Sponsors Link

Awal Mula Dilakukannya Kegiatan Penelitian

Awal Mula Dilakukannya Kegiatan Penelitian

Bagi anda yang gemar menambah pengetahuan melalui kegiatan penelitian yang berhubungan dengan cara jitu menghafal menrut peenlitian biologi, mungkin sudah mengetahui sedikit banyak mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia penelitian. Segala sesuatu terutama kegiatan, pastinya memiliki latar belakang, sebab, atau asal mula mengapa kegiatan tersebut harus dilakukan. Begitu pula dengan kegiatan penelitian yang berupa penyelidikan Intelektual yang dilakukan secara sistematis ini. Kegiatan penelitian pastinya memiliki asal mula. Lantas mengapa harus diadakan sebuah penelitian? Asal mula diadakannya kegiatan penelitian itu apa saja sih? Bagai anda yang penasaran mengenai hal ini, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai awal mula dilakukannya kegiatan penelitian.

Penelitian atau riset dapat digambarkan atau dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, tekun, dan juga sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta misalnya penelitian biologi tentang zat obesogen. Nah, jadi kegiatan penelitian ini sangatlah penting untuk dilakukan apabila anda memiliki tujuan-tujuan seperti yang telah disebutkan tadi. Lantas, sebenarnya apa saja sih asal mula dilakukan penelitian selain mencapai tujuan-tujuan tadi? Bagi anda yang penasaran, berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai asal mula dilakukannya kegiatan penelitian, antara lain:

  • Adanya kesadaran atas keterbatasan pengetahuan, pemahaman dan juga kemampuan

Asal mula dilakukannya kegiatan penelitian yang pertama adalah adanya kesadaran atas keterbatasan pengetahuan, pemahaman, dan juga kemampuan seperti penyebab jet lag. Hal ini karena manusia tinggal di lingkungan masyarakat yang sangat luas sehingga dalam lingkungan yang luas tersebut memungkinkan manusia tidak selalu mengetahui, atau tidak paham terhadap suatu hal. Bahkan dari ketidaktahuan, ketidakpahaman, dan ketidakjelasan sesuatu dalam lingkungan hidupnya sering kali menimbulkan kecemasan, rasa takut dan juga rasa terancam. Kesadaran terhadap keterbatasan inilah yang menjadi asal mula dilakukannya kegiatan penelitian.

  • Pemenuhan rasa ingin tahu

Asal mula dilakukannya kegiatan penelitian yang kedua adalah adanya dorongan untuk memenuhi rasa ingin tahu. Perlu anda ketahui bahwa manusia memiliki sebuah naluri ingin mengetahui tentang segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Pengetahuan dan pemahaman mengenai sesuatu akan menimbulkan rasa ingin  tahu baru yang lebih luas, lebih tinggi, dan lebih menyeluruh. Oleh karena itulah untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut, maka perlu di adakan sebuah kegiatan penelitian mengenai hal tersebut.

  • Memecahkan masalah

Asal mula dilakukannya kegiatan penelitian yang ketiga adalah adanya keinginan untuk memecahkan masalah yang timbul. Perlu anda ketahui, bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu di hadapkan dengan berbagai masalah, tantangan, kesulitan dan bahkan ancaman baik di dalam dirinya, kalangan masyarakat, keluarga, dan lingkungan yang lain. Dengan melakukan kegiatan penelitian, maka akan dapat memecahkan masalah yang sedang di hadapi.

  • Pemenuhan pengembangan diri

Asal mula dilakukannya kegiatan penelitian yang ketiga adalah pemenuhan pengembangan diri. Manusia sering kali merasa tidak puas atas apa yang sudah di capai, dikuasai, atau dimilikinya. Manusia selalu ingin yang lebih baik, lebih sempurna, lebih memberikan kemudahan bagi orang lain. Nah, keinginan  yang selalu ingin lebih baik inilah yang menjadi pendorong untuk lebih mengembangkan diri. Oleh karena itulah, penelitian harus dilakukan sebagai sarana mengembangkan diri.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai asal mula dilakukannya kegiatan penelitian yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil penulis  buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat dan juga menambah pengetahuan serta wawasan bagi anda. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel  penulis selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!