Sponsors Link

Jenis Terapi Biologis Paling Lengkap

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, sekarang ini sudah semakin banyak jenis terapi yang digunakan dan dikembangankan oleh dunia kesehatan untuk  menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dan salah satunya adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh manusia yakni kanker. 

Adapun penyakit kanker tersebut sangat identik dengan kondisi degenerative dalam tubuh yang ditandai dengan adanya kerusakan dalam sel tubuh secara perlahan namun pasti akibat adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada bagian tubuh tertentu. Adapun pengobatan kanker itu sendiri berbeda  beda satu dengan yang lainya tergatung dari jenis kankernya sendiri. 

Pengobatannya ada yang berupa kemotrapi, terapi radiasi, operasi, dan ada pula kombinasi diantara ketiganya.  Namun jenis pengobatan yang lainnya yang juga sering dilakukan adalah seperti terapi biologis. Untuk ulasan yang lebih lengkap mengenai terapi biologis tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.  Cekidot.

Apa Itu Terapi Biologis ?

Adpaun yang dimaksud dengan terapi biologis adalah salah satu jenis pengobatan yang bekerja dengan cara merusak sel kanker yang ada dalam tubuh dengan secara langsung maupun tidak langsung, dengan memicu reaksi sistem imun untuk menyerang sel kanker tersebut.

Terapi biologis ini sendiri menggunakan organisme hidup, baik yang dihasilkan dari dalam tubuh manusia atau bisa juga hasil dari rekayasa dilaboratorium yang sudah dipegang oleh mereka yang ahli dibidangnya yang sengaja dibuat untuk melawan sel kanker tersebut.

Apa Saja Jenis Terapi Biologis Tersebut ?

Pada umumnya, terapi biologis tersebut memiliki beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Imuniterapi

Yang pertama adalah imunoterapi. Imunoterapi tersebut merupakan metode terapi yang memicu kerja sistem imun, terutama pada sel darah putih, untuk mendeteksi kerusakan yang akan menyerang sel abnormal dari perkembanga sel kanker tersebut.  Selain itu, imunoterapi tersebut bertujuan untuk mendorong proses respon imun antikanker.

  • Antibodi Monoclonal

Yang kedua adalah terapi Antibodi Monoclonal. Terapi yang satu ini disebut juga dengan sebutan MAb, metode terapi kanker yang satu ini menggunakan salah satu komponen imun berupa antibody ahsil rekayasa genetika manusia dan tikus.

MAb ini sendiri memiliki beberapa mekanisme untuk melawan sel kanker. Cara kerjanya dilakukan dengan cara merangsang reaksi iun untuk melawan sel kanker dan juga menghambat kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan sel kanker tersebut serta mencegah perutmbuhan tumor.

  • Terapi Sitokin

Yang ketiga adalah terapi sitokin. Adapun terapi sitokin ini dilakuakn dengan cara menggunakan protein interferin ( INF ) dan juga interleukin (  IL ) untuk meningkatkan respon imun untuk melawan sel kanker. Sitokinin ini juga akan berperan untuk mendorong produksi sel darah dan tentunya bisa mengatasi efek samping dari adanya kemotrapi tersebut yang berdampak pada produksi sel darah merah itu sendiri.

  • Terapi Gen

Yang keempat adalah terapi gen. Metode terapi gen pada manusia ini merupakan terapi dengan menginjeksi materi genetik (  DNA dan RNA )  sel normal terhadap kanker dengan menggunakan vektor yang dapat berupa virus atau partikel lemak. Materi genetik yang dimasukkan tersebut bertujuan untuk menghancurkan sel kanker tersebut.


Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya yang lebih menarik. Salam

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar