Sponsors Link

Perbedaan Respon Tubuh Saat Minum Obat Sebelum dan Setelah Makan

Pada saat kondisi tubuh kita tidak sehat atau tidak fit, tentunya selain istirahat dan makan dengan teratur hal yang lainnya yang perlu kita perhatikan adalah konsumsi obat untuk membantu menghilangkan rasa tidak enak badan tersebut. pengaruh faktor genetik terhadap metabolisme obat bisa anda pelajari juga sebagai informasi tambahan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, obat dan makanan  memiliki keterkaitna yang khusus. Oleh karena itu, tak heran jika kita berobat ke dokter dan kita diberi beberapa obat yang harus kita konsumsi, maka sering kali dokter agar meminum obat tersebut ada yang sebelum dan ada juga yang sesudah makan, meski memang pada umunya lebih banyak obat yang kita konsumsi setelah makan. 

Hal ini tentunya tergantung dari jenis obat dan juga jenis  dari penyakit seseorang tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara makanan dan obat tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Obat Akan Berinteraksi Dengan Makanan

Adapun obat dan makanan tersebut tentunya akan sama sama masuk kedalam sistem pencernaan anda. Pada saat anda makan, maka organ dan jaringan dalam tubuh anda akan melakukan fungsinya untuk memproses makanana dalam saluran cerna.

Aliran darah akan lebih banyak menuju organ yang sedang bekerja untuk memecah makanan, empedu dilepaskan oleh hati, dan sel pada dindung lambung anda melepaskan asam lambung untuk memecah makanan tersebut. Proses tubuh dalam mencerna makanan inilah yang akan menghambat proses kinerja oabt tersebut.

Perbedaan Respon Tubuh Saat Minum Obat Sebelum dan Setelah Makan

  • Respon Minum Obat Sebelum Makan

Minum obat sebelum makan, akan berguna untuk mengurangi berbagai efek samping. Adapun efek samping yang dimaksud tersebut adalah seperti adanya mual dan muntah, sebut saja seperti pada obat allopurinol, bromocriptine dan juga pada madopar. 

Selain itu, efek samping dari iritasi bagian bagian lambung juga akan bisa terhindari, gangguan pencernaan dan radang lambung  dalam obat obatan seperti yang terdapat pada aspirin, ibuprofein dan juga steroid. Selain itu, minum obat sebelum makan juga akan berguna untuk mendukung kinerja obat sebut saja sebagai salah satu contohnya pada obat antasida yang berguna untuk mencegah refleks, heartburn dan juga adanya gangguan pencernaan.

Obat yang diminum sebelum makan juga sering kali berfungsi lebih maksimal karena pada umumnya, obat yang dikonsumsi sebelum makan, maka perut masih akan terasa kosong sehingga obat tersebut dapat dicerna oleh  tubuh secara maksimal, hal ini terutama berlaku bagi obat lambung yang memang lebih baik dikonsumsi pada saat lambung kosong.

  • Respon Minum Obat Setelah Makan

Untuk beberapa obat obatan tertentu, ada baiknya dikonsumsi pada saat setelah sehabis makan. Hal ini dikarenakan obat tersebut tidak akan menerima respon yang baik pada saat perut anda sudah berisi, sehingga makanan dan obat tersebut akan saling bekerja sama untuk mempermudah penyembuhan anda.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa minum obat dianjurkan  setelah selesai makan, antara lain :

  • Mendukung kinerja dari obat tersebut
  • Memastikan obat diserap dalam aliran darah
  • Membantu tubuh dalam mencerna makanan
  • Mengurangi efek samping.

Itulah sobat ulasan mengenai perbedaan respon tubuh saat minum obat sebelum dan setelah makan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Salam hangat selalu.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar