Sponsors Link

Ciri-Ciri Hewan Mollusca Terlengkap Beserta Penjelasannya

Hewan MolluscaHalo semuanya, balik lagi bersama dosen biologi. Kali ini dosen biologi akan menyampaikan materi biologi yang menarik. Pastinya kawan-kawan semua penasaran bukan ?. Materi yang kali ini akan kita bahas adalah ciri-ciri hewan mollusca.

Mollusca sendiri bisa dikelompokkan menjadi hewan yang tidak memiliki tulang belakang (hewan invertebrata). Selain itu bentuk tubuh mollusca yang sering kita lihat adalah bertubuh lunak. Oleh karena itu mereka termasuk katergori hewan invertebrata. Selain memiliki tubuh lunak, hewan mollusca memiliki ciri-ciri lain. Yuk kita simak penjelasan dari dosen biologi mengenai ciri-ciri hewan mollusca lainnya berikut ini.

1. Habitat air tawar, laut dan darat

Hewan mollusca dapat dengan mudah kita jumpai di air tawar, laut dan darat. Kemampuannya bertahan dibeberapa tempat ini menjadikan hewan mollusca bersifat kosmopolit. Komposit adalah kemampuan hewan yang penyebarannya sangat luas. Dengan demikian hewan mollusca dapat dengan mudah ditemukan.

2. Punya cangkok

Cangkok pada hewan mollusca dapat disebut sebagai cangkang. Adapun fungsi cangkang pada hewan mollusca adalah untuk melindungi tubuh hewan mollusca apabila terjadi ancaman dari lingkungan dan dapat memberikan bentuk pada hewan mollusca. Cangkang pada hewan mollusca dibuat dari zat kapur.

3. Bentuk tubuh triploblastik selomata dan simetri bilateral

Triploblastik selomata adalah lapisan pada tubuh hewan. Pada mollusca triploblastik selomata dapat diartikan sebagai adanya 3 (tiga) lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam pada tubuh bagian depan hewan selomata. Kemudian apabila tubuh hewan selomata dibagi menjadi 2 (dua) maka bagian yang sama adalah bagian sisi kiri dan kanan. Apabila kalian memotongnya mulai dari mulut sampai anus.

4. Berkembang biak dengan bertelur

Pada hewan mollusca pembuahan terjadi secara internal. Pembuahan internal artinya calon individu baru hewan mollusca berada di dalam tubuh induknya. Beberapa hewan mollusca memiliki kelamin ganda dan ada yang memiliki kelamin terpisah.

5. Tubuh dilapisi lendir

Tubuh hewan mollusca yang berlendir dipengaruhi oleh banyaknya kelenjar.


6. Dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kelas

Hewan mollusca dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kelas klasifikasi hewan mollusca meliputi pelecypodia, gastropoda dan chepalopoda. Perbedaan ketiga kelas ini dipengaruhi atas dasar karakteristik kaki pada tubuh hewan mollusca. Fungsi kaki pada hewan mollusca adalah untuk sebagai alat gerak dan menangkap mangsanya. Berikut ini penjelasan ketiga kelas hewan mollusca untuk anda secara singkat.

  • Pelecypodia adalah hewan mollusca yang memiliki bentuk kaki pipih seperti mata kapak. Contoh hewan pelecypodia adalah kerang, remis dan tiram.
  • Gastropoda adalah hewan mollusca yang menjadikan perut sebagai kaki. Contoh hewan gastropoda adalah bekicot dan siput air tawar.
  • Chepalopoda adalah hewan mollusca yang menjadikan kepala sebagai kakinya. Contoh hewan chepalopoda adalah sotong, cumi-cumi, gurita dan Nautilus.

7. Struktur tubuh terdiri dari kaki, massa viseral dan mantel

Hewan mollusca memili 3 (tiga) bagian tubuh yaitu kaki, massa viseral dan mantel. Kaki pada hewan mollusca berfungsi untuk alat gerak dan menangkap mangsanya. Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca dimana menjadi tempat sistem organ yaitu sistem pencernaan, sistem ekskresi dan sistem reproduksi. Sedangkan mantel adalah jaringan tebal yang melindung massa viseral. Mantel pada hewan mollusca membentuk sebuh rongga, jadi hewan mollusca bisa bernafas melalui rongga mantel tersebut.


8. Sistem organ hewan mollusca sudah lengkap

Hewan mollusca sudah memiliki sistem organ yang lengkap. Berikut ini beberapa sistem yang dimiliki hewan mollusca adalah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem saraf, sistem otot dan sistem reproduksi.

Ciri-ciri hewan mollusca yang telah kita pelajari sebelumnya, buat pengetahuan kita jadi bertambah bukan ?. Selain ciri-ciri hewan mollusca yang perlu kita ketahui, hewan mollusca ini bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari hewan mollusca adalah sumber pangan dan menjaga keseimbangan ekosistem. Beberapa manfaat tersebut merupakan peranan mollusca yang menguntungkan bisa anda ketahui. Adapun kerugian mollusca yang bisa anda ketahui dengan membaca artikel halogigi sebelumnya. Sekian pembahasan dosen biologi mengenai ciri-ciri hewan mollusca. Semoga bermanfaat. Belajar biologi jadi asik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya kawan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan