Sponsors Link

Kornea : Bagian Bagian dan Fungsinya

Masih membahas seputar komponen atau organ dalam tubuh kita yang sangat memiliki peran penting dalam tubuh kita ya sobat secara keseluruhan. Karena apabila tidak ada organ yang satu ini, maka bisa dipastikan kita tidak akan bisa melihat indahnya dunia ini. Adapun organ atau komponen yang dimaksud adalah “ mata “. Setuju ya sobat !

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama mata ini memang memiliki peranan yang cukup penitng dan tergolong organ yang vital yang harus kita jaga dan kita rawat, karena organ yang satu ini merupakan asset mahal yang mungkin saja tidak bisa kita temukan atau gantikan dengan barang apapun di dunia ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mata kita memiliki beberapa bagian atau organ yang juga tentunya memiliki fungsi atau peranan yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya. Salah satu organ atau bagian yang dimaksd adalah kornea mata. Nah sobat semua tentunya kornea mata ini sudah bukan hal yang awam atau asing lagi buat anda ya sobat. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai “ kornea “ mata tersebut secara detail. Yuk sobat, langusng saja kita simak ulasana berikut ini dengan seksama.

Adapun kornea mata merupakan bagian atau organ dalam mata yang menutupi bagian terluar mata dan berbentuk seperti kubah.  Kornea ini merupakan bagian bening yang bersifat tembus pandang dan terletak dilapisan terluar mata. Apabila anda melihat mata seseorang aka nada bola hitam dan wran abu – abu atau warna coklat disekitarnya, nah kornea inilah yang bertugas untuk melapisi baian tersebut dari gangguan dari luar mata yang mungkin saja terjadi.

Bagian – Bagian Kornea Mata

Adapun bagian – bagian dari korena mata adalah sebagai berikut :

  • Ephitelium
  • Bowmans layers
  • Stroma
  • Descements membrane , dan
  • Endhotelium

Fungsi Kornea Mata

Adapun yang menjadi fungsi kornea mata adalah sebagai berikut :

  • Sebagai bagian mata yang berfungsi untuk menerima cahaya dari luar mata
  • Sebagai bagian mata yang berfungsi untuk membiaskan cahaya saat cahaya akan masuk ke mata kita. Atau ke sel – sel penerima cahaa tersebut di dalam mata kita
  • Sebagai bagian mata yang berfungsi untuk melapisi atau melindungi bagian dalam mata

Adapun kornea mata ini tidak memiliki pembuluh darah. Karena tidak memiliki pembuluh darah yang berfunsgi untuk menghantarkan nutrisi, maka kornea ini mendapatkan nutrisi dari air mata dan aqueus humor. Nah sobat semua, jadi apabila anda menangis dan mengeluarkan air mata, sesungguhnya anda sedang memberikan atau menghantarkan nutrisi ke pada kornea ini ya sobat.

Karena memang kornea ini tidak memiliki pembuluh darah sebagai penghantar nutrisi untuk menjaga kesehatan dan keberlangsungan sistem pada kornea mata tersebut. Anda harus benar – benar menjaga kesehatan kornea mata anda ya sobat. Jangan sembarangan menggunakan lensa kontak, yang mana lensa kontak bisa saja menimbulkan infeksi atau virus yang bisa membuat mata anda mengalami peradangan.


Nah sobat semua, begitu penting ya bagian atau komponen kornea yang satu ini, untuk itu sudah selaknya kita menjaganya dengan sebaik mungkin. Sekian pembahasan mengenai kornea mata yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia