Sponsors Link

10 Contoh Hewan Melata Terlengkap Beserta Penjelasannya

Contoh hewan melata banyak yang berasal dari kelompok reptil diantaranya seperti buaya, kadal, ular, dan iguana. Hewan melata merupakan kelompok dari hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang. Hewan ini hewan yang berdarah dingin atau dikenal dengan nama poikiloterm. Pada umumnya hewan yang memiliki sisik. Sisik ini akan mentupi bagian di sekujur tubuh hewan tersebut. Saat ini klasifikasi animalia melata tersebut dapat ditemukan hidup pada berbagai daerah yakni Benua Antartika.

Banyak ahli yang menyebutkan jika hewan yang termasuk melata. Pada organisme ini akan memiliki kemampuan berkembang biak pada berbagai habitat atau lingkungan. Jika berada pada habitat atau lingkungan yang kering atau gersang maka jenis jenis tertentu memiliki daya adaptasi yang tinggi. Salah satu contoh yang hidup di daerah kering adalah  komodo dan kadal. Banyak  jenis hewan  yang akan bertahan di tempat yang kering dan dapat hidup di dua alam. Contoh hewan tersebut adalah kura-kura, ular dan buaya. Berikut dalah ciri – ciri hewan melata.

  • Pada tubuh hewan yang termasuk melata akan tutupi oleh sisik.
  • Pada hewan yang termasuk melata termasuk golongan kelompok berdarah dingin.
  • Pada hewan ini telah memiliki sistem pernafasan hewan reptil khusus yakni berupa paru-paru
  • Pada hewan melata yang memiliki kemampuan untuk berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.
  • Pada banyak hewan juga berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan dan ovovivipar atau bertelur melahirkan.
  • Pada banyak hewan melata telah mempunyai bagian sistem saraf yang berkembang yakni berupa otak.
  • Banyak hewan yang memiliki alat indra yang telah jelas tampak diantaranya mata, hidung dan telinga.
  • Banyak hewan yang juga mampu hidup di dua alam.

Berikut adalah beberapa contoh hewan yang termasuk hewan melata.

1. Ular

Ular diketahui sebagai salah satu contoh hewan reptil melata. Hewan ini tidak memiliki kaki namun pada bagian tubuh dengan ukuran yang panjang . Ular menjadi hewan yang melata dengan tubuh yang tertutupi oleh bagian sisik. Ular yang telah dimiliki oleh banyak jenis ini akan dapat ditemukan di berbagai daerah yakni daerah gunung, daerah hutan. Pada daerah dataran rendah akan  dapat ditemukan di daerah laut maupun darat. Pada bagian yang besar  jenis ular akan dapat ditemukan di daerah dengan iklim tropis. Pada hewan yang temasuk ke dalam kelompok hewan berdarah dingin ini belum bisa ditemukan di daerah gunung maupun padang salju. Ular ini termasuk pada kelompok karnivora atau  pemakan daging. Pada hewan ini  juga dapat memakan berbagai  jenis serangga.  Mereka juga akan memangsa burung

2. Buaya

Pada hewan buaya yang termasuk ke dalam hewen reptil dengan memiliki ukuran tubuh yang besar. Pada hewan ini memiliki cara untuk berkembang yakni dengan ovovivipar atau bertelur melahirkan. Hal ini menjadikan buaya sebagi hewan yang menghuni habitat pada air tawar di sungai maupun di rawa. Pada hewan ini dapat hidup di lahan yang lembab dengan cara menghuni air payau seperti buaya muara. Buaya adalah hewan pemakan daging dan termasuk vertebrata atau hewan yang bertulang dewasa. Pada jenis hewan yang memiliki tulang belakang diantaranya ikan, mamalia dan hewan reptile. Pada hewan buaya yang kemudian mengalami evolusi kemudian terjadi perubahan pada zaman dinosaurus. Sistem ekskresi pada reptil telah memiliki saluran yang khusus.


3. Kadal

Pada kadal akan ini menjadi salah satu jenis dari hewan reptil. Reptil adalah hewan yang memiliki sifat untuk ditutupi sisik. Pada bagian sisik tersebut akan  menutupi bagian tubuhnya. Pada banyak jenis kadal memiliki kemampuan untuk tinggal di bagian atas tanah. Pada sebagian kadal banyak ditemukan bersembunyi pada tanah yang struktur yang gembur. Pada hewan kadal akan mudah berkeliaran di batang atau ranting pohon. Hewan ini akan memakan buah – buahan dan serangga. Pada hewan ini merupakan golongan pada amfibia yang memiliki kemampuan mamalia. Sistem peredaran darah reptil yakni tertutup.

4. Iguana

 Pada iguana ini merupakan hewan yang diketahui berasal dari tropis di seperti Amerika Tengah dan  Amerika Selatan. Hewan ini akan memiliki penglihatan yang sangat tajam. Iguana juga memiliki kemampuan untuk melihat bayangan dan mampu untuk melihat dalam jarak yang jauh. Hewan ini memiliki warna untuk mengelabui musuh.

5. Komodo

Komodo merupakan salah satu spesies yang termasuk ke dalam kadal terbesar. Hewan ini juga diketahui sebagai hewan yang  hanya dapat ditemukan di pulau komodo. Pada Daerah lain seperti Flores dan Gili banyak yang menyebut hewan ini sebagai sebutan ora. Hewan ini dapat tumbuh hingga mencapai 70 kg.

6. Kura-kura

Pada hewan kura – kura merupakan binatang yang melengkapi kaki empat. Hewan ini mempunyai sisik yang tumbuh pada seluruh tubuhnya. Pada binatang ini termasuk ke dalam hewan golongan reptile.

7. Tokek

Tokek adalah salah satu hewan melata. Hewan ini dapat berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur melahirkan. Hewan ini banyak ditemukan di lingkungan rumah. Tokek akan menampakkan dirinya namun seringkali malu – malu. Tokek adalah hewan pemakan serangga dan hewan yang lebih kecil

8. Penyu

Penyu adalah salah satu hewan yang memiliki kekerabatan dengan kura-kura. Hewan penyu ini akan memiliki bentuk tubuh yang dilengkapi dengan tempurung. Hewan ini juga memiliki ukuran yang beraneka ragam tergantung kepada jenis. Penyu merupakan hewan yang berkembang biak ovipar atau bertelur.

9. Alligator

Aligator adalah hewan yang memiliki perawakan mirip dengan buaya. Hewan ini memiliki gigi yang tajam dengan mulut yang lebih lebar .

10. Caiman

Hewan ini tergolong kepada hewan reptil. Hewan ini juga memiliki ukuran badan yang lebih kecil.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan