Sponsors Link

Alat Pernapasan Bintang Laut dan Penjelasannya

Bintang laut merupakan salah satu hewan laut yang masuk ke dalam kategori invertebrate dan termasuk dalam hewan filum enchinodermata. sistem pernafasan hewan invertebrata tentu saja mempunyai perbedaan dengan sistem pernapasan hewan vertebrata. Hewan ini hidup di dasar laut dan tentunya bisa bergerak ya sobat, berbeda dengan bintang di langit yang yang berada diatas langit, kalau bintang laut ini adanya didasar laut. Sesuai dengan namanya, bentuk hewan laut yang satu ini memang bentuknya seperti bintang ya sobat, namun ukurnanya tentunya lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bintang yang ada dilangit.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan informasi yang sangat menarik buat anda nih sobat, yaitu mengenai ilmu pengetahuan alam yakni pengetahuan seputar klasifikasi bintang laut, lebih tepatnya yakni membahas mengenai alat pernapasan bintang laut. Tentunya binatang ini sangat unik dan bikin penasaran ya sobat, yuk mari kita kisam ulasan lebih lanjut tentang hewan yang satu ini.

Keunikan Tubuh Bintang Laut

Sebagai hewan laut, bintang laut memiliki ciri  ciri khusus yang unik dan merupakan ciri khasnya, berikut ini ulasannya :

  • Bagian Lengan yang Bisa Berregenerasi

Seperti bintang pada umumnya, daur hidup bintang laut ini juga memiliki lima lengan, sehingga memang bentuknya persis menyerupai bintang yang sering kita lihat di langit. Selain itu, bintang laut ini mempunyai persamaan dengan hewan kadal yang sering kita lihat di daratan yakni dapat meregenerasi lengannya jika hilang atau putus, dan akan tumbuh kembali seperti semula dalam waktu beberapa bulan.

Jika pada kadal kita mengenal regenerasi pada ekornya, nah untuk bintang laut ini melakukan regenerasi pada lengannya. Berbeda dengan binatang yang lainnya, hewan bintang laut ini tidak memiliki otak dan tidak memiliki sistem syaraf pusat melainkan hanya memiliki syaraf yang terletak dibawah kulit mereka.

  • Tidak Memiliki Otak dan Sistem Peredaran Darah

Selain tidak memiliki otak, hewan unik yang satu ini juga tidak memiliki darah, tetapi sebagian gantinya bintang laut memiliki sistem vaskular air ( water vascular system ) yang berkembang dengan baik. Dan yang paling menarik dari bintang laut ini adalah pada saat mereka bergerak, karena makhluk laut yang satu ini memiliki ratusan kaki tabung yang terdapat pada bawah tubuh mereka. Kaki tabung tersebut menempel ke dasar laut untuk kemudian bergerak seperti gelombang, dengan satu bagian dari kaki tabung itu elepaskan diri dan yang sebagiannya lagi menempel pada dasar laut untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka.

Alat Pernapasan Bintang Laut

Adapun alat pernapasan bintang laut ini tersusun atas alat –  alat pernapasan yang sangat sederhana. Sistem ambulakral merupakan alat pernapasan pada hewan bintang laut ini, sekaligus melakukan pergerakan yang memungkinkan air masuk melalui lubang pada kulitnya yang bernama medropit kedalam pembuluh batu.


Kemudian menyalurkannya menuju saluran cincin yang bercabang pada kelima lengannya yang diberi nama saluran radial hingga kedalam saluran rateral. Deretan –  deretan kaki tabung pada tiap cabang tangan yang bergelembung disebut dengan nama ampula yang menjadi kahir perjalanan air dari luar tubuh sangn hewan berlengan lima ini.

Jika anda penasaran melihat secara langsung hewan laut yang unik ini, anda bisa menemukannya di pantai ya sobat. Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini mengenai alat pernapasan bintang laut, semoga bermanfaat. Salam ekosistem laut.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors