungsi keduanya sangat penting karena jika tidak ada ini maka peredaran dapat terganggu dan menyebabkan peredaran oksigen pada alat-alat pernafasan juga terganggu.

2. Katup semilunar – Sebagaiman dengan katup atriobentrikuler, katup semilunar ini juga memiliki dua bagian di dalamnya yaitu bagian katup pulmonal dan katup aorta. Keduanya memiliki fungsi sendiri, katup pulmonal berfungsi sebagai penghubung antara vertikel jantung bagian kanan dan bagian pulmonal trank. Sedangkan bagian katup lainnya yaitu katup aorta adalah sebagai penghubung bagian vertikel jantung kiri dan asendence aorta.

Jantung manusia yang normal akan memiliki katup jantung yang sehat jika katup jantung tersebut menjalankan fungsinya dengan baik.

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi katup jantung :

  1. Fungsi dari katup jantung sendiri adalah sebagai memastikan bahwa aliran darah dalam tubuh berjalan seirama secara satu arah dan tidak ada darah yang melakukan pelawanan arah. Jika darah mengalami pelawanan arah dan kembali pada jaringan dimana dirinya keluar maka bisa dipastikan bahwa katup jantung mengalami gangguan. Jika terjadi gangguan atau keadaan tidak normal pada katup jantung maka akan terjadi perembesan jantung atau yang biasa disebut sebagai kebocoran jantung.
  2. Fungsi katup jantung lainnya adalah sebagai sekat antara bagian jantung sebelah kanan dan sebelah kiri. Jantung sebelah kanan memiliki darah kotor yang merupakan buangan dari jaringan di seluruh tubuh sedangkan jantung sebelah kiri memiliki fungsi sebagai tempat darah sehat yang kaya akan oksigen untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. jadi, bisa dibayangkan jika jatup jantung bocor? Ya, kedua jenis darah tersebut akan bercampur dan otomatis kesehatan pun akan terganggu dengan cepat karena bisa jadi darah yang diedarkan pada seluruh tubuh sudah tercampur dengan darah yang kotor.

Selain jantung, masih ada organ tubuh lainnya yang memiliki fungsi penting juga di dalam tubuh manusia yaitu :

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Mengingat sangat pentingnya fungsi katup jantung ini, maka sebaiknya anda menjaga kesehatannya dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa membuat jantung anda lebih sehat diantaranya adalah

  • Dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Gaya hidup sehat yang bisa anda lakukan salah satunya adalah dengan melakukan olahraga rutin supaya kinerja jantung tetap teratur dan juga rutinlah mengkonsumsi yang rendah lemak namun kaya akan nutrisi.
  • Jika anda memiliki riwayat keluarga dengan kelainan katup jantung sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter karena akan sangat mungkin jika anda juga mengalaminya.
  • Pada pemeriksaa awal mungkin anda akan pergi ke dokter umum namun setelah menemukan indikasi anda akan dirujuk pada dokter spesialis jantung. Pemeriksaan dini sangat penting dilakukan supaya dapat dilakukan pencegahan lebih cepat dan anda bisa mengurangi parahnya penyakit jantung yang anda miliki.

Saat ini sudah ada berbagai metode pengobatan pada kelainan katup jantung dengan melakukan prosedur operasi. Operasi yang dilakukan bisa menggunakan penggantian atau dengan perbaikan katup jantung. Untuk penggantian katup jantung ini bisa menggunakan donor dari manusia atau dari binatang seperti sapi, babi atau bahkan menggunakan katup jantung mekanik buatan.

Penggantian ini kerap kali tidak bisa dilakukan sekali saja namun memerlukan pemeriksaan rutin dan jika terjadi indikasi gangguan lagi maka harus dilakukan prosedur penggantian katup jantung lagi. Biaya pengobatan ini mungkin tdak sedikit dan memerlukan tindakan cepat sehingga banyak dokter yang mengharuskan pasiennya memiliki asuransi terlebih dahulu supaya terjamin dan juga tidak menyusahkan pasien.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!