Sponsors Link

Pembuluh Darah Vena : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Sering kita mendengar kata pembuluh darah. Secara umum pembuluh darah didengar dari peristiwa kecelakaan atau sakit struk, seperti pembuluh darah putus akibat terluka atau pembuluh darah pecah dan menyebabkan sakit struk. Banyak diantara kita yang tidak memahami kalimat tersebut dan hanya berpendapat sebagaimana orang awam bahwa pembuluh darah adalah tempat mengalirnya darah di tubuh. sesungguhnya pembuluh darah memiliki arti dan makna lebih dari hal tersebut.

Pembuluh darah ada berbagai macam jenisnya dan merupakan bagian dari sistem sirkulasi darah di dalam tubuh. bukan hanya mengalirkan tetapi juga menjaga kesegaran dan fungsinya dengan mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. salah satu jenis pembuluh darah yang berperan ialah pembuluh darah vena, tentu anda pernah mendegarnya bukan? Apakah pembuluh vena itu berserta jenis dan fungsinya simak dalam artikel berikut mengenai pembuluh darah vena secara lengkap.

Pengertian Pembuluh Darah Vena

Yaitu bagian dari sistem sirkulasi tubuh yang bertugas mengangkut komponen darah ke seluruh tubuh. pembuluh darah vena terletak di seluruh tubuh dan memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda dengan pembuluh darah lain. pembuluh darah vena jika dilihat dari permukaan tubuh tampak seperti berwarna kebiru biruan. Dinding pembuluh darah vena berupa lapisan tipis yang berperan dalam menjaga tekanan serta aliran darah agar tetap normal.

Struktur dari pembuluh darah vena ialah bercabang cabang dan memiliki ukuran yang kecil yang memungkinkan darah hanya mengalir ke jantung, jika tubuh terluka maka pembuluh darah vena pada permukaan kulit mudah mengeluarkan darah. Di sekitarnya terdapat otot otot yang menyelimuti sebab pembuluh darah ini memiliki tugas yang lebih dan membutuhkan lebih banyak tenaga daripada pembuluh darah lainnya seperti pembuluh darah arteri atapun kapiler.

Pembuluh darah vena memiliki lapisan luar yang merupakan jaringan ikat dengan serat yang elatis, lapisan tengah yang terdapat otot di sekelilingnya dan bersifat elastis pula, serta lapisan dalam yang merupakan jaringan tipis dan elastis. Selain lapisan tersebut, pembuluh darah vena juga memiliki otot yang berupa serabut kolagen dan jaringan ikat untuk memungkinkan dan melancarkan tugas yang diembannya.

Dalam kondisi terluka, pembuluh darah vena tidak akan mengalirkan darah deras, tetapi hanya akan menetes sedikit demi sedikit karena memiliki tekanan dan juga denyut lemah yang jika diraba dari bagian permukaan sistem ekskresi pada kulit hampir tidak terasa denyutnya.

Jenis Pembuluh Darah Vena

Pembuluh darah vena yang terdapat pada tubuh setiap manusia ini memiliki jenis yang memiliki tugas hampir sama dan terpadu dalam sistem kerjanya yaitu sebagai berikut :

  • Inferior, terdapat pada bagian kanan yang membawa darah dengan banyak karbondioksida dari tubuh bagian atas.
  • Superior , bertugas untuk membawa darah yang penuh sisa metabolisme dari tubuh bagian bawah.
  • Pulmonalis, yaitu yang berada dalam organ paru paru yang terdiri dari 2 saluran di paru paru kanan dan kiri yang bertugas membawa darah dari bagian bagian paru paru menuju jantung.

Fungsi Pembuluh Darah vena

Dari penjelasan yang telah diuraikan sebelumnya, dapat disimpulkan dengan jelas bahwa fungsi pembuluh darah vena ialah membawa darah yang kaya karbondioksida kembali ke jantung. Vena membawa darah dari organ dan jaringan seluruh tubuh menuju jantung.


Dalam sistem kerjanya, pembuluh darah vena tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dengan pembuluh darah lain seperti pembuluh darah arteri dan pembuluh darah kapiler. Dengan demikian seluruh jaringan dan organ di dalam tubuh dapat menerima dan dialiri cukup oksigen sehingga dapat membuang limbah dan sisa metabolisme protein yang tidak diperlukan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pembuluh darah vena, semoga dapat dipahami oleh anda serta menjadi wawasan dan ilmu yang bermanfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors