Sponsors Link

Jantung : Bagian Bagian, Cara Kerja dan Fungsinya

Masih membahas seputar komponen atau organ tubuh manusia ya sobat.  Agak berbeda dengan pembahasan dalam artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu komponen atau organ tubuh yang sangat vital atau penting peranannya dalam tubuh kita sobat, yaitu jantung. Nah sobat semua, jika mendengar jantung tentunya sobat semua sudah paham ya karena memang komponen atau organ tubuh yang satu ini salah satu organ yang cukup memiliki peranan penting dalam kesehatan kita. Setuju ya sobat.

Seperti yang sudah penulis utarakan diatas, jantung merupakan bagian paling vital bagi kehidupan semua mahluk, dan tentunya juga manusia. semua mahluk hidup di dunia ini tentunya memiliki jantung, kecuali tumbuhan. Untuk itulah peranan jantung ini sangatlah dibutuhkan oleh semua mahluk hidup yang memilkinya, karena tanpa adanya jantung ini otak atau bahkan keseluruhan dalam tubuh kita tidak akan dapat berfungsi.  Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya mengenai jantung tersebut untuk anda.

Bagian –   Bagian Jantung

Ada beberapa bagian jantung, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Vena Pulmonalis

Bagian yang pertama adalah vena pulmonalis. Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk khusus membawa darah bersih dan kaya akan oksigen dari paru –  paru menuju jantung.

  • Katup Trikuspid

Yang kedua adalah katup trikuspid. Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai daun –   daun atau katup yang terbuka apabila sistole jantung sedang mengalami kontraksi, dan dapat menutup kembali pada saat kontraksi sudah berakhir.

  • Vena Kava Superior

Yang ketiga adalah vena kappa superior. Bagian ini merupakan bagian dari jantung yang berfungsi untuk membawa kembali darah yang kaya akan oksigen dari seluruh tubuh kebagian atas jantung.

  • Atrium

Yang keempat adalah atrium. Bagian ini terdiri atas dua bagian, yaitu atrium kiri dan atrium kanan. Atrium kiri berfungsi untuk menerima darah dari paru –  paru ke jantung. Sedangakan atrium kanan berfungsi untuk menerima darah dari seluruh tubuh dan membawanya kembali ke vertrikel kanan.

  • Ventrikel

Yang kelima adalah ventrikel. Bagian  ini memiliki dua bilik yaitu bulik kiri dan bilik kanan. Adapun fungsi bilik kiri adalah sebagai bilik yang menerima smeua darah dari ventrike kiri dan membawanya keseluruh tubuh bagian kiri, sedangkan bilik kanan merupakan bilik yang menerima semua darah dari  ventrikel kanan dan membawanya keseluruh tubuh bagian kanan.

  • Katup Aorta

Yang keenam adalah aorta. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengontrol atau mengendalikan darah agar seluruh aktifitas darah untuk tidak mengalir kearah yang salah.

  • Aorta

Yang ketujuh adalah aorta. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengtransfer atau mengirim darah dari ventrikel kiri keseluruh tubuh.

Cara Kerja Jantung

Jantung merupakan sebuah  rongga yang digerkkan oleh sebuah otot, otot tersebutlah yang disebut dengan jantung. Otot jantung tersebut bekerja untuk memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang secara terus menerus tanpa henti.


Fungsi Jantung

Adapun fungsi jantung antara lain:

  • Memompa darah keseluruh tubuh
  • Melakukan perekaman keseluruhan aktivitas listrik pada jantung
  • Menerima darah beroksigen dari paru paru
  • Membantu membuang limbah sisa metabolisme tubuh

Oke sobat sekian informasi mengenai jantung yang bisa penulis utarakan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis, salam jantung sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!