Sponsors Link

Aplikasi Biologi dalam Kesehatan Masyarakat dan Penjelasannya

Bagi sobat semua yang sudah pernah duduk di bangku sekolah SMP atau SMA tentunya biologi adalah salah satu mata pelajaran yang sudah kita dapatkan saat menduduki bangku sekolah  tersebut. Biologi ini sendiri sangat erat kaitannya dengan kehiduan kita sehari hari dan juga dari semua aspek dalam kehiduan kita tentunya.

Tidak  hanya itu, biologi itu sendiri juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan lingkungan kita. Dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biologi tersebut dan juga aplikasi biologi dalam kesehatan masyarakat , yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Ilmu Biologi Tersebut?

Adapun biologi atau ilmu hayat merupakan ilmu yang mempelajari tentang aspek kehidupan atau aspek fisik kehidupan, yang mana ilmu ini  sangat berperan penting dalam bidang kesehatan. cabang ilmu biologi tentang mamologi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Berkat peran lmu biologi ini juga sobat, berbagai macam penyakit yang pada zaman dahulu susah ditemukan, entah itu nama penyakitnya,  penyebab penyakitnya serta obat dan penyembuhan penyakit itu sendiri.

Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi dalam bidang biologi ini, maka hal tersebut bisa ditemukan sekarang ini. Hal ini tentunya akan sangat berdamak positif bagi kita secara keseluruhan.  

Atau dengan kata lain, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk kehidupan. Ilmu biologi itu sendiri mencakup berbagai macam objek, dimana bukan hanya manusia, hewan dan juga tumbuhan.

Namun biologi juga mempelajari tentang mikroba mulai dari pertumbuhan hingga perkembangannya. Oleh karena itulah peran dari biologi  ini tergolong cukup besar dala kehidupan masyarakat.

2. Aplikasi Biologi Dalam Kesehatan Masyarakat

Dalam bidang kedokteran atau dalam hal kesehatan masyarakat, tentunya biologi ini cukup berperan penting dalam menunjang kesehatan  masyarakat tersebut. cabang ilmu biologi tentang entomologi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Dalam bidang kedokteran, aplikasi biologi ini sering digunakan sebagai fisiologi, mikrobiologi, anatomi, neurologi, patologi dan juga masih banyak lagi cacang ilmu biologi yang lainnya yang diterapkan dalam bidang kedokteran. Berdasarkan cabang ilmu biologi ini, maka hal ini bisa membantu dokter dalam hal mengatasi penyakit yang sedang di derita oleh seseorang.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi biologi dalam kesehatan masyarakat yang tentunya sangat berperan penting untuk kita, sebagai berikut :

  • Para penderita yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya, kini telah mendapat jalan keluar ayau solusinya, yakni melalui teknik transplantasi ( pencangkokan ) organ tubuh yang sudah tak berfungsi tersebut. Transplantasi organ yang sudah dapat atau berhasil dilakukan tersebut oleh para dokter adalah seperti pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati. Hal ini tentunya  akan menjadi titik terang bagi mereka yang mengalami kerusakan pada organ tersebut.
  • Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengindentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. Dengan demikian maka antibiotik untuk mengatasi bakteri bakteri tersebut bisa segera diatasi sehingga solusinya pun bisa dilakukan yang tentunya sangat membantu dalam hal kesehata masyarakat.
  •  Teknik fertilasi invitro telah dapat diaplikasikan bukan hanya pada hewan ternak, tetapi telah dapat dilakukan pada manusia sehingga manfaatnya akan lebih terasa.

Sekian ulasan mengenai aplikasi biologi dalam kesehatan masyarakat yang  bisa penulis sajikan untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya dengan topik menarik lainnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar