Sponsors Link

Reaksi Manusia Terhadap Suhu Dingin Paling Lengkap

Tubuh manusia memiliki beberapa mekanisme pertahanan untuk mencoba dan meningkatkan suhu ketika udara dinginn mendera. Otot otot tersebut akan menggigil dan juga menggelutuk pada saat mengalami kedinginan tersebut. Perubahan suhu ini akan membuat beberapa perubahan dalam tubuh kita, sebut saja seperti bulu atau rambut yang berdiri, atau yang sering kita sebut dengan merinding.

Hal ini disebabkan oleh karena hipotalamus, yakni kelenjar yang terdapat pada otak (otak kecil atau otak besar) yang bertindak sebagai termosfat ( pengatur suhu tubuh ) akan merangsang sejumlah reaksi untuk menjaga organ organ vital tubuh agar tetap hangat. Karena pada umumnya, saat udara dingin mulai meregang maka tubuh kita juga akan meregang dan menunjukkan beberapa rekasi.

Nah sobat semua, untuk mengetahui apa saja reaksi manusia terhadap suhu dingin tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Jari Tangan Menyusut

Reaksi yang pertama adalah jari tangan anda akan menyusut. Pada saat musim dingin, coba anda perhatikan, maka akan ada perubahan yang terjadi pada tubuh anda, dan salah satunya adalah reaksi jari tangan yang akan menyusut.

Hal ini dikarenakan suhu dingin cenderung membuat pembuluh darah menyempit yang bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap panas dan menjaga temperature tubuh agar tetap stabil. sebab tubuh tetap berkeringat juga bisa anda pelajari dan waspadai.

Artinya adalah, dalam kondisi ekstrim, maka aliran anda akan lebih sedikit sehingga akan menyebabkan jemari anda menjadi lebih menyempit.  Dan sebaliknya, pada saat cuaca panas, maka jemari tangan anda  juga akan membesar seiring dengan membesarnya pembuluh darah tersebut.

2. Tubuh Lebih Banyak Membakar Kalori

Reaksi yang kedua adalah tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Menurut informasi yang ada, kadar metabolisme yang terjadi akan membakar kalori yang lebih banyak pada saat suhu udara lebih dingin. Hal ini terjadi karena tubuh anda lebih ekstra untuk menjaga tubuh anda agar lebih hangat. Padahal sering kali kita berpikir bahwasanya kalori tersebut akan lebih banyak terbakar pada saat musim panas, namun sebenarnya fakta ini berbeda ya sobat.

3. Sistem Peringatan Internal

Reaksi yang ketiga adalah sistem peringatan internal tubuh akan berubah. Sensor pada tubuh hanya akan mendeteksi satu varian temperatur, yakni padda saat suhu terlalu dingin. Sensor yang satu ini tidak akan mendeteksi jika suhu panas yang ada disekitar lingkungan anda. pada umumnya, suhu tubuh manusia tubuh tidak selalu rata rata, dan memang hampir sama.

Suhu tubuh manusia yang konstan sekitar 36. 5 derajat celcius dan perbedaanya pada setiap individu tergolong sedikit. Jika suhu tubuh turun hingga dibawah 30 derajat Celsius, maka sejumlah organ penting dalam tubuh dapat berhenti berfungsi.

Dampaknya, tentunya orang yang bersangkutan bisa kehilangan kesadaran, atau bahkan bisa mengalami hypothermia atau bahkan bisa mengalmai kematian jika tubuhnya sudah tidak bisa bertahan lagi untuk menanggung rasa atau dingin akibat suhu tersebut. Inilah salah satu rekasi manusia terhdap suhu dingin yang paling penting untuk diperhatikan. Hal ini sering terjadi pada mereka yang sedang mendaki gunung.


Demikian sobat ulasan mengenai reaksi manusia terhadap suhu dingin yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!