Sponsors Link

Dampak Pemanasan Global pada Tumbuhan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tentunya  pemanasan global merupakn hal yang sudah sering kita dengar dan kita bahas sebagaimana dampak pemanasan global pada tubuh manusia.  Permasalahan pemanasan global ( global warming ) tersebut sedikit banyak memberikan pengaruh atau dampak yang negatif pada semua aspek dalam kehidupan setiap makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini.

Salah satu point penting pada saat membahas pemanasan global tersebut adalah seperti lapisan ozon yang semakin menipis yang mengkibatkan suhu semakin meningkat alias panas sehingga timbul tipe patahan biologis tanah penyebab gempa. Namun sebenarnya sobat pemanasan global ini sudah terjadi sejak awal mula

bumi ini ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan dan juga dihuni oleh manusia dan makhluk hidup yang lainnya. Adapun peningkatan suhu tersebut mengakibatkan es yang terdapat di kutub menjadi mencair sehingga berpengaruh pada cara pinguin berkembang biak, yang mana pada awalnya bumi ini ditutupi oleh lapisan es namun mulai terlihat  daratan yang sebenarya.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai pemanasan global tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

  • Apa Itu Pemanasan Global

Adapun yang dimaksud dengan pemanasan global tersebut merupakan kondisi peningkatan suhu rata rata permukaan bumi yan diakibatkan oleh konsentrasi gas rumah kaca yang berlebihan. Hal ini akan menyebabka penurunan kehidupan kualitas hidup manusia. 

Pemanasan global tersebut juga tidak akan terlepas dari fenomena pencemaran udara di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan peningkatan karbndioksida dan gas rumah kaca lainnya yang dikeluarkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan, pertanian dan juga aktivitas hidup yang lainnya yang diyakini sebagai sumber utama dari  pemanasan global yang terjadi tersebut.

  • Apa Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global tersebut bisa terjadi oleh berbagai hal, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Emisi gas rumah kaca dan juga bahan abkar fosil kaca. Bahan bakr fosil tersebut juga menjadi penyebab terjadinya pencemaran tanah. Sebut saja seperti penumpukan minyak dalam tanah.
  2. Gas metana. Gas metana ini merupakan penyebab kedua terutama pada usaha peternakan. Peternakan sapi menghasilkan lebih banyak metana dibandingan dengan industri minyak.
  3. Perubahan iklim global. Hal ini tentunya memberikan banyak dampak terhadap lingkungan. Gletser akan mencair, es di sungai dan danau pun akan denagn cepat mencair dari periode yang sebelummnya.

Apa Dampak Pemanasan Global pada Tumbuhan Secara Biologi ? Berikut ini adalah beberapa dampak pemanasan global tersebut pada tumbuhan secara biologi. Antara lain  :

  • Mengganggu Proses Fotosintesis

Pada saat tumbuhan melakukan fotosintesis, tentunya hal ini akan berkatian dengan suhu atau iklim di daerah sekiatr tumbuhan tersebut. Pada saat proses fotosintesis tersebut sendag berlangsung, namun oleh karena adanya perubahan

cuaca yang tidak menentu oleh karena pemanasan global tersebut, maka bisa kita pastikan proses fotosintesis tersebut akan terhalang. Jika banyak tumbuhan khususnya pohon mengalami hal ini, tentunya akan berdampak buruk pada lingkungan kita.


  • Berkurangnya Habitat Terumbu Karang

Bukan hanya tumbuhan yang ada pada dalam bumi saja yang ikut merasakan dampak dari pemanasan global tersebut, namun tentunya pada tumbuhan yang ada di laut. Oleh karena perubahan iklim dan suhu tersebut, maka akan berdampak pada pertumbuhan terumbu karang tersebut.

Sekian sobat ulasan yang bisa penulis share untuk anda pada postinagn kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa diulasan selanjutnya. Salam hangat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan