Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Anoa Terlengkap Beserta Penjelasannya

Berdasarkan karakteristik letak geografisnya, hewan anoa termasuk ke dalam hewan peralihan. Hewan peralihan merupakan. Penyebaran anoa sendiri, dapat ditemukan di wilayah Indonesia bagian Timur yaitu Sulawesi. Berikut ini supaya teman-teman mengetahui ciri-ciri hewan anoa lebih lanjut simak penjelasannya dari dosen biologi

1. Jenis spesies hewan anoa dibedakan menjadi 2 (dua)

Hewan anoa berdasarkan ketinggian tempat tinggalnya dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu pegunungan dan dataran rendah. Berikut ini penjelasan secara singkat terkait perbedaan diantara keduanya.

  • Anoa pengunungan adalah anoa yang tinggal di wilayah pegunungan dengan warna tubuh lebih hitam dan bulu tebal.
  • Anoa dataran rendah adalah anoa yang tinggal di wilayah dengan dataran rendah dengan warna tubuh tidak lebih hitam dari anoa pegunungan dan memiliki sedikit bulu pada tubuhnya.

2. Habitat di hutan tropika dataran dan savana

Hewan anoa mudah ditemukan di hutan tropika dataran dan savana. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Indonesia memiliki beberapa wilayah dengan karakteristik tertentu seperti hutan tropika dataran dan savana. Kalau dilihat dari karakternya, hutan tropika dataran adalah hutan yang memiliki pohon dengan tinggi lebih rendah dan daunnya akan berguguran di musim kemarau serta homogen pepohonan yang ada disana. Sedangkan savana adalah padang rumput yang diselingi pohon dengan daerah beriklim curah hujan yang sedikit.

3. Tipe pemakan herbivora

Ciri-ciri hewan anoa menurut tipe pemakannya adalah herbivora. Herbivora adalah hewan yang mengkonsumsi rumput dan dedaunan sebagai sumber energi mereka. Adapun contoh hewan herbivora selain anoa yang perlu anda ketahui.

4. Morfologi tubuh anoa berdasarkan bagian-bagian tubuhnya

Hewan anoa memiliki tubuh yang hampir sama dengan kerbau. Tinggi pundak dari anoa pegunungan dan anoa dataran rendah sangat berbeda. Pada anoa pegunungan, tinggi pundak antara 80-100 cm sedangkan anoa dataran rendah memiliki tubuh dengan tinggi pundak 60-75 cm. Adapun bentuk kepala keduanya mirip dengan kepala sapi sedangkan kaki dan kuku hewan anoa menyerupai banteng. Tanduk pada hewan anoa memiliki penampakan yang tidak bulat di bagian dasar melainkan segitiga seperti kerbau. Ukuran badan anoa pegunungan lebih kecil dibandingkan dengan anoa dataran rendah.

5. Sistem pencernaan ruminansia

Sistem pencernaan hewan anoa mirip dengan hewan ruminansia. Proses makanan bisa dicerna oleh hewan ruminansia diawali dari masuknya makanan ke dalam mulut hewan anoa tanpa dikunyah. Lalu masuk ke dalam rumen dan retikulum difermentasi bakteri anaerob. Makanan akan berbentuk bolus akan dimuntahkan dan dimasukkan kembali ke mulut dan dikunyah. Kemudian makanan yang sudah dikunyah masuk ke omasum melalui rumen dan retikulum di omasum dan dicerna secara mekanik. Selanjutnya makanan masuk ke abomasum melalui proses kimia karena bantuan enzim dan bakteri.


6. Sistem pernapasan seperti hewan mamalia lainnya

Sistem pernapasan pada hewan anoa sama dengan sistem pernapasan hewan mamalia. Saat udara masuk ke dalam tubuh maka otot diafragma berkontraksi dan rongga dada mengembang agar udara masuk melalui hidung dan menuju paru-paru. Selanjutnya dada akan melepaskan udara dengan melepaskan otot diafragma dan otot tulang rusuk.

7. Sistem reproduksi hewan anoa secara seksual

Sistem reproduksi anoa dilakukan dengan cara seksual dimana terjadinya pertemuan sel sperma jantan dan sel telur betina sehingga terjadi pembuahan. Periode masa kehamilan anoa terjadi mulai dari 276 hari sampai 315 hari sehingga dalam setahun anoa bisa melahirkan hanya 1 ekor anak. Periode melahirkan anoa terjadi pada bulan Agustus sampai Oktober. Adapun ciri-ciri bayi hewan anoa baru lahir memiliki bulu berwarna cokelat keemasan hingga kekuningan dan seiring masa pertumbuhannya kulit bayi anoa berubah menjadi gelap. Ciri-ciri hewan vivipar yang perlu anda ketahui.


Ciri-ciri hewan anoa sudah teman-teman semua ketahui bersama. Sekarang dosen biologi akan menunjukkan manfaat yang bisa diperoleh dari hewan anoa yang memiliki nama latin Bubalus depressicornis adalah bahan membuat kerajinan kulit, hiasan, bahan minyak gosok, obat sakit perut dan dikonsumsi.

Oleh karena itu setiap bagian anoa seperti kulit, tanduk dan dagingnya sering dimanfaatkan. Tentunya manfaat pada hewan anoa ini perlu kita lesatarikan dan kita jaga, supaya penerus bangsa nantinya bisa mengetahui seperti apa hewan anoa itu. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan