Sponsors Link

Pengaruh Cahaya Terhadap Luas dan Ketebalan Daun

Jika kita berbicara mengenai anatomi dari sebuah  pohon atau tanaman yang lainnya yang berhubungan dengan hormon vernalin, tentunya kita akan menemukan daun dari salah satu anatomi tersebut. Pada tumbuhan, daun tersebut sangatlah  penting untuk mendukung proses fotosintesis.

Selain itu, daun ini juga berperan penting sebagai bagian dari tumbuhan tersebut untuk proses pengolahan makanan dengan hormon strigolactones dari tumbuhan tersebut, terutama untuk pohon.  Bebicara mengenai daun tersebut sobat, tentunya hal ini tidak akan terlepas dari cahaya yang tentunya berperan sangat penting

untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan pohon tersebut secara keseluruhan. Selain itu sobat,  pengaruh cahaya dan hormon jasmonates terhadap ketebalan dan luas daun juga ternate sangat penting. Lantas mengapa demikian? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot.

Pada dasarnya, tinggi suatu tanaman juga tidak akan terlepas dari intensitas cahaya yang diterimanya, karena semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima, maka akan semakin lebar diameter batanganya.  Setiap tanaman itu juga memiliki toleransi yang berlainan terhadap sinar matahari tersebut.

Ada tanaman yang seyogianya sangat bergantung kepada matahari dan ada pula tanaman yang tidak bisa tumbuh jika taka da sinar matahari dan juga ada tamanan yang memang harus membutuhkan sinar matahari tersebut.

Pada masa tanaman masih muda, memerlukan tempat teduh karena hanya membutuhkan intensitas cahaya yang sedikit, dan pada saat sudah tua maka memerlukan  cahaya untuk kelangsungan hidupnya.  Hal ini juga tidak terlepas dari pertumbuhan daun daunnya, ketebalalannya,  warna dan juga luas dari daun tersebut sangatlah tergantung

pada intensitas cahaya itu sendiri. Karena pada umumnya, semakin rendah tingkat intensitas cahaya yang diterima, maka daun  daun tanaman tersebut akan semakin melebar atau luas. Hal ini sudah banyak  banyak dilakukan penelitian, dan hasilnya adalah tanaman yang ditanam pada daerah yang ternaung dari intensitas cahaya matahari,

maka daun tersebut  akan seakin meluas dan melebar. Hal ini sudah pastiya secara naluriah, tanaman tersebut akan melebarkan daunnya untuk menangkap cahaa matahari tersebut dan juga hal ini  berbengaruh juga terhadap ketebalan dari daun terseut? Hal ini disebababkan oleh :

  • Proses Fotosintesis

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, proses fotosintesisi tersebut tentunya membutuhkan cahaya matahari dan juga daun dari tanaman untuk mendukung proses fotosintesisis tersebut. Nah sobat, pada saat  intensitas cahaya matari tersebut sedikit dan tidak menyeluruh

ke semua daun tumbuhan tersebut, maka hal ini akan berpengaruh terhadap ketabaln daun dan luas dari daun itu sendiri. Pertumbuhan daun yang baik dan sesuai dengan semestinya adalah daun yang bisa melakukan proses  fotosintesis yakni untuk menghasilkan zat hijau daun dari daun tersebut.

  • Proses Fotoenergetic

Adapun proses fotoenergetic adalah pertumbuhan yang dipengaruhi  oleh banyaknya energi yang diserap dari sinar matahari oleh bagian tanaman, dan yang terutama adalah untuk bagian daun. Intensitas cahaya yang tinggi tentunya akan berpengaruh terhadap ketabalan dan lebar dari dan tersebut.


Hal ini bersifat secara alami, yakni pada saat daun tumbuhan merasa kekurangan intensitas cahaya tersebut, maka ia akan melebarkan daunnya tersebut sehingga ia bisa menangkan cahaya matahari tersebut. Oleh karena penyerapan cahaya yang tidak sempurna, maka hal inipun akan mempengaruhi ketebalan daunnya sendiri.

Itulah sobat ulasan yang bia penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!