Sponsors Link

Yoga dan Perawatan Sistem Tubuh Manusia Paling Lengkap

Bagi kaum wanita perawatan tubuh merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka. Sobat semua juga tentunya sudah paham ya sobat akan perawatan tubuh yang satu ini.  Yoga itu sendiri merupakan salah satu ilmu yang menjelaskan antara ilmu fisik, mental, spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan yang menyeluruh ( holistik ) yang pada umumnya berasal dari kebudayaan India kuno. 

Yoga itu sendiri pada pertama kalinya diperkenalkan dalam buku Yoga Sutres yang diketahui ditulis oleh Patajalai, yakni seorang tokoh legenda dari India yang hidup sekitar 200 hingga 500 SM ( Sindhu, 2015 : 30 ).  Istilah Yoga itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta kuno, yakni Yuj yang berarti union atau penyatuan diri.

Yoga itu sendiri memiliki tiga arti yang berbeda,  yakni penyerapan ( samdadhi), menghubungkan ( yunakti ), dan pengendalian ( yojyanti ). Namun pada umumnya yang dipakai adalah istilah meditasi ( dhyana ) dan juga Penyatuan ( yukti ).

Atau dengan kata lain yoga itu merupakan sebuah penyatuan antara jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam melakukan latihan rohani untuk mencapai ketenanagn batin dan melakukan latihan fisik untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani, sehingga layak disebut dengan jiwan mukti.

Berbicara mengenai yoga dan perawatn sitem tubuh manusia tersebut sobat, tentunya perawatan tubuh yang satu ini merupakan suatu bentuk dari perluasaan kesadara manusia sampai sebegitu jauh, sehingga bisa disamakan dengan kesatuan dengan kesadaran  alam semesta. 

Hal ini harus dicapai dengan realisasi prinsip prinsip spiritual dalam tubuh kita. Sebenarnya sobat, ada prinsip fisik dan mental yag sebenarnya merupakan kepribadian diri kita sendiri  yang secara abadi dan benar.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis manfaat dari yoga dan perawatan sistem tubuh manusia tersebut, antara lain :

  1. Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin ( hormonal ) di dalam tubuh manusia.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah keseluruh sel tubuh dan otak
  3. Membentuk struktur dan postur tubuh yang lebih tegap serta otot yang lebih lentur dan juga kuat.
  4. Meningkatkan kapasitas paru paru saat seseorang sedang bernafas.
  5. Membuang racun dari dalam tubuh manusia ( detoksifikasi )
  6. Meremajakan sel sel tubuh dan juga memperlambat penuaan
  7. Memurnikan sistem saraf pusat dan saraf tepi yang terdapat di tulang punggung
  8. Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran dan mental, serta membuat kita lebih kuat saat menghadapai stress yang sedang melanda hidup kita.
  9. Memberikan kesempatan pada tubuh untuk merasakan relaksasi yang lebih mendalam, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks.
  10. Meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan
  11. Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif, sehingga diharapkan seseorang bisa meligat suatu masalah menjadi peluang yang lebih bermakana.

Itulah sobat beberaoa fungsi yoga dan perawatan sistem tubuh manusia tersebut, jadi tidak heran ya sobat jika seseorang sering melakukan aktivitas yoga tersebut.


Berikut ini adalah beberapa jenis yoga tersebut, antara lain :

  • Hatya Yoga
  • Bhakti Yoga
  • Raja Yoga
  • Karma Yoga
  • Tantra Yoga

Sekian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia