Sponsors Link

10 Contoh hewan herbivora Terlengkap Beserta Ciri dan Penjelasannya

Contoh hewan herbivora adalah kelompok hewan yang berada di tingkat konsumen satu atau tumbuhan seperti burung, jerapah, kuda, dan lain – lain. Hewan ini akan bertahan hidup dengan cara mengkonsumsi produsen berupa tumbuh-tumbuhan. Yang. Pada umunya hewan herbivora tidak mempunyai gigi taring dengan permukaan yang tajam, hal ini menunjukkan perbedaan ciri ciri hewan karnivora herbivora omnivora . Hal ini akan memungkinkan hewan herbivor untuk mencerna makanan dengan mudah. Hewan herbivora pada umumnya merupakan hewan yang jinak. Mereka di alam liar banyak berkumpul di daerah padang rumput, hutan, dan semak-semak. Berikut adalah contoh hewan herbivora.

1. Kambing (Capra aegagrus)

Kambing (Capra aegagrus sp.) adalah  hewan yang memamah biak. Mereka memiliki ukuran yang sedang. Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak. Mereka banyak diternakan untuk diambil daging, susu, dan kulitnya. Hewan ini diketahui berasal dari daratan Eropa. Ciri khas hewan kambing antara lain mempunyai janggut dan memiliki ekor ke atas. Rambut pada kambing lurus serta berdahi cembung. Kambing memiliki sepasang tanduk. Kambing jantan memiliki tanduk yang lebih besar dibanding dengan kambing betina. Gigi pada kambing umumnya adalah jenis geraham. Hewan karnivora herbivora dan omnivora memiliki perbedaan struktur gigi.

2. Kuda (Equus caballus)

Hewan kuda (Equus caballus) salah satu hewan herbivora yang dibudidayakan oleh manusia. Hewan ini dimanfaatkan tenaga, daging dan kulit. Kuda telah dikenal sebagai alat transportasi sejak zaman dulu.  Hewan ini menyukai makanan berupa rerumputan dan dedaunan. Kuda kini juga banyak dijadikan sebagai sarana untuk olahraga. Susu kuda juga dijadikan sebagai obat herbal. Contoh rantai makanan di hutan salah satunya adalah komponen konsumen satu yakni kuda.

3. Sapi (Bos taurus)

Sapi memiliki nama latin Bos taurus. Hewan ini merupakan hewan memamah biak yang dapat dibudidayakan oleh manusia. Sapi banyak digunakan oleh manusia untuk dimanfaatkan bagian daging, susu, dan kulit. Sapi merupakan jenis hewan herbivora yang memakan rumput-rumputan serta berbagai jenis dedaunan. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang khusus dimana terdiri dari empat bagian lambung. Hewan ini juga dikenal dengan hewan rumninsia.

4. Rusa (Cervidae goldfuss)

Rusa memiliki nama latin Cervidae goldfuss. Hewan ini juga merupakansalah satu hewan mamalia yang memamah biak dimana memiliki empat bagian lambung (ruminansia). Rusa tergolong dalam famili Cervidae. Hewan rusa merupakan herbivora yang memakan rerumputan. Struktur gigi geraham pada rusa  sangat rapat. Sistem pencernaan pada rusa juga sangat sesuai dengan tekstur makanannya. Rusa adalah slaah satu hewan yang menjadi pelari yang baik. Kakinya yang panjang memungkinkan rusa untuk berenang dan melompat.

5. Belalang

Serangga belalang pada jenis belalang kecil merupakan pemakan rumput. Mereka memiliki warna hijau hoingga kecoklatan. Belalang ini banyak ditemukan di rerumputan. Belalang memiliki kaki yang lebih panjang sehingga memungkinkan mereka untuk melompat.


6. Badak (Ceratotherium simum)

Badak adalah contoh herbivora yang juga tergolong ke dalam memamah biak. Badak diketahui memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Bobot pada badak dapat mencapai lebih dari 1 ton. Badak memiliki ciri khas berupa cula. Ada jenis badak yang hanya mempunyai satu cula dan ada pula badak yang memiliki dua cula. Indra pada penglihatan badak sangat terbatas, namun badak memiliki penciuman yang kuat. Usia badak diketahui berkisar 40 hingga 45 tahun.

7. Gajah (Elephas maximus)

Gajah adalah salah satu mamalia darat yang diketahui memiliki ukuran tubuh paling besar. Hewan ini memiliki ciri khas hidung panjang atau dikenal dengan nama belalai. Gajah juga memiliki ciri telinga yang lebar. Tubuh gajah sangat besar. Telinga yang lebar pada gajah menggambarkan kemampuan gajah dalam mendengar. Gajah juga termasuk ke dalam contoh hewan herbivora karena gajah pemakan produsen atau tumbuhan. Gajah banyak dipelihara di kawasan Thaliland dan dikenal sebagai negara yang menggunakan lambang gajah.

8. Tapir (Tapirus bairdii)

Tapir memiliki nama latin Tapirus bairdii. Hewan ini termasuk jenis herbivora yang hidup di dalam ekosistem dengan daerah hutan hujan tropis. Tapir memiliki ciri khas hewan yang bentuk tubuhnya menyerupai babi. Telinga tapir menyerupai binatang badak. Pada mulut Tapir berbentuk seperti trenggiling. Tapir termasuk kini termasuk hewan langka dan hewan peralihan. Keberadaan pada jumlah Tapir di alam liar saat ini sudah sangat terbatas.


9. Jerapah (Giraffa camelopardalis)

Jerapah memiliki nama latin Giraffa camelopardalis. Jerapah merupakan hewan yang termasuk herbivora. Hewan ini memiliki kuku dengan jumlah genap. Jerapah merupakan hewan endemik yang berasal dari Afrika. Jerapah juga merupakan spesies hewan dengan leher tertinggi yang hidup di darat. Tinggi pada jerapah jantan dapat mencapai hingga 5,5 meter. Berat jerapah dapat mencapai 1,3 ton. Pada leher jerapah memungkinkan jerapah untuk mengambil daun di pohon tinggi dan besar. Contoh rantai makanan di sungai yang termasuk herbivor adalah ikan pemakan fitoplankton.

10. Anoa

Anoa adalah jenis hewan yang endemik berasal dari daerah sulawesi tenggara. Status hewan ini kini terancam punah. Anoa kerap menjadi binatang buruan untuk diambil kulitnya, tanduk dan daging. Anoa memiliki habitat di ekosistem savana dan di area padang rumput. Anoa diketahui memiliki habitat hidup di daerah yang lembab dekat peairan. Mereka juga merupakan hewan penghuni di hutan. Anoa dapat bertahan hidup dengan cara berpindah tempat atau nomaden.

11. Unta

Onta adalah hewan khas di timur tengah yang merupakan pemakan tumbuhan. Onta memiliki bentuk tubuh yang unik. Onta memiliki punuk yang digunakan untuk menyimpan cadangan air. Kaki onta memiliki kuku yang memungkinkan berjalan di struktur tanah berpasir. Hewan ini adalah salah satu bagian dari  macam macam piramida makanan.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan