Sponsors Link

Retina : Bagian Bagian dan Fungsinya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu dan senatiasa memberikan ulasan – ulasan yang menarik serta bisa menambah informasi serta wawasan buat sobat semua. Penulis juga berharap sobat tidak jemu –  jemu untuk mengajak orang disekitar anda untuk ikut mempunyai kebiasaaan membaca ya sobat, karena dengan membaca kita akan banyak tau dan semakin banyak tau. Setuju ya sobat. Dan bahkan sobat seperti yang sudah kita ketahui bersama dengan membaca kita bisa melihat indahnya dunia. Wah luar biasa ya sobat, untuk itu sebaiknya kita tetap semangat untuk membaca.

Oke sabat semua, pada kesempatan kali ini tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, kita masih akan membahasa menegnai organ atau bagian penyusun mata kita yang nantinya membentuka satu organ atau satu komponen dalam tubuh kita yang memiliki fungsi yang sangat luar biasa. Jika berbicara mengenai mata, sudah barang tentu kita tahu bahwasanya organ yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting dan vital bagi tubuh kita. Setuju ya sobat.

Adapun mata itu sendiri terdiri atas beberapa bagian yang mana setiap bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai “ retina “ mata saja ya sobat. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Retina mata merupakan lapisan paling dalam dari bola mata. Retina ini sendiri ada;ah lapisan yang sangat tipis dan sangat peka terhadap cahaya. Posisinya berada di dinding paling dalam yang berfungsi untuk menangkap bayangan benda. Retina ini mempunyai reseptor cahaya yang bernama sel batang ( basilus ) dan sel kerucut ( konus ). Namun bagian belakang retina tersebtu tidka memilikinya, sehingga ketiak ada baynagan benda yang jatuh pada titik itu kita tidak dapat melihatnya , dan bagian ini biasa disebut dengan titik buta.

Bagian –  Bagian Retina Mata

Adapun bagian –  bagian dari retina mata adalah sebagai berikut :

  • Sel batang ( basilus )
  • Sel kerucut ( konus )

Adapun kedua bagian ini berfungsi untuk mengubah energi cahaya menjadi sinyal listrik yang berjalan di sepanjang serabut syaraf.

Fungsi Retina Mata

Adapun fungsi dari retina maa adalah sebagai berikut :

  • Sebagai organ dalam mata yang berfungsi untuk menerima rangsangan cahaya dan tempat jatuhnya bayangan benda
  • Setelah rangsangan cahaya tersebut diterima, kemudian organ ini akan mengirimkan rangsamgan tersebut ke sistem syaraf yang kemudian informasi yang diterima karena dikirimkan kembali ke otak untuk di olah di sistem saraf otak, kemudian diterjemahkan dalam bentuk gambar agar kita bisa melihatnya.

Karena berperan penting dalam menangkap cahaya, keberadaan retina ini sangatlah penting dan vital bagi penglihatan manusia.  Apabila ada masalah dalam retina ini maka bisa dipastikan mata anda juga nantinya secara keseluruhan akan mengalami masalah ya sobat. Untuk itulah menjaga dan merawat kesehatan mata secara keseluruhan adalah suatu kewajiban bagi kita.


Sekian penjelasan dan penjabaran mengenai retina mata yang bisa penulis utarakan dalam kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!