Sponsors Link

5 Alasan Kuliah di Jurusan Biologi Itu Menyenangkan

Kuliah di jurusan ilmu biologi ilmu biologi yang memiliki manfaat biologi di bidang makanan merupakan program studi yang tergabung di jurusan kuliah di jurusan ilmu biologi matematika dan IPA. Jurusan tersebut hadir di fakultas atau kampus berbasis keguruan dan ilmu kuliah di jurusan ilmu biologi. Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan materi kuliah soal kuliah di jurusan ilmu biologi sebanyak 40 persen dan materi IPA 60 persen.

Selain dilatih menjadi seorang guru yang akan terjun ke sekolah nanti, kamu juga bisa merasakan sensasi belajar Ilmu biologi misalnya senjata biologis yang penuh dengan petualangan seru. Ilmu bologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan.

Yang dibahas dalam ilmu biologi tidak lain adalah yang masih berkaitan dengan makhluk hidup, seperti metabolisme tubuh bakteri, zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles yang merupakan ilmuwan berkebangsaan Yunani yang kita sebut juga sebagai bapak perintis biologi. Ilmu Biologi sangat berpengaruh dan berguna bagi kehidupan manusia. Biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya.

Apa saja kesenangan yang akan kamu dapatkan dari jurusan tersebut? Yuk, simak! Alasan Kuliah di Jurusan Biologi Itu Menyenangkan.

1. Mulai dari berburu kucing sampai kadal

Berburu kucing dan kadal akan kamu lakukan jika sudah memasuki mata kuliah Taksonomi Hewan. Mata kuliah ini juga akan mengajak kamu praktik di laboratorium untuk mengidentifikasi kesamaan atau ciri yang terdapat pada fisik makhluk hidup.

2. Survei parit-parit setempat hanya untuk ambil sampel air

Nah, untuk aktivitas pengumpula sampel air akan kamu alami di praktikum Pengetahuan Lingkungan. Dalam praktikum tersebut kamu berkesempatan jalan-jalan ke titik lokasi berbeda di wilayah sekitar kampus untuk membandingkan kualitas air. Secara tidak langsung, kamu akan meneliti kualitas air di daerah setempat dengan indikator yang bisa kamu dapatkan dari berbagai referensi seperti buku dan jurnal.

3. Jalan-jalan ke mall dan mangkal di lampu merah hanya untuk mengukur kebisingan suara

Selain kualitas air, kamu akan meneliti tingkat kebisingan suara di wilayah sekitar kampusmu menggunakan Sound Level Meter. Sama seperti sebelumnya, kamu akan mengunjungi titik lokasi berbeda untuk mengukur tingkat kebisingan suara. Lokasi tersebut meliputi lokasi yang memiliki sumber suara yang banyak dan sedikit.

4. Berkunjung ke daerah yang kaya akan keanekaragaman tumbuhan dan adat istiadat

Nah, selain jalan-jalan ke lokasi penelitian yang deat dengan kampus, kamu juga berkesempatan mengunjungi daerah penelitian yang jauh dari kampus atau luar kota. Satu di antara mata kuliahnya adalah etnobotani. Mata kuliah ini akan mengajak kamu mendata keanekaragaman tumbuhan yang memiliki nilai budaya, kesukuan dan adat di daerah setempat.


5. Jalan-jalan ke pantai dan hutan demi koleksi hewan dan tumbuhan yang ada

Selain itu, keseruan lainnya adalah kamu berpeluang travelling ke hutan asri atau pantai, lho! Praktikum rasa jalan-jalan ini akan kamu temukan di mata kuliah ekologi tumbuhan. Nah, lokasi yang biasanya ditargetkan untuk penelitian adalah wilayah pantai yang belum sepenuhnya menjadi tempat wisata.

Lokasi yang demikian menyediakan berbagai hewan dan tumbuhan yang masih hidup tenang di habitatnya. Kamu akan merasa lebih mudah menelitinya. Nah, itulah bukti keseruan yang ada di jurusan kuliah di jurusan ilmu biologi ilmu biologi. Jika kamu lolos ke jurusan ini, selamat menanti hari-hari yang penuh dengan kesenangan, ya!

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia