Sponsors Link

Brain Freeze dan Penjelasannya

Pembekuan otak, juga disebut “sakit kepala es krim,” dikenal dalam istilah medis sebagai “sakit kepala karena rangsangan dingin,” kata Goldberg. Ini adalah fenomena umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi dokter tidak yakin mengapa itu terjadi.

Untuk jenis sakit kepala ini, pemicu utama adalah segala jenis paparan suhu dingin yang signifikan, kata Goldberg. Ini tidak hanya disebabkan oleh pemicu internal, seperti makan makanan beku terlalu cepat; itu juga bisa disebabkan oleh pemicu eksternal, seperti pergi ke luar tanpa topi di hari yang dingin atau menyelam ke danau yang sangat dingin. reaksi biologis otak saat seseorang akan meninggal bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Pembekuan otak dapat dimulai ketika zat yang sangat dingin – makanan atau udara, misalnya mengenai atap mulut atau bagian belakang tenggorokan dan menstimulasi pembuluh darah dan saraf di daerah-daerah yang suhunya sensitif ini.

Sebuah studi kecil yang dipresentasikan pada 2012 menemukan bahwa peningkatan aliran darah secara tiba-tiba dan mengakibatkan peningkatan ukuran arteri serebral anterior, pembuluh darah yang terletak di tengah otak di belakang mata, mungkin bertanggung jawab atas nyeri otak yang membeku.

Studi ini menemukan bahwa ketika otak pasien membeku berakhir, arteri mengerut dan mengurangi aliran darah, yang kemungkinan menyebabkan rasa sakit menghilang. Para peneliti mengatakan mereka menduga bahwa peningkatan tekanan di dalam tengkorak, yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke kepala, adalah apa yang menyebabkan rasa sakit.

Penjelasan lain yang mungkin untuk pembekuan otak adalah bahwa sensasi dingin mengaktifkan saraf penting di kepala dan wajah, yang dikenal sebagai saraf trigeminal.

Setelah saraf trigeminal dipicu, pembuluh darah di dalam kepala sebentar mengencang dan mengerut dan kemudian dengan cepat melebar atau melebar, mengakibatkan rasa sakit yang tiba-tiba, kata Goldberg pada Live Science. yang terjadi pada otak saat manusia bermimpi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Ketika stimulus dingin dihilangkan, pembuluh darah kembali ke ukuran normal dan rasa sakit cenderung hilang, kata Goldberg. Meskipun disebut “otak beku,” episode singkat sakit kepala ini tidak menyebabkan kerusakan permanen dan tidak t mengancam jiwa.

1.Gejala Brain Freeze

Nyeri kepala yang cepat, memuncak dalam 30 hingga 60 detik setelah paparan dingin, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam The British Medical Journal. Nyeri yang intens dan menusuk di dahi dan pelipis. Rasa sakit yang sembuh dalam beberapa detik hingga beberapa menit setelah itu dimulai.

Rasa sakit dari sakit kepala rangsangan dingin cenderung datang dengan cepat. Ini terjadi dalam beberapa detik dari suhu dingin yang menyerang saraf di langit-langit mulut dan bagian belakang tenggorokan, kata Goldberg.

Paparan dingin melalui mulut atau hidung mengaktifkan sistem saraf trigeminal dan menyampaikan informasi ini ke seluruh kepala. Itu sebabnya rasa sakit dirasakan di kepala dan bukan di mulut atau hidung, di mana sensasi dingin berasal, katanya.

Biasanya, rasa sakit dari otak membeku paling kuat di dahi dan kemudian dapat menyebar ke pelipis dan bagian belakang kepala, kata Goldberg. Beberapa orang mungkin menggambarkan ketidaknyamanan ini sebagai jenis rasa sakit yang menusuk atau pegal, sementara orang yang menderita migrain mungkin menganggapnya sebagai rasa sakit yang berdenyut atau berdenyut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita migrain mungkin lebih rentan terhadap pembekuan otak. Ini karena saraf trigeminal pada mereka yang memiliki migrain sudah sensitif dan stimulus dingin dapat mengaktifkan jalur saraf ini lebih jauh, kata Goldberg.

2. Cara mencegahnya

Rasa sakit akibat pembekuan otak begitu cepat sehingga tidak perlu mengobatinya, tetapi sulit untuk dihindari, kata Goldberg. Tentu saja, orang bisa melupakan makanan dan minuman beku sama sekali.

Jika Anda rentan terhadap sakit kepala yang tidak berbahaya ini, cara terbaik untuk mencegahnya adalah memperlambat ketika mengonsumsi makanan dan minuman sedingin es dan menjauhkan zat dingin dari langit-langit atas Anda.


Beberapa orang mengatakan bahwa minum air hangat secara perlahan setelah rasa sakit dimulai dapat membantu hubungan pendek gejala pembekuan otak. Yang lain merekomendasikan melengkungkan bagian bawah lidah ke atap mulut, yang dapat membawa kehangatan ke titik sensitif ini.

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai brain freeze dan penjelasannya. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar