Sponsors Link

Hormon Penyebab Rasa Sesak Saat Seseorang Sedih

Setiap insan dimuka bumi ini tentunya dan pastinya menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya agar jauh dari yang terjadi pada tubuh saat patah hati. Anda pun tentunya sama ya sobat. Iya, perasaan bahagia ini bisa membua kita merasa berharga dan bisa menikati hidup kita lebih dengan bermakna. Selain itu, rasa bahagia yang ada dalam hati kita juga tentunya

akan berpengaruh secara langsung terhadap semua aktivitas yang sedang kita lakukan setiap harinya seperti sebab alergi pada tubuh manusia, dan tentunya akan berpengaruh pada hasil kerjaan itu sendiri. Namun sobat, pada saat rasa bahagia itu sirna, karena adanya rasa kesedihan dalam hati kita, maka kita harus tetap bisa melewatinya untuk menyelesaikannya dan meraih kebahagiaan itu sendiri.

Jika kita berbicara mengenai rasa sedih tersebut sobat, tetunya tidak ada diantara kita yang menginginkannya dan menolak efek hormon stres pada metabolisme lemak, namun jika hal tersebut terjadi kita harus tetap semangat melewatinya. Pada saat ada merasa sedih sobat, sering kali kita merasakan sesak di dada yang rasanya kita tidak bisa membedungnya. 

Perasaan dan emosi yang muncul pada diri anda tidak terjadi begitu saja, namun hal tersebut dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada dalam tubuh kita. Reaksi inilah yang nantinya akan bertanggung jawab  terhadap perasaan tersebut, baik itu perasaan negatif ataupun positif.  Dan salah satu dari respon perasaana negatif tersebut adalah perasaan sedih yang sering kita rasakan sampai sampai kita merasakan sesak pada dada.

Rasa sesak pada dada tersebut juga ada kaitannya dengan hormon yang ada pada tubuh kita. Lantas apa saja Hormon Penyebab Rasa Sesak Saat Seseorang Sedih ? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot.

  • Kortisol

Hormon kortisol yang dikirimkan ke epinephrine ini adalah hormon yang mennimbulkan reaksi perlawanan diri yang seolah melarikan diri. Untuk itulah pada saat terjadi keadaan yang mencekam, maka kortisol ini akan muncul untuk memicu otot untuk pergi dari suasana tersebut.

Hal ini akan secara otomatis terjadi pada saat  tubuh seseorang merasa terancam oleh karena rasa sedih ynang menimpanya yang tak jarang membaut fisiknya menjadi sakit. Oleh karena itu sobat, pada saat anda merasa sesak di dada oleh karena rasa sedih tersebut, maka hal itu dikarenakan peran hormon kortisol tersebut.

  • Opioid

Hormon opiod ini merupakan salah satu reseptor yang berperan membuat dada anda terasa sesak pada saat ada merasa tertekan atau merasa sedih yang tak bisa anda hiraukan begitu saja. Rasa sesak di dada tersebut muncul oleh karena anda terlalu memikirkan hal yang membuat anda tertekan atau sedih dan tidak begitu fokus pad acara penyelesaiannya,

namun kesanggupa seseorang akan hal ini tentunya berbeda satu dengan yang lainnya tergantung pada sikap, mental dan juga kesiapan seseorag tersebut. Pada saat anda merasa sedih, maka hormon opinoid ini akan mengalami penurunan sehingga akan timbul rasa yang tidak nyaman seperti dada yang terasa sesak tersebut.


Rasa sakit yang disebabkan oleh opinoid tersebut akan diubah menjadi aktivitas sistem saraf yang pada akhirnya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman yang begitu dalam sehingga menyebabkan dada anda akan terasa sesak dan ingin berteriak untuk melepaskan rasa sesak tersebut.

Setiap manusia memang memiliki masalah dan kesedihan dalam hidupnya tersendiri. Namun yang perlu kita lakukan adalah kesiapan kita untuk menerima serta mencari solusinya itu adalah hal yang paling penting untuk kita perhatikan. Semoga bermanfaat, salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia