Sponsors Link

Reaksi Sistem Tubuh Saat Merasa Ketakutan yang Wajib Diketahui

Setiap manusia normal tentunya pernah merasakan yang namanya takut. Setuju ya sobat. rsa takut tersebut juga disebaban oleh banyak hal dan sebut saja seperti pada saat kita menontn film horor, bercerita tentang horor, atau bahkan melihat sesuatu yang horor secara nyata dan secara jelas.

Namun rasa takut tersebut juga tidak mesti berhubungan dengan sesuatu yang berbau horor tersebut, perasaan akan takut kehilangan seseorang juga tentunya sangat berperngaruh pada kita. Selain itu sobat, pada saat kita melihat adanya kecelakaan, atau melihat orang yang sedang bertengkar hebat pun terkadang kita merasa takut dan enggan untuk melihatnya kembali.

Hal ini tentunya normal saja untuk kita rasakan karena memang pada tubuh manusia terdapat rasa sensitif terhadap ancaman tertentu. Hal ini dikarenaan adanya organ atau saraf (saraf sensorik atau saraf motorik) dalam tubuh kita yang mengirimkan sinyal yang memicu rasa taku tersebut kepada otak kita.

Sebut saja pada saat anda sedang menonton film horor namun secara tiba tiba ada suara keras yang begitu anda rasakan,  anda pasti menebak nebak apakah suara tersebut beneran hantu atau tidak. Saraf pada telinga anda akan mengirimkan sinyal takut tersebut kepada otak anda, sehingga tak jarang anda lansung berteriak sebagai ungkapan dari rasa ketakutan tersebut.

Nah sobat, berikut ini adalah reaksi sistem tubuh saat merasa ketakutan tersebut. Yuk, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Respon Fight Or Flight

Yang pertama adalah respon fight or flight. Hal ini dikarenakan oleh mengenai pintu stimulus anda yang mengikuti pada kedua jalur yang sama. Ketika panca indra anda mendeteksi sumber stress yang mungkin menimbulkan ancaman, maka otak (otak kecil) akan memancarkan reaksi secara spontan yang membuat kita berfikir untuk bertarung atau langsung melarikan diri secepat mungkin dari situasi yang sedang kita hadapi tersebut.

Rasa takut tersebut pada otak dalma lobus temporal dikenal dengan amigdala. Ketika seseorang merasa stress, maka amigdala ini akan secara otomatis aktif dan mengalihkan pikiran kita ke rasa takut tersebut. Alhasil, maka tubuh seseorang akan langsung mengalihkan semua energi untuk bersiap mengahadapi ancaman apapun.

2. Bulu Atau Rambut Halus Pada Tubuh Kita Akan Berdiri

Yang kedua adalah pada saat anda takut maka secara otomatis, bulu atau rambut halus pada tubuh anda akan berdiri.  Sobat semua tentunya pernah merasakan hal seperti ini ya sobat pada saat anda merasa takut. Hal ini sering sekali kita sebut dengan ungkapan “merinding “.

Hal ini dikarenakan adanya respon yang secara langsung dikirimkan oleh sistem saraf dalam tubuh kita terhada rasa takut tersebut, sehingga pada sata yang bersamaa pula maka bulu  “ kuduk “ atau rambut halus yang lainnnya akan secara otomoatis ikutan berdiri. Fenomena seperti ini sering kali dan hampir semua orang yang berada pada situasi takut merasakannya.

3. Denyut Jantung Lebih Cepat

Yang ketiga adalah denyut jantung akan terasa lebih cepat. Jika pada saat anda olahraga dan denyut jantung anda terasa lebih cepat mungkin hal tersebut dikarenakan jantung anda akan lebih cepat bekerja oleh karena banyaknya gerakan yang anda lakukan, sehingga jantung pun akan mengikutinya untuk lebih cepat memopa darah.

Namun pada saat anda ketakutan dan denyut jantung anda lebih cepat berdenyut dikarenakan oleh peningkatan pelepasan hormon atau zat kimia dalam tubuh, sehingga hormon tersebut juga menyebabkan peningkatan denyut jantung tersebut.


Nah sobat semua, itulah beberapa reaksi sistem tubuh saat merasa ketakutan yang biasanya sering kita rasakan. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa diulasan selanjutnya. Salam hangat selalu sobat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia