Sponsors Link
     Sponsors Link

Peran Hakikat Biologi Bagi Kehidupan Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Hakikat bilologi bagi kehidupan. Iya, hakikat biologi bagi kehidupan sehari – hari tidak usah dipertanyakan lagi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ilmu biologi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari – hari. Ada beragam penelitian serta penemuan yang telah diciptakan dan dihasilkan berdasarkan ilmu biologi.

ads

Dewasa ini sains dan teknologi semakin marak berkembang, berawal dari pemikiran manusia yang senantiasa ingin “survive” dan ingin bertahan hidup serta bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Namun, apabila pemanfaatannya kurang memperhatikan lingkungan dapat merusak ekologis lingukungan itu sendiri ya sobat, jadi sebaiknya keamanan terhadap lingkungan itu harus selalu menjadi prioritas utama. Namun disisi lain kemajuan sains dan teknologi terus berkembang dan menuntut manusia untuk memanfaatkanya sebaik mungkin.

Hakikat Biologi Bagi Kehidupan

Penerapan ilmu sains khususnya biologi tentu juga akan menimbulkan manfaat dan masalah bagi kehidupan manusia itu sendiri. Untuk itu perlu adanya etika yang mengatur penerapan ilmu biologi dan disiplin ilmu sains yang lainnya. Ada banyak sekali aspek kehidupan yang sering kita jumpai sehari – hari untuk dijadikan kajian biologi terapan seperti aspek pertanian, peternakan, budi daya ikan, budi daya pangan, dan lain sebagainya. Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (natural science) yang mempelajari segala sesuatu tentang mahkluk hidup.

Dalam uraian berikut ini penulis akan akan memberikan ulasan mengenai ruang lingkup biologi, memahami objek dan permasalahan biologi, pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, serta peranannya dalam kehidupan. Selain itu, penulis juga akan memberikan ulasan mengenai metode ilmiah dalam biologi dan bagaimana cara bersikap ilmiah. Baca juga mengenai

Penulis berharap setelah membaca ulasan ini, sobat semua dapat menjelaskan ruang lingkup biologi, objek dan permasalahan biologi, pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, serta dapat menjelaskan karakteristik biologi serta peranannya dalam kehidupan.

1. Biologi Adalah Sebagai Ilmu

Biologi merupakan ilmu tentang makhluk hidup. Ilmu ini termasuk golongan ilmu – ilmu tua yang berkembang di Zaman Yunani dan sampai sekarang telah banyak mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan hidup manusia.

  • Biologi Merupakan Ilmu Pengetahuan Alam

Biologi merupakan bagian dari sains dan memiliki karakteristik yang sama dengan sains yang lainnya. Sains disebut juga sebagai ilmu pengetahuan alam karena merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala – gejala alam. Sebagai bagian dari sains, biologi mempelajari gejala alam berupa gejala – gejala pada makhluk hidup dan semua permasalahan dalam kehidupannya. Atau dengan kata lain biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup mulai dari molekul – molekul penyuusn makhluk hidup, sel, jaringan, organ, sampai ke tingkatan yang lebih tinggi lainnya.

  • Metode Ilmiah Dalam Mempelajari Biologi

Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah. Para biologi harus mampu melakukan kerja ilmiah dalam menyelesaikan masalah atau mencari jawaban permasalahan – permasalahan yang dihadapai dalam penelitiannya. Selain itu, para biologi juga harus mampu bersikap ilmiah.


  • Kerja Ilmiah

Dalam mempelajari biologi, kita menggunkan metode ilmiah. Yaitu serangkaian kegiatan atau tahapan tertentu yang dilakukan secara sistematis. Tahapan dalam metode ilmiah ini adalah mulai dari menemukan permasalahan, mengajukan hipotesis, melakukan percobaan untuk menguji hipoteis, menarik kesimpulan dan membuat laporan percobaan.

  • Sikap Ilmiah

Selain menguasai kerja ilmiah, para biolog juga harus mampu mempunyai sikap yang ilmiah. Sikap ilmiah ini merupakan suatu akhlak untuk menjalankan penelitian ilmiah. Sikap ilmiah tersebut meliputi kemampuan membedakan fakta dan opini, sikap berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan serta dapat berargumentasi secara ilmiah pula.

2. Peranan dan Hakikat Biologi Dalam Kehidupan Sehari- hari

Ada begitu banyak peranan biologi yang sebenarnya sudah dapat kita lihat atau bahkan rasakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk menunjang berbagai kebutuhan di banyak bidang ilmu. Ada pun contoh peranan biologi tersebut adalah sebagai berikut :

  • manfaat biologi di bidang kedokteran. Contohnya, adanya tekhnik bayi tabung, program keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, operasi plastik dan terapi gen.
  • manfaat biologi di bidang farmasi. Contohnya, pembuatan vitamin sintetik, vaksin, anti bodi, hormon insulin, enzim – enzim buatan dan lain sebagainya.
  • Bidang Pertanian. Contohnya, penemu bibit unggul, tanaman transgenik (tanaman hasil rekayasa geentika), teknologi hidroponik, culture jaringan dan pemandulan hama.
  • manfaat biologi di bidang perikanan. Contohnya, budi daya kerang penghasil mutiara, budi daya udang windu dan budi daya ikan hias.
  • Bidang Industri. Contohnya, teknik pemisahan logam dari bijinya dengan menggunakan bakteri.
  • manfaat biologi di bidang pengelolaan lingkungan. Contonhnya, pengelolaan limbah dengan menggunakan mikro organisme, menguraikan tumpahan minyak dilaut dan plastik dengan menggunkan bakteri.
  • Bidang Pengembangan Energi. Contohnya, hadirnya biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi dan hewan lainnya merupakan contoh nyata limbah hewan yang dapat dijadikan alternatif untuk pengganti energi. Biogas bisa dipakai untuk memasak di pedesaan dan penerangan. Penemuan bio – diesel dan minyak jarak sebagai altenatif bahan bakar fosil untuk otomotif.
  • Bidang Kehidupan Sosial. Contohnya, semakin maraknya pembuktian DNA pada beberapa kasus kriminal, dan juga kecelakaan. Biologi sangat berperan penting dalam  hal ini, yaitu pembuktian jenis DNA korban maupun pelaku, sehingga semua kegiatan kejahatan bisa ditelusuri dengan teliti dan memastikan pelaku atupun korbannya dengan data yang akurat melaui ilmu biologi ini.
  • Bidang Teknologi Pangan. Contohnya. Adanya pembuatan keju, sosis, kecap, tape, yougurt serta jenis makanan atau minuman olahan lainnya yang memang semua hal tersebut dilakukan dengan cara biologi.
  • manfaat biologi di bidang peternakan. Contohnya, adanya inseminasi buatan (kawin suntik), klonin untuk hewan, ayam petelur tanpa dibuahi pejantan, dan hewan peternak yang bermutu unggul lainnya, yang semua hal tersebut dugunakan ilmu biologi dalam pembuatan maupun penelitiannya.

Oke sobat, sekarang anda setidaknya sudah mengerti dan mengetahui hakikat biologi bagi kehidupan kita sehari – hari ya. Ilmu biolgi membawa dampak yang sangat besar bagi kegiatan kita sehari – harinya. Tanpa adanya ilmu biologi mungkin kita tidak akan bisa menikmati hasil penelitian ini ya sobat.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel di atas mungkin bisa sobat gunakan sebagai sumber referensi sebagai bahan penunjang pembelajaran di kehidupan sehari – hari ya sobat.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai hakikat biologi bagi kehidupan ya sobat, semoga apa yang penulis paparkan dalam ulasan diatas dapat memberikan manfaat bagi sobat semua. Terima kasih bagi yang sudah berkunjung ke artikel ini, sampai jumpa di lain kesempatan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:28 Oleh :
Kategori : Biologi Dasar