Sponsors Link

Bagaimana Sebuah Penelitian Bisa Dikatakan Sukses

Bagi anda yang gemar melakukan penelitian baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun biolog seperti alasan ilmiah banyak pasangan bermuka mirip, mungkin anda akan selalu berharap agar nantinya kegiatan penelitian yang anda lakukan dapat menjadi sebuah acuan dan dapat dikatakan sebagai penelitian yang sukses di mata masyarakat. Sehingga apa pun hasil yang akan dicapai atau diperoleh dalam penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi golongan tertentu maupun bagi khalayak umum atau masyarakat luas. Perlu anda ketahui bahwa sebuah penelitian dikatakan sukses pastinya memiliki standart atau suatu acuan yang telah di tetapkan dalam mencapai kesuksesan dalam sebuah kegiatan penelitian. Lantas bagaimana sebuah penelitian dapat dikatakan sukses? Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih mengetahui mengenai hal tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai bagaimana sebuah penelitian dapat dikatakan sukses.

Penelitian atau riset sering digambarkan atau dideskripsikan sebagai suatu proses kegiatan investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan tentunya sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan dan juga merevisi fakta-fakta misalnya dampak biologis sering makan makanan cepat saji. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori dan hukum serta membuka sebuah peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua penelitian dapat dikatakan sukses atau berhasil. Karena untuk dapat dikatakan penelitian yang sukses, pastinya sudah memiliki standar yang dapat dikatakan sebagai acuan untuk penelitian yang sukses. Berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai bagaimana sebuah penelitian dapat dikatakan sukses, antara lain:

  • Keobjektifan  suatu penelitian

Sebuah penelitian dapat dikatakan sukses apabila sesuai dengan keobjektifan suatu penelitian contohnya hal gaib dari sisi ilmu biologi. Objektif dalam keilmuan berarti upaya-upaya untuk menangkap sifat alamiah (empiris) dari sebuah objek yang sedang di teliti atau dipelajari dengan suatu cara di mana tidak tergantung oleh fasilitas apa pun dari subjek yang menyelidikinya. Jadi, proses atau hasil penelitian harus benar-benar objektif atau apa adanya, tidak ada pengaruh dari pihak yang sedang melakukan penelitian. Dengan begini, maka akan diperoleh hasil penelitian yang murni dan orisinil.

  • Tepat waktu

Sebuah penelitian dapat dikatakan sukses apabila sesuai dengan istilah tepat waktu. Maksudnya adalah selama proses penelitian berlangsung, penelitian dapat diselesaikan dalam waktu yang tepat atau on time, dengan begini maka hasil dari penelitian tersebut dapat segera dipublikasikan kepada pihak tertentu atau masyarakat tertentu. Selain itu juga penelitian harus bersifat relevan (artinya sesuai dengan perkembangan zaman) dan juga efisien.

  • Rasional dan bersifat kritis

Sebuah penelitian dapat dikatakan sukses apabila hasil sesuai dengan akal pikiran atau rasional sehingga dapat dipahami dan diterima oleh masyarakat luas atau pihak tertentu. Selain itu, penelitian juga harus bersifat kritis artinya hasil dari penelitian tersebut telah melalui proses yang benar-benar diperhatikan dan tidak sembarangan sehingga dapat merespons tujuan atau apa yang ingin dicapai dari penelitian tersebut.

  • Membuat konsep dan teori

Sebuah penelitian dapat dikatakan sukses apabila penelitian tersebut memiliki sebuah konsep dan juga teori yang menjadi landasan atau dasar dari hasil atau kesimpulan yang didapat setelah melakukan penelitian tersebut. Dengan begini, maka hasil penelitian akan mudah diterima sehingga akhirnya dapat dikatakan sebagai penelitian yang sukses.


Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana sebuah penelitian dapat dikatakan sukses yang dapat penulis sampaikan salam artikel yang berhasil penulis buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan  sedikit manfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan, sekian dan terima kasih.

, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!