Sponsors Link

10 Rantai Makanan di Sawah Paling Lengkap

Sobat semua pernah ke sawah?  Bagi sobat yang pernah kesawah, mungkin tidak menyadari bahwa ada ekositem yang terjadi di sawah yang tidak anda perhatikan keberadaanya. Ekosistem sawah ini merupakan ekosistem buatan manusia yang difungsikan untuk lahan budi daya tanaman padi. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di kolam.

Karena termasuk ke dalam ekosistem buatan, maka keaneka ragaman hayati dari ekosistem sawah ini terbilang cukup rendah. Hal ini dikarenakan oleh berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di ekosistem ini di dominasi oleh tanaman padi, sehingga orgasme di tingkat trofik selanjutnya juga termasuk kedalam orgasme pemakan padi. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di area hutan.

Didalam setiap ekosistem, baik ekosistem alami dan ekosistem buatan pasti kita akan menjumpai yang namanya rantai makanan. Rantai makanana itu sendiri adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melaui jenjang makanan. Adapun rantai makanan merupakan bagian dari jaring – jarring makanan dimana rantai makanan bergerak secara liniear dari produsen ke konsumen teratas. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di darat.

Berikut ini penulis akan memberikan beberapa contoh rantai makanan di sawah. Selain untuk menambah wawasan juga untuk menumbuhkan rasa cinta kita terhadap alam ya sobat. Yuk kita simak bersama – sama pemaparan berikut ini.

  1. Energi matahari → padi → burung pemakan biji → ular sawah → elang → pengurai
  2. Energi matahari → rumput → serangga → tikus → ular sawah → pengurai
  3. Energi matahari → padi → tikus → elang → pengurai
  4. Energi matahari → padi → serangga → katak → ular sawah → elang → pengurai
  5. Energi matahari → padi → keong mas → katak → ikan → ular sawah →  pengurai
  6. Energi matahari → rumput →  siput → bebek → manusia → pengurai
  7. Energi matahai → rumput → keong mas → burung → elang → pengurai
  8. Energi matahari → rumput → keong mas → burung → elang → pengurai
  9. Energi matahari → rumput → tutut → manusia → pengurai
  10. Energi matahari → serangga → belut → manusia

Itulah beberapa contoh rantai makanan yang bisa anda lihat di ekosistem sawah ya sobat. Akan tetapi rantai makanan seperti ini umumnya terjadi di sawah hanya pada saat musim tanam saja, karena tanaman padi yang baru ditanam adalah makanan terbaik yang dipilih oleh keong mas yang sudah dewasa. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di hutan.


Sedangkan keong mas sendiri saat bertelur akan dimakan oleh katak, dan begitu juga dnegan katak yang berada di sekitaran sungai merupakan mangsa yang empuk bagi ikan sedangkan ikan adalah makanan yang lezat bagi si ular sawah dan ular sawah sendiri merupakan organisme tingkat trofik tertimggi, yang baru akan melanjutkan rantai makanan setelah mati dan membusuk oleh pengurai. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di sungai.

Dapat diambil kesimpulan bahwa pembahasan artikel di atas mengenai contoh rantai makanan di sawah, mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari – hari. Sampai disini dulu ya sobat pembahasan mengenai contoh rantai makanan di sawah. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!