Sponsors Link

Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam

Memiliki organ tubuh lengkap mulai dari kepala hingga kaki dan semuanya berfungsi normal tentu sebuah anugrah pemberian Tuhan yang wajib disyukuri ya sobat sebab juga memiliki mekanisme jam biologis tubuh manusia sepanjang hari yang normal, dimana ada diantara saudara saudara kita yang lahir dengan kekurangan fisik maupun ketidaknormalan fungsi fisik sejak lahirnya.

Nah sobat, tentu sobat pernah menemui seseorang yang masih bisa hidup tanpa kaki atau tanpa tangan dimana fungsi gerak dari bagian tubuh tersebut masih bisa digantikan perannya oleh bagian tubuh yang lain atau dengan bantuan alat misalnya seperti kursi roda, terapi biologi, dsb.

Namun jika manusia hidup tanpa organ dalam seperti lambung, hati, dsb apakah juga bisa? apakah akan benar benar tidak mengganggu siklus hidup manusia atau tidak menimbulkan macam hormon pemicu stres pada manusia karena fungsi organ yang tidak normal? untuk memahami selengkapnya yuk sobat simak artikel berikut, Secara Biologis, Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Dalam Berikut.

1. Limpa

Organ dalam ini ada di bagian kiri perut ya sobat, tepatnya di belakang bawah tulang rusuk. Karena ada dekat dengan rusuk, manusia ternyata tetap bisa hidup dengan cukup nyaman walaupun tanpa organ dalam limpa. Ini karena organ dalam hati berperan untuk mendaur ulang sel darah merah sama halnya dengan jaringan lymphoid lain yang membantu fungsi imun tubuh, sehingga perannya bisa digantikan oleh organ dalam yang lain.

2. Lambung

Lambung manusia dapat diambil oleh dokter karena efek kanker atau trauma. Ketika lambung sudah diambil, maka dokter bedah akan menyambungkan kerongkongan langsung ke usus kecil, sehingga manusia tetap bisa tetap melakukan kegiatan makan dan mencerna makanan.

3. Alat Reproduksi

Organ dalam reproduksi pria wanita adalah testis atau ovarium. Pengambilan organ dalam tersebut dapat dikarenakan kanker dan trauma lainnya. Tanpa organ dalam reproduksi tersebut, manusia baik pria maupun wnaita masih bisa hidup namun tentunya tak dapat melakukan peran reproduksi atau memiliki keturunan.

4. Usus Besar

Usus besar tentu bekerja untuk menyerap air dan menyiapkan kotoran BAB jadi padat ya sobat. Pengambilan usus besar mislanya karena kanker atau penyakit lain tetap membuat manusia tersebut bisa menjalani hidup, namun perlu disertai dengan pola makan makanan yang lembut sehingga tidak mengganggu proses ketika kotoran BAB dikeluarkan.

5. Kantong Empedu

Empedu diproduksi oleh hati untuk membantu memecah lemak. Empedu bisa saja diangkat ketika manusia menderita sakit seperti batu empedu dsb, namun tanpa kantong empedu tersebut, hati masih bisa bekerja memecah lemak dengan organ dalam lain sehingga manusia masih bisa hidup walaupun kantong empedunya diambil.

6. Usus Buntu

Dalam beberapa kasus penyakit, usus buntu harus diangkat, tentu sobat sudah sering mendengar mengenai oeprasi usus buntu. Usus buntu yang bekerja sebagai tempat bakteri baik ini jika diambil tetap bisa memungkinkan manusia untuk hidup sebab bakteri baik yang ada dalam tubuh bisa disimpan dalam bagian usus yang lain.


7. Ginjal

Manusia normal tentunya punya dua ginjal ya sobat, tapi manusia tetap bisa hidup dengan satu ginjal atau bahkan gak sama sekali. Ginjal manusia harus diangkat misalnya karena kelainan lahir atau penyakit gagal ginjal, dsb. Jika kedua ginjal manusia gagal berfungsi, manusia masih tetap bisa hidup namun harus menjalani hidup dengan cuci darah dengan menggunakan mesin khusus dan bisa bertahan hidup sekitar 16 sd 18 tahun ke depan serta sesuai dengan gaya hidupnya sehari hari.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, ternyata ada banyak keajaiban di dalam tubuh manusia yang belum kita mengerti ya sobat, sebab itu terus perluas wawasan dengan banyak membaca. Oke sobat, semoga ulasan yang disampaikan bermanfaat untuk menambah pengetahuan, sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia