Sponsors Link

Hormon yang Berperan Dalam Sistem Ekskresi Manusia

Jika kita berbicara mengenai kesehatan dalam tubuh kita, tentunya kesehatan tersebut tidaklah terlepas dari bantuan hormon yang ada dalam tubuh kita. Hormon ini merupakan senyawa protein yang dieksrsikan oleh kelenjar buntu ( endokrin ) kedaalam cairan tubuh ( darah ).

Hormon itu sendiri dihasilkan oleh sel –  sel kelenjar yang terdapat dibeberapa babgian di dalam tubuh kita.  Hormon tersebut juga disebut dengan sistem endokrin yang disebut dengan kelenjar buntu. Dikatakan kelenjar buntu karena memang kelenjar yang satu ini tidak memiliki saluran pengeluarannya. Oleh karena itu, pengangkut hormon akan dibawa oleh peredaran darah.  Dimana hormon akan membawa pesan –  pesan yang akan mempengaruhi sel target ( sel yang dituju ) pada saat tubuh kita melakukan metabolisme.

Berbicara mengenai hormon tersebut sobat, tentunya ada begitu banyak jenisnya dalam tubuh kita dan tentunya memiliki nama  dan fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Salah satu hormon tersebut adalah hormon yang berperan dalam sistem ekresi manusia. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Organ Ekskresi Manusia

Di dalam tubuh kita ini sobat, terdapat beberapa organ yang disebut sebagai organ ekresi. Organ ekresi tersebut adalah organ yang berperan penting untuk membuang zat sisa hasil metabolisme dalam tubuh. Apabial ada gangguan pada organ ekresi tersebut, maka tentunya sistem metabilisme dalam tubuh kita juga akan terganggu.

Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa hasil pembongkaran zat makananan , misanya seperti karbondioksida ( CO2 ) , air ( HO2 ) , Amonia ( NH3 ) urea dan juga zat empedu. Nah sobat, sisa metabolisme tersebut adalah zat yang tidak berguna alias “ sampah “ dalam tubuh, sehingga harus dibuang dari dalam tubuh kita.

Adapun beberapa organ pada sistem ekresi pada tubuh kita antara lain adalah sebagai berikut :

  • Paru – paru
  • Hati
  • Ginjal
  • Kulit

Itulah beberapa oragn pada sistem ekresi pada tubuh kita. Nah sobat pada saat oragn –  organ ekresi tersebut bekerja, mereka tidak terlepas dari dukungan beberapa hormon yang terdapat pada sistem ekresi manusia tersebut. Adapun hormon yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Hormon Melatonil

Hormon yang satu ini adalah hormon yang terdapat pada kelenjar pineal. Kelenjar pineal ini sendiri disusun atas sekumpulan masaa atau jaringan kecil dipusat otak.  Nah sobat kenjar pineal inilah yang mensekresikan hormon melantonil pada tubuh manusia. Hormon melantonil itu sendiri berfungsi untuk, antara lain sebagai berikut :

  • Mempengaruhi pigmentasi ( warna ) pada kulit
  • Mengatur jam biologi pada kulit

2. Hormon Kortisol

Yang kedua adalah hormon kortisol. Hormon kortisol ini adalah hormon yang dihasillan oleh ginjal manusia. Adapun funsgi dari hormoj kortisol ini adalah untuk meningkatkan kadar glukosa dalam darah dengan cara mengatur reabsorpsi glukosa dan juga urin primer. Jika berhubungan dengan darah dan urin, tentunya akan berhubungan juga dengan ginjal ya sobat, yang konon juga sebagai salah satu organ eksresi pada tubuh manusia.

3. Hormon Aldosteron

Yang ketiga adalah hormon aldesteron. Hormon yang satu ini juga merupakan salah satu hormon yang dihasilkan oleh ginjal.  Adapun fungsi dari hormon ini adalah untuk merangsang regulasi  ( pengaturan  ) kadar air dan juga mineral di dalam darah. Jika berhubungan dengan darah, tentunya juga akan berhubungan dengan alat ekskresi ginjal.


Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua ya sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia