Sponsors Link

15 Contoh Rantai Makanan di Pantai Paling Lengkap

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pantai merupakan daratan yanaga berbatasan langsung dengan laut. Adapun ekosistem pantai ini terbentuk dari kombinasi dartan dan perairan. Hempasan demi hempasan gelombang menuju daratan membawa ikut serta pasir serta lumpur kedaratan, yang nantinya akan membangun suatu lingkungan ekosistem baru. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di padang rumput.

Adapun tumbuhan yang sering ditemui di ekosistem pantai ini adalah tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan pantai serta tumbuhan yang penyebaran atau perkembangannya dibantu oleh air pantai. Misalnya seperti tumbuhan bakau, yang memang mampu beradaptasi dengan komponen abiotik pantai dan mampu beradaptasi dengan kodisi pantai. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di gurun.

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan membahas secara khusus mengenai ekosistem pantai dan rantai makanan yang terjadi di dalamnya. Sama hal nya dengan ekosistem – ekosistem yang lainnya, ekosistem pantai juga pastinya memiliki rantai makanan yang terjadi di dalamnya yang ikut serta memperindah ekosistem tersebut. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di danau.

Berikut ini beberapa contoh rantai makanan di pantai, antara lain :

  1. Energi matahari → rumput → serangga → udang kecil → udang besar → manusia → pengurai.
  2. Energi matahari → alga → udang kecil → kepiting → manusia → pengurai.
  3. Energi matahari → alga → serangga → kerang → manusia → pengurai.
  4. Energi matahari → rumput air → ikan kecil → ikan besar → manusia → pengurai.
  5. Energi matahari → tumbuhan pantai → tikus pantai → burung → elang → pengurai.
  6. Energi matahari → fitopplankton → zooplankton → ikan kecil → ikan besar → manusia → pengurai.
  7. Energi matahari → tumbuhan pantai → musang → ular → pengurai.
  8. Energi matahari → tumbuhan pantai → kera → pengurai.
  9. Energi matahri → fitoplankton → zooplankton → kerang mutiara → pengurai.
  10. Energi matahari → fitoplankton → serangga → udang kecil → udang besar → manusia.
  11. Energi matahari → serangga → ikan kecil → kepiting → manusia → pengurai.
  12. Energi matahari → serangga → udang kecil → lobster → manusia → pengurai.
  13. Energi matahari → serangga → udang karang → manusia → pengurai.
  14. Energi matahari → alga → serangga → kerang → manusia.
  15. Energi matahari → alga → ikan kecil → udang besar → manusia.

Nah, sobat itulah beberapa contoh rantai makanan di pantai. Semoga menambah wawasan anda ya sobat. Ekosistem pantai dikenal dengan ekositem yang unik, sebab mencakup tiga unsur, yakni daratan , lautan, dan juga udara. Pantai merupakan pertemuan antara ekosistem daratan dan ekositem akuatik. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di sawah.


Selain itu ekosistem pantai juga sangat dipengaruhi oleh siklus harian air pantai yang kadang pasang dan kadang surut. Dengan keadaan yang demikian, flora dan fauna yang bisa bertahan di pantai adalah jenis flora dan fauna yang bisa beradaptasi dengan cara melekat ke benda atau tanaman lain yang keras dan tahan ombak.  Semoga bermanfaat sobat, salam hangat.

Dapat diambil kesimpulan bahwa pembahasan artikel di atas mengenai contoh rantai makanan di pantai, mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari – hari.

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan mengenai contoh rantai makanan di pantai. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi Dasar