Sponsors Link

Keajaiban dan Keunikan Organ Tubuh Manusia

Organ tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia seperti ritme jantung manusia. Organ tubuh manusia tersusun atas sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem organ merupakan bagian yang menyusun tubuh manusia. Sistem ini terdiri atas berbagai jenis organ, yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Sistem organ memiliki struktur dan fungsi yang khas. Masing masing sistem organ saling tergantung satu sama lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Siapa yang mengenal dirinya maka ia akan menemukan siapa Tuhannya. Itu sebuah semboyan Nabi yang seolah memerintahkan kita untuk mengenali betapa berharganya tubuh kita ini. Organ tubuh manusia jika diteliti maka memiliki keunikan serta keajaiban yang dapat mendorong kita untuk bisa bersyukur kepada Sang Pencipta.

Tubuh  adalah raga, fisik seperti yang bisa kita lihat sebagai badan berotot, berdaging, bertulang, berdarah, punya susunan syaraf dan sebagainya, dalam bentuk susunan struktur biologis.Oleh sebab itu marilah kita kenali keajaiban organ tubuh manusia yang kita miliki. Diantara sekian banyak keunikan maka inilah  10 Keajaiban Organ Tubuh Manusia :

  • Denyut aliran Impuls saraf dari saraf organ badan menuju ke saraf di dalam otak yakni peptida natriuretik otak memiliki kecepatan sampai 400km/jam
  • Jantung manusia dalam satu hari menghabiskan tenaga yang besarnya cukup untuk mengangkat beban seberat hampir 1 ton ke ketinggian 13 meter. Sebagai contoh, otot jantung jantung manusia yang telah berumur 50 tahun telah melakukan kerja yang sama dengan mengangkat beban 18.000 ton ke ketinggian 230 km atau boleh dikatakan berat itu sendiri beberapa kali lebih berat berbanding muatan terberat yang pernah ditempatkan di orbit bumi,
  • Manusia ketika melakukan aktivititas hubungan badan, tenaga elektrik pasangan tersebut jika ditukar dapat membangkitkan tenaga tidak kurang dari 3.000 watt yang cukup untuk menyalakan TV, lemari es, Air Conditioner dan barang elektronik yang lain.
  • Rambut manusia setiap hari hilang sekitar 45-60 helai rambut, tapi karena manusia memiliki 125.000 helai rambut baru setiap hari manusia tidak menyadari hal tersebut.
  • Otak manusia memiliki 10 milyar sel saraf, yang mempunyai kemampuan merekam lebih dari 86 juta bite (lebih kurang 11juta huruf) / perhari atau jika dikalkulasikan memori manusia selama hidupnya mencapai 100 triliun bite (sekitar 12,5 triliun huruf).
  • Manusia dalam keadaan terbaring / terlentang akan menghirup udara sekitar 8 quart (1 quart = 0,9463 Liter) tiap menit. Jika manusia tersebut bangun dari terlentang (sit-up) = 16 quart, berjalan 24 quart, sedangkan manusia saat berlari menghirup udara 50 quart. Betapa banyak udara yang telah manusia hirup tanpa tabung gas oksigen, manusia cukup menikmatinya dengan gratis.
  • Otak manusia setiap detik memproses kira-kira 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

  • Rangkaian saraf otak manusia yang kini baru sebahagian dipetakan oleh ahli saraf, mempunyai daya kompleks 1400 kali lebih kompleks jika dibandingkan dengan rangkaian telepon saat ini
  • Sel darah merah di dalam organ tubuh manusia yang mempunyai masa hidup sekitar 4 bulan menempuh perjalanan sekitar 1.600 km di dalam tubuh kita selama masa hidupnya
  • Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteria sehingga bakteria yang ada di seluruh tubuh manusia mencapai 100 milyar bakteria atau 20 kali berbanding dengan jumlah populasi manusia saat ini.

Itulah sekian dari sejumlah keajaiban keunikan organ tubuh manusia yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!