Sponsors Link

Kapsul Sendi : Penjelasan dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai tulang sudah pasti hal tersebut tidaklah jauh dari persendian dan juga otot yang terdapt dalam tubuh kita. Setuju ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, susunan tulang manusia merupakan jaringan yang kuat dan tangguh yang ada dalam tubuh kita yang memberi bentuk pada tubuh kita juga tentunya.

Selain itu sobat, tulang penyusun rangka manusia ini juga mempunyai fungsi sebagai pengatur sistem gerak dalam tubuh manusia yang didukung oleh adanya otot, serta persendian di dalamnya untuk mendukung fungsi atau pun kinerja dari tulang tersebut secara keseluruhan.

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya tentang tulang rawan sendi, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai biologi. Namun yang menjadi topik pembahasan atau materi pada kesempatan kali ini adalah mengenai kapsul sendi.

Nah mungkin bagi sobat semua masih terdengar agak kurang familiar ya sobat mengenai kapsul sendi ini, jika demikian ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan membahasnya secara lengkap. Yuk sobat mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Titik dimana ada dua tulang atau lebih bertemu disebur sebagai sendi atau artikulasi. persendian pada manusia ini bertanggung jawab akan fungsinya yaitu sebagai pengatur gerakan ( seperti gerkaan anggota badan ) dan stabilitas ( misalnya pada tulang tengkorak ). Nah di dalam sendi tersebut sobat, tentunya ada bagian yang mendukungnya untuk melakuakn semua tugas dan tanggung jawabnya dalam tubuh kita, yaitu diberi nama kapsul sendi.

Adapun yang dimaksud dengan kapsul sendi tersebut adalah sturktur tipis namun kuat yang terdapat di dalam sendi yang berperan untuk menahan ligament yang terdapat dalam sendi tersebut. Kapsul itu sendiri berasal dari bahasa Latin , yaitu “ kapsa” yang berarti “ kotak “ .

Namun secara harfiah kapsul tersebut merujuk pada bentuk atau struktur yang menyelubungi atau mewadahi. Nah karena disebut sebagai mewadahi, itulah yang mengakibatkan munculnya kapsul sendi tersebut. Nah sobat semua adapun beberapa fungsi dari kapsul sendi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai piranti yang mempunyai fungsi sebagai penghubung ujung tulang agar tulang dapat lebih stabil.
  • Sebagai piranti yang mempunyai fungsi untuk melapisi sendi sehingga sendi tidak akan kaku namun mudah untuk digerakkan.
  • Sebagai piranti yang mempunyai fungsi untuk melancarakan pergerakan dari bagian persendian.
  • Sebagai piranti yang mempunyai fungsi untuk melapisi bagian rongga sendi.

Hanya sebagai tambahan informasi aja nih sobat, ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengklasifikasikan sendi tersebut, atas dasar struktur atau bisa juga dengan atas dasar dari fungsi sendi tersebut.  Klasifikasi struktural dari sendi tersebut membagi sendi menjadi beberapa bagian, yakni sendi berserat, tulang rawan, dan juga sendi sinovial, tergantung dari faktor penyusunan sendi tersebut, serta ada atau tidaknya rongga pada sendi tersebut.

Melihat begitu banyak fungsi yang dilakukan oleh kapsul sendi, sudah menjadi kewajiban anda untuk merawatnya dengan mengikuti gaya hidup sehat ya sobat. Tanpa adanya kapsul sendi ini, aktivitas tubuh anda tidak akan berjalan lancar dan juga baik. Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan, fungsi sendi serta kapsul sendi tersebut dalam tubuh kita, untuk itu menjadi suatu hal yang wajib buat kita semua untuk menjaga kesehatan sendi dan juga kapsul sendi tersebut ya sobat.


Sekian informasi yang bisa penulis bagikan buat sobat semua. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke artikel ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan pembahsan yang tentunya tidak kalah menarik dari artikel sebelumnya. Semoga membawa banyak manfaat. Salam hangat selalu dari penulis sobat, semangat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia