Sponsors Link

Otot Jantung : Penjelasan, Cara Kerja dan Fungsinya

Dear sobat semua, jumpa lagi dengan penulis yang selalu siap membagi wawasan untuk sobat semua, tentunya ilmu selalu bermanfaat untuk kita ya sobat, sebagai bekal diri dan juga bisa dibagikan kepda anak cucu kita nanti. Pastinya sobat pernah mendengar mengenai macam macam otot pada manusia pada bukan? Nah, dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas secara lengkap mengenai salah satu jenis kontraksi otot dalam tubuh manusia, yaitu otot jantung, mulai dari penjelasan lengkapnya, cara kerja, dan, fungsinya. Yuk langsung saja simak uraian lengkapnya berikut.

Otot Jantung

Otot Jantung ialah otot penyusun dinding jantung pada manusia yang meliputi sel sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal dengan jumlah1 sd 2 buah, ada pula yang berjumlah 3 sd 4 buah namun jumlah tersebut amat jarang, umumnya hanya terdiri dari 1 sampai dengan 2 buah saja.

Otot jantung merupakan sebuah otot yang terbentuk dari gabungan otot polos dan otot lurik sebab memiliki daerah yang gelap dan terang jika dilihat secara seksama dengan mikroskop, memiliki banyak inti inti sel yang letaknya berada di tengah, serta memiliki sifat gerak yang sama.

Otot jantung adalah otot yang terkuat, sebab mampu bekerja tanpa lelah, tanpa istirahat yakni selama 24 jam penuh dalam kehidupan manusia sehingga memungkinkan komponen darah terus menerus mengalir. Otot jantung merupakan otot kehidupan bagi manusia, jika ia berhenti bekerja, maka peredaran darah akan terhenti dan timbullah kematian bagi manusia tersebut.

Otot jantung mampu bekerja tanpa henti karena mempunyai senyawa yang disebut dengan mitokondria, mioglobin, dan suplai darah sehingga dapat dengan mudah memungkinkan terjadinya metabolisme aerobik tanpa henti dan terus memberikan suplai oksigen dan nutrisi.

Otot jantung memiliki ciri khusus yakni bentuk yang memanjang dengan inti sel di tengahnya, serabutnya berjumlah sekitar 1500 dengan panjang 50 sd 100 um dan diameter 14 um, dan memiliki cabang yang banyak dan antar cabangnya menyatu sama lain.

Cara Kerja Otot Jantung

Cara kerja otot jantung dalam tubuh manusia ialah bekerja di bawah sadar atau tanpa kendali dari indidivu tersebut, aktifitas yang dilakukan otot jantung dipengaruhi oleh saraf otonom yakni saraf simpatik dan safar parasimpatik. Sehingga otot jantung mampu bekerja terus menerus tanpa henti dan mampu menjadi pemain utama dalam keberlangsungan hidup manusia.

Fungsi Otot Jantung 

Otot jantung terletak pada daerah yang sangat vital atau penting bagi tubuh sebab merupakan kunci dari nyawa manusia, sebab itu otot jantung memiliki fungsi yang vital pula yakni sebagai berikut.


  • Bekerja sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh sehingga sistem peredaran darah manusia yang kaya akan oksigen dan bersih terus menerus mengalir dalam seluruh organ tubuh manusia.
  • Membersihkan tubuh dari hasil metabolisme dengan membantu mengeluarkan racun serta menggantinya dengan darah yang bebas karbondioksida.
  • Berperan dalam membantu sel sel di sekitarnya untuk berkontraksi.
  • Berperan dalam proses pemompaan ventrikel pada jantung.
  • Berfungsi sebagai peremas darah sehingga darah dapat keluar dari jantung saat berkontraksi dan mengambil darah ketika relaksasi.
  • Menunjang kerja dari organ jantung, yakni membantu jantung dalam menjalankan tugasnya untuk menjamin kehidupan bagi individu atau seseorang yang ditempatinya.

Ternyata luar biasa sekali ya sobat otot jantung yang kita miliki ini, tentunya hal ini ialah anugrah Tuhan yang wajib disyukuri dan dijaga kesehatannya, jangan lupa menjaga kesehatan jantung beserta otot otot di sekitarnya dengan rutin berolahraga dan mengurangi makan makanan yang berlemak tinggi.


Demikian artikel kali ini mengenai otot jantung, semoga mudah dipahami oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat ya sobat, jangan lupa selalu memperbarui pengetahuan anda mengenai biologi dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia