Sponsors Link

Reaksi Alergi dalam Tubuh Manusia

Pernah mendengar atau merasakan alergi misalnya proses timbulnya gatal di kulit ketika digigit serangga? Tentunya sobat semua pernah mendengarnya ya sobat karena hal yang satu ini tergolong salah satu reaksi yang sering terjadi pada tubuh manusia.

Sebut saja seperti alergi obat, alergi makanan, senjata biologis, alergi udara atau berbagai jenis alergi yang lainnya yang tentunya bisa membuat kita tidak nyaman dan bahkan tidak jarang  berujung pada sesuatu yang fatal jika alergi tersebut parah dan tak kunjung ada penanganan yang serius.

Alergen atau substansi pemicu alergi tersebut hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut sebab alergi pada tubuh manusia. Pada orang lain yang tidak mempunyai kronologis alergi, maka ia tidak akan merasakan timbulnya lergi tersebut meski adanya alergen tersebut.

Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi tersebut adalah seperti pada gigitan serangga, tungau debu, hewan, obat obatan, makanan tertentu, sebuk sari atau berbagia jenis alergen atau substansi yang lainnya.

Nah sobat, untuk ulasan selanjutnya mengenai alergi tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan  berikut ini dengan seksama. Cekidot.

  • Apa Itu Alergi ?

Adapun yang dimaksud dengan alergi adalah reaksi siistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap asing oleh tubuh tersebut. Reaksi tersebut dapat berupa reaksi yang berbahaya dan juga reaksi tak berbahaya. 

Hal ini berhubungan langsung dengan subastansi yang bersentuhan langsung dengan tubuh atau sesuatu yang masuk secara langsung pada tubuh. Manifestasi alergi tersebut tidak harus selalu muncul

dalam bentuk alergi kulit, namun juga  alergi tersebut bisa muncul seperti pada mata bengkak atau merah, gatal dan juga berair. Dan yang paling berbahya alergi tersebut bisa terjadi pada sistem penapasan.

  • Apa Penyebab Alergi Tersebut ?

Pada umumnya, segala sesuatu bisa saja menyebabkan alergi, tergantung seseorang tersebut alergi atau tidak terhadap sesuatu yang menjadi alergennya. Sebut saja seperti alergen misalnya suhu udara, zat tertentu yang ada pada suhu udara seperti debu atau serbuk sari, makanan tertentu,

obat obatan tertentu dan juga tentunya pada orang tertentu, bulu hewan dan juga berbagai jenis yang lainnya. Berbeda orang, maka tentunya berbeda pula jenis alerginya. Namun kebanyakan alergi tersebut adalah alergi yang bersifat heredity atau alegi yang diturunkan oleh orang tua terhadap anaknya.

  • Reaksi Alergi dalam Tubuh Manusia

Ketika seseorang terpapar alergi, maka tubuhnya secara otomatis akan memproduksi antibodi IgE, untuk mengikat alergen tersebut. Antibody yang melekat pada sel darah yang disebut dengan sel mast.  Sel mast ini sendiri dapat ditemukan dalam saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan juga berbagai tempat yang lainnya.

Sel mast tersebut akan melepaskan berbagai macam bahan kimia kedalam darah sehingga muncullah reaksi alergi tersebut sebagai bentuk ptoteksi dalam tubuh. Senyawa kimia utama yang memproduksi sel mast ini adalah histamin, yang menyebabkan sebagian besar reaksi dari alergi tersebut.


  • Gejala Reaksi Alergi

Pada umumnya gejala reaksi alergi terdiri atas tiga jenis, yakni sebagia berikut :

  1. Ringan, misanya sedikit ada rasa gatal dan bersin
  2. Menengah, misalnya anda bersin berlebihan dan gatal yang mulai menyerang tubuh anda dan diikuti mata bengka, merah dan berair.
  3. Berat , misalnya anda merasa sakit tidak mampu bangun dan terasa sesak

Itulah sobat ulasan mengenai reaksi alergi dalam tubuh manusia yang bisa penulis sajikan untuk anda dipostingan ini. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia