Sponsors Link

10 Contoh Rantai Makanan di Rawa Paling Lengkap

Sobat semua pernah tidak melihat rawa?  Tentunya tempat genangan air yang satu ini sering kita jumpai ya sobat. Meskipun biasanya tergolong kecil dan sifatnya musiman, di dalam rawa ini terdapat rantai makanan. Iya, karena memang pada hakihatnya semua ekosistem pasti memiliki kehidupan, dan kehidupan tersebut ditandai dengan adanya rantai makanan yang berlangusng di dalamnya oleh organisme – organisme yang berada di dalamnya pula. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di pantai.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengulas kembali pengertian dari ekosistem, biar nantinya sobat semua paham akan penjelasan tentang rantai makanan yang terjadi dalam satu ekosistem. Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk dikarenakan adanya hubungan timbal balik yang tidak dapat terpisahkan antara mahkluk hidup dengan lingkungannya.

Dengan demikian kita bisa menyimpulkan pengertian ekosistem air rawa adalah sistem ekologi yang terjadi karena hubungan timbal balik antara organisme yang ada dalam air rawa itu sendiri. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di padang rumput.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa di dalam setiap ekosistem pasti ada rantai makanan yang menunjukkan berlangsungnya hubungan ekologi didalam ekosistem tersebut. Begitupun dengan ekosistem air rawa, didalamnya ada rantai makanan yang terjadi diantara organisme air rawa itu sendiri. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di gurun.

Untuk menambah wawasan anda tentang ekosistem air rawa dan juga tentang rantai makanan yang terjadi di dalamnya, mari kita simak ulasan berikut ini, yang menjelaskan hubungan rantai makanan di antara organisme air rawa tersebut. Berikut adalah contoh rantai makanan di rawa :

  • Energi matahari → alga → ikan → manusia → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → kadal → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → lumut → serangga → ikan → burung bangau → pengurai.
  • Energi matahari → serangga → ganggang → burung bangau → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → siput → katak → ular → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → keong mas → katak → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → rumput → serangga → katak → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → alga → ikan kecil → ular → elang → pengurai.
  • Energi matahari → pitoplankton → ikan kecil → burung bangau → pengurai.
  • Energi matahari → lumut → cacing → burung → pengurai.

Itulah beberapa contoh rantai makanan di air rawa ya sobat. Contoh seperti diatas tentunya sudah sering kita jumpai di kehiduan sehari – hari ya.mSeperti yang kita ketahui bersama, peran air rawa sangatlah penting, yakni sebagai penampungan sementara dari debit air hujan yang cukup tinggi. Baca juga mengenai contoh rantai makanan di sungai.


Selain itu, rawa juga berperan penting sebagai persedian air bagi lingkungan sekitar, termasuk bagi manusia yang memnag mendiami wilayah sekitar rawa. Selain itu gulma yang tumbuh di rawa juga berfungsi untuk meminimalisir pencemaran air, akan tetapi bisa saja menggangu populasi ikan di dalamnya.

Dapat diambil kesimpulan bahwa pembahasan artikel di atas mengenai contoh rantai makanan di rawa, mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari – hari.

Sampai disini dulu ya sobat pembahasan mengenai contoh rantai makanan di rawa. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar