Sponsors Link

Hormon Alopsia Areata dan Penjelasannya

Alopecia aerate merupakan suatu penyakit autoimun. Sistem imun secara normal dapat membedakan manakah yang merupakan sel-sel tubuh sendiri dan manakah yang merupakan benda asing. Tetapi dalam kasus penyakit autoium untuk sistem imun ”salah sangka” terhadap tubuh kita. sistem imun secara langsung dapat menyerang folikel rambut, jika anda memiliki alopecia aerata.

Struktur di mana rambut akan tumbuh yaitu folikel rambut. Dan terjadinya kehilangan rambut di sebabkan karena folikel akan menjadi semakin lebih kecil dan berhenti memproduksi rambut.

Dan untuk penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui, karena peneliti tidak mengetahui apakah pemicu system imun untuk menyerang folikel rambut.

Kondisi seperti ini lebih sering menyerang kepada orang yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit autoimun, misalnya seperti lupus, rheumatoid arthritis, psoriasis, dan diabetes tipe 1. Dalam penyakit alopecia aerata kondisi seperti ini dapat menyebabkan para ahli dapat menyimpulkan bahwa genetic memainkan perannya.

Untuk memicu alopecia aerate pada orang-orang yang secara genetic memiliki predisposisi terhadap penyakit ini, para ahli juga percaya bahwa faktor lingkungan juga dibutuhkan. hormon alopesia androgenik bisa menjadi informasi tambahan.

Diagnosa Alopecia Aerata

Untuk menentukan apakah anda benar-benar terkena alopecia aerate, dokter akan meninjau kembali gejala anda. Hanya dengan melihat tingkat kerontokan rambut anda dan juga dengan memeriksa beberapa sampel rambut di bawah mikroskop, dokater dapat mendiagnosis alopecia aerata.

Untuk menyingkirkan kondisi lain yang menyebabkan rambut menjadi rontok, dan juga termasuk infeksi jamur, seperti tinea capitis, dokter anda juga mungkin akan melakukan biopsy kulit kepala.Dokter anda akan mengeluarkan sedikit kulit dari kulit kepala anda untuk dilakukan analisis di laboratorium, selama biopsy kulit kepala.

Jika kondisi autoimun lainnya di curigai, tes darah bisa dilakukan. Tes darah yang spesifik yang di lakukan tergantung terhadap gangguan tertentu yang di curigai oleh dokter anda. Jika autoantibodi di temukan di darah anda, biasanya berarti anda memiliki kelainan autoimun, dan dokter anda kemungkinan akan menguji adanya satu atau lebih antibodi abnormal.

Untuk tes darah yang lain yang disa di lakukan untuk membantu menyingkirkan kondisi lain sebagai berikut:

  • Kadar zat besi
  • C-reaktif protein dan laju sedimentasi eritrosit
  • Hormon tiroid
  • Uji antibodi antinuclear
  • Hormon stimulating folikel dan luteinizing
  • Kadar testoteron total dan bebas

Untuk mengobati alopecia aerata, tidak ada obat pasti, Tetapi untuk kondisinya dapat diobati. Untuk pengobatan tersebut mungkin dapat menghentikan kerontokan rambut anda di masa depan, dan juga dapat membantu rambut untuk tumbuh kembali dengan lebih cepat.

Perawatan Medis Alopecia Aerata

Untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut, anda bisa menggosokkan beberapa obat tertentu seperti minoxidil (rogaine) ke kulit kepala. Untuk terapi umum yang lainnya termasuk suntikan steroid atau krim kortikosteroid dan juga salep.

Untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, dalam beberapa kasus fotokemoterapi dapat digunakan. Fotokemoterapi yaitu suatu jenis pengobatan radiasi yang menggunakan kombinasi obat oral (obat minum) dan juga sinar ultraviolet.

Terapi Alternatif Alopecia Aerata

Untuk mengobati kondisi mereka, beberapa orang dengan alopecia aerata memilih terapi alternatif. Terapi alternatif meliputi:

  • Akupunktur
  • Aromaterapi
  • Vitamin
  • Suplemen herbal

Terapi alternatif sebagian besar belum diuji coba dalam uji klinis, sehingga untuk efektivitasnya dalam mengobati rambut rontok tidak di ketahui.

Untuk membantu meminimalkan ketidaknyamanan, ada juga beberapa langkah yang mungkin dilakukan, sebagai berikut:

  • Untuk melindungi mata dari sinar matahari dan juga debu jika bulu mata terjatuh, anda dapat memakai kacamata hitam
  • Untuk melindungi daerah yang terpapar dari sengatan sinar matahari, gunakanlah tabir surya
  • Untuk melindungi kulit kepala, gunakan wig, topi atau syal

Untuk orang ke orang, keefektifan setiap terapi akan bervariasi. Karena rambut mereka dapat tumbuh kembali dengan sendirinya, beberapa orang bahkan tidak memerlukan perawatan. Meski mencoba setiap pilihan pengobatan, dalam kasus lain, orang tidak pernah mengalami perbaikan.


Untuk melihat perbedaannya, anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu perawatan. Dan yang perlu anda ingat, bahwa pertumbuhan kembali rambut hanya sementara, dan mungkin rambutnya tumbuh kembali dan kemudian dapat rontok lagi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!