Sponsors Link

Perbedaan Warna Daun Akibat Proses Fotosintesis

Ketika duduk di bangku Sekolah Dasar ( SD ) tentunya sobat semua pernah ya mempelajari tentang apa itu fotosintesis dan fungsi fotosintesis.  Fotosintesis ini erat sekali hubungannya dengan daun tanaman karena daun tersebut merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses terjadinya fotosintesis tersebut.

Adapun proses fotosintesis tersebut  tidak akan dapat berlangsung manakala tidak adanya zat hijau daun dan hormon vernalin dalam peroses perombakan CO2 dan juha HO2 menjadi asimilat. Asimilat ini sendiri merupakan konversi gizi dala daun ke substansi yang lebih padat dari tanaman atau daun tersebut dengan proses penyerapan an juga pengolahan yang lebih lanjut.

Warna hijau daun ini berasal dari pigmen yang warna daun yang disebut sebagai klorofil ( chlorophyll ) .  Pigman daun atau klorofil yang berwarna hijau dapat berubah warna. Klorofil tersebut akan menyerap cahaya merah dan biru dari sinar matahari yang jatuh ke daun. Akibatnya, cahaya akan dipantulkan oleh daun dengan warna komplementernya yakni warna hijau.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai fotosintesisi tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Adapun yang dimaksud dengan fotosintesis adalah proses pembuatan energi zat atau makanan / glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari ( photo = cahaya syntesi = proses atau pembuatan atau pengolahan )  dengan menggunakan zat hara atau mineral , karbon dioaksida dan juga air. 

Makhluk hidup sendiri yang sanggup melakukan proses fotosintesis tersebut adalah tumbuhan, alga dan juga beberapa jenis bakteri.  Fotosintesis ini sendiri sangatlah penting bahgi kehidupan di bumi kita, karena seperti yahg sudah kita ketahui bersama sobat, hampir semua mahluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis tersebut.

  • Apa Fungsi Fotosintesis Tersebut ?

Berikut ini adalah beberapa jenis fungsi dari fotosintesis tersebut.

  1. Fungsi utama  dari fotosintesis tersebut untuk memproduksi zat makanan yang berupa glukosa.  Glukosa ini menjadi bahan dasar pembangunan zat makanan yang lainnya, sebut saja seperti lemak dan tubuh tumbuhan yang lainnya.
  2. Fotosintesis ini bisa membantu membersihkan udara yakni dengan cara mengurangi CO2 di udara, karena CO2 ini adalah bahan baku dalam proses fotosintesis tersebut.
  3. Kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis selama hidupnya, bisa menjadi sumber energi.
  4. Perbedaan Warna Daun Akibat Proses Fotosintesis

Adapun perbedaan warna daun akibat proses fotosintesis tersebut disebabkan oleh beberpa hal, antara lain :

  • Pengaruh Cuaca

Di daerah beriklim sedang, kondisi udara yang hangat ( 15 derajat sampai 20 derajat ) disiang hari saat musim gugur sanagt mendukung bagi tanaman untuk melakukan aktifitas fotosintesis tersebut secara optimal. Timbunan asimilat

yang dihasilkan pada siang hari tersebut tidak semuanya dapat ditarsport ke jaringan tanaman dan pada malam harinya karena dinginnya cuaca, menyebabakn jaringan floem menutup secara perlahan sehingga timbunan gula tersebut meningkat. Itulah salah satu penyebab warna daun berbeda.


  • Lama Panjang Penyinaran

Setiap hari, tanaman menggunakan klorofil dalam proses fotosintesis secara berkesinambungan dengan memanfaatkan sinar matahari. Klorofil ini diproduksi dan diuraikan secara terus menerus. Pada saat malam hari akan terjadi penyusutan.

Sekian informasi mengenai perbedaan warna daun akibat proses fotosintesis yang bisa penulis sajikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini.  Sampai jumpa, salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan