Sponsors Link

11 Contoh Hewan Porifera Terlengkap Beserta Ciri dan Penjelasannya

Contoh hewan porifera adalah hewan yang memiliki pori yang banyak untuk menyerap oksigen dan digunakan untuk regulasi tubuh. Ciri ciri porifera adalah salah satu hewan yang multiseluler. Pori – pori pada hewan ini sangat banyak. Tubuh porifera memiliki bagian mesohil yang berada diapit oleh dua lapisan dengan testur yang tipis. Porifera diketahui tidak memiliki sistem pencernaan dan sistem regulasi serta sistem pencernaan. Struktur tubuh porifera sangat khas dan berbeda dengan hewan yang lain.

Hewan ini termasuk ke dalam heterotrof. Hewan ini tidak mempunyai dinding sel. Porifera mampu menghasilkan sperma. Porifera memiliki habitat di dalam laut. Porifera mampu untuk bertahan hidup dengan cara memakan berbagai partikel dan bakteri yang terbawa air melalui celah. Celah spons pada Porifera mampu untuk berreproduksi. Hewan ini melakukan pergerakan yang terbatas karean sesile. Fertilisasi dilakukan dengan internal. Tranportasi pada sistem kanal memiliki sistem transportasi yang membantu mengumpulkan makanan. Berdasarkan zat penyusun pada jenis Porifera akan digolongkan ke dalam beberapa kelas.

  • Kelas Calcarea

Golongan pada kelas Calcarea yakni merupakan Porifera dengan perlengkapan spikula yang berasal dari zat kapur. Pada umumnya jenis ini hidup di air laut dengan kedalaman yang dangkal. Contoh hewan tersebut adalah Scypha gelatinosa, Grantia, Leucosolenia.

  • Kelas Hexactinellida

Golongan pada porifera ini mempunyai spikula. Spikula tersebut berasal dari zat kersik atau zat silikat. Hewan ini hidup di laut yang dalam. Contoh hewan tersebut adalah Pheronema sp, Euplectella, Regadrella sp.

  • Kelas Demospongiae

Kelas ini memiliki spikula yang berasal dari zat kersik dan protein (sponge). Tubuh pada sponge ini lunak dan tidak diketahui memiliki skeleton. Hewan ini juga hidup di laut yang dangkal. Hewan sponge dari kelas Demospongiae mempunyai jumlah jenis yang banyak. Contoh dari jenis dari kelas ini adlaah Euspongia officinalis (spons mandi), Spongilla, Haliclona, Microciona, Corticium.

Berikut adalah beberapa contoh dari hewan yang tergolong porifera.

1. Sycon ciliatum

Sycon ciliatum adalah salah satu jenis sponge yang berasal dari kelas Calcarea. Jenis Porifera ini berasal dari subregnum Parazoa. Kelompok animalia ini mulai ditemukan dan dipublikasikan pada tahun 1780 oleh seorang ilmuwan bernama Fabricius. Hewan ini memiliki permukaan tubuh yang berstruktur dan bertekstur keras. Kekerasan tubuhnya seperti batu. Pada bagain lubang tersebut dapat menyerap oksigen. Selain itu, hewan ini memperoleh makanannya dengan cara difusi melalui sistem tubuhnya yang khusus. Tubuhnya tersusun oleh zat kapur. Ciri ciri filum porifera ini dapat ditemukan dengan mudah pada air asin di kedalaman yang rendah.

2. Euspongia officinalis 

Hewan ini juga merupakan salah satu hewan yang tergolong kepada porifera. Ciri ciri terumbu karang yang khas dari euspongia yakni pada sekujur tubuh terdapat pori sebagaimana porifera. Pori-pori atau porus terdapat lubang kecil dan bagian lubang faro. Lubang tersebut  membawa atau mengandung zat kapur.  Hal ini yang menjadi penyebab utama namanya. Hewan yang menjadi salah satu anggota Kerajaan Animalia ini terdiri atas spons dengan stuktur tubuh yang dinilai paling sederhana. Hewan pada filum memiliki  hanya satu lapisan tubuh, tidak seperti hewan lainnya yakni dua hingga  tiga lapisan.  Pada rancangan tubuh ini memungkinkan sponge untuk hidup di laut yang dangkal.


3. Spongilla prespensis

Pada hewan Spongilla prespensis adalah salah satu jenis spons yang tergolong ke dalam kelas Demospongiae. Filum hewan ini yakni Porifera di dalam kingdom Animalia. Spons jenis ini memiliki pori yang dapat membantu berdifusi. Pengaliran cairan dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang rendah. Sistem sirkulasi air ini yang membuat spons dapat bertahan hidup.

4. Haliclon

Pada hewan Haliclon memiliki beberapa ciri yang khas. Tubuh pada hewan ini berbentuk simetri radial. Spons Haliclon juga memiliki bentuk tubuh silinder seperti berbentuk bola. Pada bagian tubuh akan tampak bercabang. Hewan ini memiliki struktur penulangan  yang ada di dalam tubuhnya. Spons ini banyak ditemukan di dalam laut yang gelap. Mereka memiliki jumlah yang sangat banyak. Hewan ini dapat ditemukan di kedalaman pasifik dengan ketinggian 1500 – 3000 kaki. Batas dari pantai sejauh 3 mil di bawah.

5. Microciona sp

Klasifikasi filum porifera pada jenis Microciona sp ini diketahui memiliki kerangka pada tubuh spon yang tersusun atas dengan berbagai bentuk spikula. Ada juga yang tersusun atas spongin. Hippospongia ini diketahui sebagai kelas yang terbesar yakni mencakup 90% dari seluruh jenis porifera yang ditemukan. Pada kelompok porifera ini juga diketahui sebagai hewan yang satu – satunya jenis dari kelompok porifera hidup di air tawar. 


6. Pheronema sp

Pada hewan ini memiliki memiliki spikula yang diketahui memiliki banyak kandungan benang silikat atau zat kersik (SiO2). Pada bagian spikula tersebut berbentuk triaxon yang tersusun atas enam cabang. Bentuk pada hewan ini  kelas ini menyerupai gelas,berbentuk silinder menyerupai corong.

7. Euplectella

Pada hewan ini memiliki kerangka yang tersusun dari serabut sponging. Pigmen pada hewan ini berfungsi untuk melindungi tubuh spons dari sinar matahari yang masuk ke perairan. Bentuk tubuh pada spons tidak beraturan. Tipe kerangka yakni terdiri dari spikula zat kersik atau dari spongin. Pada tipe saluran air di hewan ini adalah sycon atau leucon.

Selain itu juga di bawah ini merupakan Contoh Hewan Porifera :

  1. Regadrellasp
  2. Scypha gelatinosa
  3. Grantia
  4. Leucosolenia

Berikut adalah penjelesan terlengkap tentang Contoh Hewan Porifera yang wajib anda ketahui, karena dengan adanya penjelasan seperti ini sehingga anda bisa mengetahui dan membedakan setiap ciri hewan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan