Sponsors Link

Dampak Positif dan Negatif Mempelajari Ilmu Biologi

Berikut ini beberapa dampak positif mempelajari ilmu biologi.

  • Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia seperti bahan makanan, pakaian, peralatan dan perumahan serta energi.
  • Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia hewan, maupun tumbuhan
  • Penemuan bibit unggul
  • Mengungkapkan rahasia bagaimana proses-proses kehidupan, bagaimana proses pewarisan sifat, dan bagaimana proses pewarisan gen sehingga bisa diterapkan pada kehidupan sehari – hari.
  • Dengan mempejarai biologi kita akan mampu mengkaji dan melestarikan seluk beluk lingkungan lebih dalam dengan tujuan untuk kelestarian kehidupan.
  • Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang telah ditemukan.
  • Manusia sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungan,
  • Diciptakan bibit unggul yang ramah lingkungan,
  • pemanfaatan mikroorganisme dalam segala bidang
  • Biologi dapat membantumu untuk melihat dunia dan alam kehidupan ini sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan.
  • Sebagai pengetahuan dasar untuk beberapa bidang dan profesi.misalnya:bidang pertanian,kesehatan,perkebunan,dll.

Dalam kehidupan sehari – hari, perbedaan orang yang paham betul tentang bagaimana bidang ilmu biologi dengan yang tidak, pasti akan tampak saat menemui permasalahan seperti salah satunya saat dulu pernah tersebar virus SARS. Sebagai contoh yaitu ketika muncul wabah SARS, anggota masyarakat disarankan menggunakan masker.

Tapi bagi mereka yang belum paham, akan beranggapan dengan menggunakan masker mereka tidak akan terkena SARS. Jika mereka sudah paham akan bahaya virus tersebut, maka nantinya mereka menyadari bahwa hal tersebut bertujuan untuk mencegah meluasnya virus SARS.

Jika merekasudah benar- benar paham, maka nantinya mereka akan  selalu waspada dengan cara menjaga kebersihan serta mempersiapkan tindakan yang tepat bila menjumpai gejala SARS di masyarakat. peranan virus yang menguntungkan dan merugikan makhluk hidup bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Adanya kemajuan ilmu pengetahuan terkadang mengandung sisi negatif yang tidak diharapkan.dengan semakin  berkembannya ilmu biologi dalam teknik rekayasa genetika, tidak diraguka lagi bahwa nantinya akan dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Jika teknik tersebut ternyata disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mungkin dapat menghasilkan bibit – bibit yang malah membahayakan bagi kehidupan. daur hidup virus bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Jika hal tersebut terjadi, maka kesejahteraan hidup yang seharusnya disumbangkan oleh ilmu pengetahuan tidak tercapai. Tetapi malah justru akan  menyengsarakan kehidupan. Beberapa dampak negative mempelajari ilmu biologi yaitu :

  • Digunakan untuk senjata biologis. Bakteri dan virus yang mematikan dapat digunakan sebagai senjata biologis untuk memusnahkan manusia.
  • Memunculkan organisme strain jahat.
  • Mengganggu keseimbangan lingkungan. Dengan adanya organisme baru hasil rekayasa manusia dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
  • Pelanggaran hukum dan nilai – nilai masyarakat. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan bayi tabung dengan menggunakan sperma yang diambil bukan dari suaminya melainkan memanfaatkan sperma yang ada di bank sperma.
  • Hal ini tentu akan nengaburkan status anak dan menimbulkan permasalahan di lain waktu

Munculnya bioetika memang sangat membantu dalam upaya proses pencegahan penyelewengan teknologi yang ada pada bidang biologi.

Dalam bioetika memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!