Sponsors Link

Hormon Giberelin pada Tumbuhan : Penjelasan dan Contohnya

Helo sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya selalu setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta. Semoga sobat semua dalam keadaan baik –  baik saja dan selalu berbahagia ya sobat. Adapun yang akan menjadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini tidak jauh berbeda dari ulasan atau postingan yang sbeelumnya ya sobat, karena pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai salah satu jenis hormon pada tumbuhan.

Seperti yang sudah kita ketahu bersama sobat, bahwasanya ada beberapa jenis hormon yang terdapat pada tumbuhan yang tentunya memiliki beberapa fungsi juga pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan itu sendiri, tidak jauh berbeda dari jenis serta fungsi hormon yang terdapat pada manusia. Nah sobat semua, adapun jenis hormon yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai Hormon Giberelin pada Tumbuhan. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Adapun hormon giberelin merupakan salah satu hormon yang sangat berpengaruh pada perkembangan dan perkecambahan sel embrio dengan bantuan fungsi cahaya matahari. Kemudian akan membantu untuk merangsang pembentukan enzim yang berpengaruh pada pemecahan senyawa alinum. Adapun jenis jenis enzim tersebut adalah enzim emilase.

Adapun pemecahan senyawa tersebut terjadi pada endosperm yakni tempat cadangan makanan. Adapun tujuan pemecahan senyawa tersebut untuk menghasilkan senyawa glukosa yang merupakan senyawa penghasil energi. Hormon ini sering kali diaplikasikan pada tanaman –  tanaman yang kerdil atau kekurangan zat mineral serta unsur hara,

sehingga perkembangannya tidak maksimal. Untuk itulah hormon yang satu ini diberikan pada tumbuhan tersebut untuk membantu menormalkan pertumbuhan tanaman tersebut agar pertumbuhannya bisa sama seperti tumbuhan normal yang lainnya. Adapun fungsi hormon giberelin pada tumbuhan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :


  1. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu tunas embrio
  2. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu perkecambhana embrio
  3. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu merangsang pertumbuhan enzim amylase, maltase serta pemecahan protein dalam tumbuhan
  4. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan biji
  5. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu memunculkan buah tanpa adanya biji
  6. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan biji
  7. Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang serbuk sari pada tumbuhan atau proses terjadinya penyerbukan
  8. Sebagai hormon yang berfungsi untuk meninggikan tumbuhan kerdil menjadi tumbuhan normal

Itulah beberapa fungsi hormon giberelin pada tumbuhan ya sobat.

Berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan yang memiliki atau mengandung hormone giberelin. Adapun tumbuhan yang dimaksud antara lain adalah sebagi berikut :

  1. Rebung bambu
  2. Bawang merah
  3. Batang pohon pisang
  4. Tauge ( kecambah )
  5. Tomat
  6. Kelapa

Nah sobat semua, itulah beberapa tanaman yang ada disekitar kuta yang konn memiliki hormon giberelin.


Adapun cara hormon ini bekerja adalah dengan mengenai bagian embrio atau tunas agar mengenai air sehingga meminimalisir terjadinya akibat kurang air pada tumbuhan. Hal ini dilakukan agar tunas embrio menjadi lebih aktif, sehingga pertumbuahn tanaman tersebut bisa lebih cepat dari pada yang seharusnya.

Demikianlah ulasan mengenai hormon giberelin pada tumbuhan beserta penjelasan dan contohnya yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini ya sobat. Terima kasih buat anda semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat sebagai wawasan yang berkualitas dan bisa menjadi referensi. Sampai jumpa, salam hangat selalu.

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors