Sponsors Link

Hormon Prostaglandin

Sama seperti tumbuhan atau hewan yang lainnya, tubuh kita juga mempunyai berbagai jenis hormon yang mempunyai fungsi berbeda beda satu dengan yang lainnya seperti hormon penyebab asa sesak saat seseorang sedih. Namun meski demikian hormon tersebut tentunya mempuyai tujuan yang sama dalam tubuh kita,

yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Salah satu jenis hormon yang dimaksud adalah seperti hormon prostaglandin yang berhubungan dengan hormon penyebab kumis pada wanita.  Apakah sobat semua sudah pernah mendengar hormon yang satu ini sobat? Memang agak terdengar agak asing, namun Hormon Prostaglandin ini memiliki peranan yag cukup penting dalam tubuh kita.

  • Apa Itu Hormon Prostaglandin ?

Adapun hormone prostaglandin ini berbeda dengan hormone yang lainnya seperti hormon vesopresin. Dikatakan demikian karena hormon yang satu ini tidak diproduksi dalam tubuh kita setiap waktu sama saperti hormon yang lainnya pada umumnya, namun hormon ini

hanya akan diproduksi pada saat tubuh kita membutuhkannya. Hormon prostaglandin ini sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh lemak dalam tubuh yang dibutuhkan untuk proses kontraksi serta relaksasi otot polos. 

Hormon prostaglandin ini erat sekali hubungannya dengan sisitem reproduksi wanita terutama pada wanita yang sedang menstruasi dan juga pada waktu hamil.  Hormon prostaglandin ini akan diproduksi oleh tubuh sepanjang adanya siklus menstruasi. Semenatra dalam hal sistem reproduksi,

hormon  prostaglandin berperan untuk merangsang otot rahim pada saat akan berkontraksi untuk membantu pengelauran darah pada saat menstruasi tersebut. Sobat semua tentunya sering merasa nyeri pada saat anda haid, nah inilah yang menjadi penyebabnya, karena produksi hormon prostaglandin tersebut diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang sangat tinggi.

  • Apa Fungsi Hormone Prostaglandin Tersebut ?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon prostaglandin tersebut secara umum, antara lain :

  1. Sebagai hormon yang berfungsi untuk proses penyembuhan. Pada saat anda mengalmai cedera dan anda mengalami luka, maka hormon prostaglandin ini akan mendukung proses penyembuhan luka tersebut bersama denagn zat lain yang terdapat dalam tubuh.
  2. Sebagai hormon yang berperan untuk mendukung proses pembuahan. Pembuahan tidak akan terjadi pada saat sperma tidak mencapi ovarium. Salah saut faktor penting untuk membaut sperma tersebut sampai ke ovarium adalah dengan adanya hormon prostaglandin ini.
  3. Sebagai hormon yang berfungi untuk sistem reproduksi. Pada saat seseorang sedang mensturasi maka hormon prostaglandin ini akan diproduksi untu merangsang rahim berkontaksi, sehingga darah pun bisa kelaur seperti yag seharusnya. Selain itu, hormon ini juga akan mengontrol darah yang keluar pada saat seseorang sedang melahirkan.
  • Bagaimana Cara Kerja Hormon Prostaglandin Tersebut ?

Adapun cara kerja hormon prostaglandin tersebut antara lain :


  1. Saat adanya jaringan tubuh yang rusak atau terinfeksi, maka prostaglandin dan bersamaan dengan berbagia zat dan hormon yang lainnya akan mendikung proses penyembuhan luka  tersebut yang ditandai dengan adanya rasa sakit dan pembengkakan pada sekitar luka.
  2. Ketika terjadi pendarahan, maka hormon prostaglandin ini akan menstimulasi pembekuan darah dan juga kontraski pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan tersebyut.

Peranan hormon prostaglandin ini sangatlah penting untuk tubuh. Oleh karena itulah kita harus menjaga kesehatan tubuh agar tubuh kita tidak kekurangan hormon yang satu ini.  Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan bahasan yang lebih menarik lainnya. Salam sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia